Desain Ruang Makan Terbuka, Modern dan Nyaman

Desain Ruang Makan Terbuka
Ilustrasi Desain Ruang Makan Terbuka. Foto: Istimewa

Desain ruang makan terbuka kini semakin banyak diminati. Ruang makan merupakan salah satu bagian rumah yang dijadikan jantung hunian.

Kebanyakan ruang makan kini ditempatkan di tengah-tengah rumah. Untuk itu, desain ruang makan yang modern dan nyaman kini lebih diperhatikan.

Ruang makan yang terbuka kini mulai menjadi ciri khas desain modern. Karakter utama dari ruangan akan lebih menghemat ruangan.

Desain Ruang Makan Terbuka, Modern dan Nyaman

Desain ruang makan terbuka kebanyakan dijadikan satu dengan dapur bersih. Hal ini dinilai lebih efisien dan praktis.

Saat beraktivitas di dapur, kemudian langsung dapat menyantapnya di ruang makan jika desain jadi satu. Sehingga masih dapat bercengkerama dengan anggota keluarga yang lainnya.

Berita Terkait: Desain Rumah Ramah Lingkungan dan Hemat Energi

Pada ruang makan juga dapat digunakan untuk menjamu tamu atau kerabat yang datang berkunjung. Ruang makan yang mempunyai desain terbuka akan lebih menciptakan suasana yang akrab.

Kesan terbuka juga akan semakin terasa dengan tata letak furniture yang sedemikian rupa. Perpaduan warna cat, bentuk meja makan, deretan kursi, pencahayaan yang sesuai dan material yang pas akan menambah suasana lebih hangat.

Desain ruang makan terbuka yang semakin populer akan mengintegrasikan dengan berbagai ruangan. Itulah yang menjadi alasan mengapa konsep ini menjadi favorit.

Konsep lantai terbuka yang makin populer dinilai akan dapat meningkatkan nilai jual sebuah properti. Keberadaan ruang makan ini akan menjadi salah satu nilai lebih saat rumah akan dijual.

Ide desain terbuka pada ruang makan akan membuat beberapa ruangan menyatu secara sempurna. Misalnya saja, area dapur dengan ruang makan, bahkan dapat pula menyatu dengan ruang keluarga.

Hal Penting Desain Ruang Makan Terbuka

Saat akan merancang sebuah ruang makan, sebaiknya memperhatikan beberapa hal penting. Diantaranya adalah mengenai furniture.

Pilihlah furniture sesuai dengan selera, namun harus serasi dengan kondisi sekitar. Karena ruang makan merupakan salah satu bagian paling penting dalam setiap rumah.

Ruang makan merupakan investasi yang sangat menguntungkan. Rancangan  desain ruang makan terbuka harus dibuat unik dan menarik. Secara visual pun akan lebih modern, nyaman dan tidak membosankan.

Berita Terkait: Desain Kontemporer Properti Rumah untuk Meningkatkan Nilai Jual

Ruangan ini juga akan menjadi pusat perhatian saat ada saudara atau kerabat yang berkunjung. Jadi, ruang makan juga dapat meningkatkan nilai tambah sebuah hunian.

Fungsi dari ruang makan adalah tidak hanya sekedar untuk tempat menikmati makanan. Akan tetapi, ruangan ini juga dimanfaatkan sebagai area untuk berkumpul keluarga.

Ruang makan biasanya akan sering dipakai saat makan malam san sarapan. Semua anggota keluarga akan berkumpul.

Ruangan juga difungsikan sebagai ruang pertemuan atau sekedar mengobrol. Namun, kadang ruang makan juga digunakan untuk acara keluarga yang lain, seperti makan bersama dan arisan.

Konsep Desain Ruang Makan

Desain ruang makan terbuka akan lebih dipilih bagi orang yang mengedepankan kenyamanan daripada formalitas. Suasana akrab dan hangat akan lebih mudah diciptakan dari desain ruang makan yang menyatu dengan ruang lain tanpa sekat.

Karena jika ruang makan dibuat secara formal, maka aktivitas makan kemungkinan akan lebih kaku.

Kini, kebanyakan orang lebih menyukai suasana santai, nyaman dan informal saat menikmati jamuan. Ruang makan yang dirancang secara terbuka, jauh akan terkesan sederhana.

Hal ini merupakan pilihan yang tepat jika menginginkan kehangatan saat makan. Bahkan acara berkumpul keluarga juga dapat dilakukan di ruangan ini.

Berita Terkait: Manfaat Tanaman dalam Ruangan Ternyata Bisa Tingkatkan Kualitas Hidup

Jika menginginkan ruang makan yang menyatu dengan dapur, tapi masih dengan konsep dan desain ruang makan terbuka, sebaiknya pilih ukuran kitchen set yang sesuai atau lebih kecil. Model L atau single dapat anda jadikan alternatif terbaik.

Desain minimalis tidak akan memakan tempat yang luas sehingga sisa tempat yang kosong dapat dipakai untuk menaruh set meja makan.

Kemudian untuk pemilihan meja makan sendiri, sebaiknya disesuaikan antara ukuran dan bentuknya. Jika dapur tidak memiliki ukuran yang begitu besar, pilihan untuk meja makan bisa yang berukuran ramping dan tinggi.

Pilihan bahan juga dapat disesuaikan, misalnya saja dari bahan stainless steel atau besi. Penempatan meja makan sebaiknya juga agak jauh dari kitchen set. Sehingga saat masak akan lebih leluasa karena tidak terhalang apapun dan lebih nyaman.

Kenyamanan dan kehangatan menjadikan banyak orang memilih desain ruang makan terbuka. Dapat disatukan dengan dapur bersih, dengan penempatan sedemikian rupa agar tetap indah dipandang mata dan aktivitas di dapur lebih optimal. (R10/HR-Online)

Loading...