Desain Pojok Baca di Rumah Ternyaman, Me Time Makin Betah

Desain pojok baca di rumah
Salah satu contoh desain pojok baca di rumah. Foto: Ist/Net

Desain pojok baca di rumah yang nyaman perlu disediakan bagi anda yang senang membaca. Aktivitas baca buku dapat anda lakukan dimana dan kapan saja, termasuk saat di rumah.

Anda dapat memanfaatkan bagian kosong, misalnya saja pada sudut ruang. Desainlah sesuai kebutuhan sehingga akan menghemat anggaran.

Inspirasi Desain Pojok Baca di Rumah

Membaca dengan tenang merupakan keistimewaan tersendiri. Posisi yang nyaman dan penerangan yang cukup merupakan faktor pendukungnya.

Membaca dapat menyegarkan pikiran sekaligus membuka wawasan serta menambah pengetahuan. Aktivitas menarik untuk mengisi waktu luang ini dapat memberikan rasa tenang.

Untuk itu, perlu ruangan yang tersedia di rumah sebagai tempat untuk membaca. Anda dapat memanfaatkan pojok-pojok ruang yang kosong. Jadi, tidak perlu menyediakan tempat khusus atau ruangan yang luas.

Penataan pojok baca bisa dibuat secara sederhana agar terasa nyaman.  Desain pojok baca di rumah dapat anda sesuaikan dengan selera.

Berikut akan kami berikan tips membuat pojok baca yang nyaman sehingga anda makin betah dan terus-terusan ingin membaca. Ruang pojok baca akan menjadi area favorit untuk me time di rumah.

Pencahayaan Cukup

Pilihlah pojok rumah yang tepat dan nyaman. Pertimbangkan luas ruangan dan furniture lain seperti rak buku.

Tambahkan kursi yang empuk agar betah saat membaca. Desain pojok baca di rumah dapat anda tempatkan di dekat jendela sehingga akan mendapat pencahayaan yang alami.

Cahaya matahari secara langsung akan membuat pojok baca lebih terang dan tampak luas. Apabila terlalu panas saat siang hari, maka dapat memberikan tirai putih pada jendela.

Penempatan di dekat jendela selain mendapat cahaya juga dapat melihat pemandangan di luar. Kegiatan membaca pun akan lebih mengasyikkan.

Jika penerangan kurang, maka tambahkan standing lamp, lampu meja atau lampu yang menempel di dinding.

Posisi membaca yang agak gelap dan kurang pencahayaan dapat merusak mata. Mata akan mudah lelah, membaca pun tidak bisa dilakukan untuk waktu yang lama.

Furniture Pendukung

Untuk menempatkan berbagai koleksi buku anda dalam desain pojok baca di rumah, maka sediakan rak minimalis agar mudah dalam penataan dan rapi.

Anda bisa menempatkan meja custom made dengan panjang sesuai dengan lebar jendela. Kemudian pasangkan dengan kursi atau sofa yang nyaman.

Usahakan untuk memilih dudukan yang empuk, namun postur tubuh tetap terjaga. Jika perlu, pakailah kursi dengan ektension supaya saat membaca kaki dapat diselonjorkan.

Bantal dapat anda gunakan sebagai pemanis sekaligus penyangga badan untuk ruang duduk. Berbagai macam ukuran serta bentuk bantal dapat anda pilih sesuai dengan selera.

Bantal dengan motif atau colorfull akan semakin menghangatkan suasana. Bantal juga dapat dimanfaatkan sebagai sandaran, tempat dudukan atau anda taruh di sebelah kanan atau kiri badan supaya lebih nyaman saat duduk.

Membaca saat musim dingin atau hujan akan lebih hangat apabila memakai selimut. Sediakan selimut di reading corner atau bisa juga memasangnya sebagai dekorasi sofa.

Agar lebih sedap dipandang mata, untuk desain pojok baca di rumah, pilihlah warna selimut yang netral atau sesuai dengan furniture di ruang pojok baca.

Pakai Karpet Tebal

Saat anda duduk di kursi, kadang kaki terasa dingin bila diinjakkan di atas lantai. Untuk itu, pakailah karpet yang tebal agar kaki selalu hangat.

Jika anda merasa bosan di kursi, maka kegiatan membaca dapat dilakukan dengan duduk lesehan di karpet. Tambahkan bantal-bantal sebagai sandaran.

Pilihlah warna karpet yang lembut agar suasana menenangkan. Misalnya saja, biru, merah tua, cokelat dan warna pastel.

Dekorasi Ruangan Menarik

Desain pojok baca di rumah harus didekorasi sedemikian rupa supaya semakin betah saat berada di tempat itu. Anda dapat menambahkan hiasan dinding atau dekorasi artsy lainnya sesuai dengan selera.

Pemilihan warna cat yang berbeda dengan cat di ruangan lain sesuai dengan warna favorit anda. Pajang foto-foto, peta, lukisan, art prints atau dekorasi lainnya pada dinding.

Pada rak atau buku dapat anda hiasi dengan lampu tumbler, miniatur atau hiasan lainnya. Buatlah pojok baca seindah dan senyaman mungkin.

Desain pojok baca di rumah juga dapat ditempatkan di loteng, outdoor seperti balkon dan teras. Angin yang semilir dan tanaman hijau akan membuat suasana semakin rileks. (R10/HR-Online)

Loading...