Desain Rooftop Garden Minimalis, Sejuk dan Menyegarkan

Desain Rooftop Garden Minimalis
Desain rooftop garden minimalis. Foto: Ist/Net

Desain rooftop garden yang sejuk dan menyegarkan tentu saja menjadi idaman hampir semua orang. Adanya taman akan membuat nyaman saat berada di rumah.

Akan tetapi, banyak orang yang kesulitan membuat taman di rumahnya. Salah satu penyebabnya kebanyakan karena tidak memiliki area lahan kosong yang luas.

Untuk itu, anda dapat memanfaatkan rooftop atau atap rumah sebagai taman yang asri. Tidak perlu rooftop yang luas untuk bisa membuat taman di sana.

Baca Juga: Desain Dapur Luar Rumah Sederhana di Halaman Belakang

Rooftop minimalis apabila ditata dan didesain dengan apik akan menjadi tempat berkumpul keluarga yang menarik.

Desain Rooftop Garden 

Mempunyai taman di rumah tentu akan lebih menyenangkan. Namun, lahan yang terbatas menjadikan permasalahan tersendiri bagi pemilik rumah.

Atap rumah dapat anda jadikan solusi untuk  dimanfaatkan sebagai area taman. Hijaunya taman yang berada di atap rumah tentu akan menjadi keunikan tersendiri.

Saat menikmati hijaunya taman, anda juga akan disuguhi pemandangan langit dan bangunan-bangunan di sekeliling rumah.

Angan-angan untuk memiliki taman dapat anda wujudkan meskipun tidak mempunyai lahan yang luas. Desain rooftop garden merupakan alternatif terbaik.

Berikut akan kami berikan informasi mengenai ide kreatif berkebun di atap rumah. Tanaman hias yang indah dapat anda tambahkan untuk memperindah taman.

Tambahkan Meja dan Kursi untuk Bersantai

Taman yang berada di atap rumah dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan. Rooftop akan lebih fungsional apabila ditambahkan meja dan kursi untuk kebutuhan saat bersantai.

Bila ada teman atau kerabat yang berkunjung, maka taman hijau ini dapat anda jadikan sebagai tempat untuk menerima tamu.

Jadi, desain rooftop garden ini tidak hanya berisi pohon dan tanaman saja, akan tetapi juga dilengkapi dengan berbagai furniture untuk menikmati waktu santai.

Kursi ayunan juga dapat ditambahkan untuk desain taman atap. Anak-anak akan sangat menyukainya.

Kolam Renang dan Taman Hias

Menikmati kenyamanan kolam renang pagi atau sore hari di atap rumah tentu akan lebih mengasyikkan. Tanaman hias yang indah akan menambah suasana jadi tenang dan sejuk.

Selain tanaman hias, desain rooftop garden bisa pula ditambah tanaman buah dan sayur. Misalnya saja, pohon pepaya atau tanaman lain dalam pot-pot kecil.

Kegiatan berkebun di rumah akan jadi mengasyikkan. Anda dapat memilih berbagai jenis tanaman yang diinginkan.

Namun, dalam pembuatan kolam renang di rooftop perlu diperhatikan mengenai kekuatan, spesifik dan stabilitas atap yang dibutuhkan.

Selain itu, juga harus tersedia sistem drainase. Hal itu sangat dibutuhkan saat akan mengisi dan menguras kolam renang.

Pencahayaan Ornamental

Desain taman yang dramatis harus didukung dengan pencahayaan yang sesuai. Tanaman pada atap yang bercabang-cabang dapat dirapikan dengan cara dipangkas.

Tanaman dalam pot pun harus tertata sedemikian rupa agar dapat terekspos oleh spotlight reflektif. Dengan demikian, pemandangan yang memukau akan terpancar dari taman rooftop anda.

Cahaya juga dapat dibuat secara tersembunyi dengan pemilihan warna kuning yang indah sekaligus romantis.

Pencahayaan merupakan faktor pendukung untuk desain rooftop garden penuh kehangatan dan menghadirkan taman yang indah.

Area Memasak di Rooftop

Meskipun atap rumah tidak terlalu luas, namun dengan penataan yang sempurna anda dapat menambahkan area memasak.

Kadang memasak di dapur yang dikelilingi oleh dinding akan membuat bosan dan jenuh. Memasak di area terbuka seperti taman di atap rumah tentu akan sangat menyenangkan.

Saat makan malam tiba dan seluruh anggota keluarga berkumpul, anda dapat menikmatinya di taman rooftop. Deretan kursi makan dan tanaman yang indah serta tertata rapi akan membuat makan malam semakin berkesan.

Liburan keluarga dapat dilakukan di taman ini. Jadi tidak harus pergi ke luar rumah untuk berjalan-jalan atau berpiknik.

Penambahan TV di taman serasa menikmati bioskop dengan area duduk yang dibuat dari kursi semen. Air mancur ataupun kolam ikan mini dapat ditambahkan untuk lebih menghibur.

Desain rooftop garden sangat cocok untuk keterbatasan di rumah anda. Area ini akan menjadi tempat yang menyenangkan sekaligus menghibur.

Taman dapat anda buat secara sederhana dan inovatif. Sehingga seluruh anggota keluarga dapat melakukan berbagai kegiatan di taman yang fungsional ini. (R10/HR-Online)

Loading...