Senin, Mei 16, 2022
BerandaBerita TerbaruDesain Rumah Anti Banjir yang Bisa Anda Terapkan

Desain Rumah Anti Banjir yang Bisa Anda Terapkan

Desain rumah anti banjir kini terus dikembangkan. Lingkungan yang padat dan cuaca yang semakin ekstrem membuat orang-orang berupaya untuk berinovasi membangun rumah dengan desain sedemikian rupa. Tujuannya adalah agar terhindar dari banjir. Terutama di negara padat penduduk seperti Indonesia.

Inspirasi Desain Rumah Anti Banjir

Tidak hanya dipandang dari segi tampilan saja. Desain sebuah rumah harus memperhatikan fungsinya. Meskipun di Indonesia merupakan daerah tropis, akan tetapi banjir tetap melanda tiap tahunnya. Masyarakat pun sudah hampir terbiasa dengan datangnya banjir tiap musim penghujan tiba.

Akibat banjir tiap tahun, rumah akan cepat lapuk dan aus. Karena selama puluhan hari terendam air. Hal tersebut tentu saja akan membuat pengeluaran anda semakin membengkak untuk biaya renovasi dan perbaikan.

Berita Terkait: Beberapa Properti Perumahan Terendam Banjir Wilayah Jabodetabek

Untuk itu, sebelum membangun rumah, sebaiknya anda memperhatikan desain rumah anti banjir beserta konstruksinya. Kami akan menyampaikan beberapa inspirasi rumah anti banjir, simak baik-baik!

1. Rumah Gaya Eropa

Desain rumah anti banjir gaya Eropa tampak sederhana. Namun, bila anda mencermati sisi fungsionalnya, maka rumah tipe ini dapat menangkal banjir.

Material bangunan terbuat dari bahan yang kuat seperti bata dan beton. Hampir secara keseluruhan dari bagian rumah terbuat dari beton.

Berita Terkait: Tipe rumah untuk Generasi Milenial Ini Perlu Anda Tahu

Misalnya saja mulai dari tangga luar, teras dan juga pondasinya. Struktur bangunan dapat mencegah dan menahan air masuk ke dalam rumah.

Tambahan teras di depan rumah akan menyamarkan struktur beton yang ada. Sehingga rumah akan tampak lebih cantik dan indah.

2. Desain Rumah Panggung

Desain rumah panggung terinspirasi dari rumah tradisional. Bangunan dibuat lebih tinggi sehingga ampuh untuk menangkal banjir.

Pondasi terbuat dari kayu ataupun beton. Akan tetapi, untuk lebih aman dan awet, sebaiknya menggunakan pondasi dari beton. Hal ini dikarenakan material dari beton akan lebih kuat dalam melawan derasnya arus banjir.

Rumah panggung yang memadukan nuansa tradisional dapat digabungkan dengan sentuhan modern. Sehingga akan terlihat minimalis dan etnik.

3. Rumah Berlapis Logam

Desain rumah anti banjir selanjutnya adalah rumah berlapis logam. Rumah dibangun di atas struktur beton yang kuat sehingga dapat bertahan meskipun terjadi pergerakan tanah.

Material yang digunakan untuk membangun jenis rumah berlapis logam adalah beton. Kemudian diisi dan dilapisi logan solid.

Berita Terkait: Interior Rumah di Tahun 2020, Inspirasi Hunian Kekinian

Bila terjadi banjir, maka air tidak akan merembes masuk rumah karena terhalang lapisan logam yang ada di dalam dan luar beton.

Rumah berlapis logam hanya dilengkapi beberapa jendela kaca saja. Hal ini dikarenakan bahan kaca mudah pecah saat terkena arus banjir yang kuat.

4. Desain Bertonggak Beton

Rumah pilar beton merupakan salah satu desain rumah anti banjir. Rumah model ini penggabungan antara model tradisional dan minimalis. Desain rumah ini menggunakan kayu yang ditopang dengan tonggak beton pada bagian dasar.

Fungsinya adalah untuk menahan air banjir yang datang. Rumah tipe ini sangat cocok bila didirikan di area yang sering digenangi banjir hingga 30 sampai 60 cm.

5. Desain Rumah dengan Teras Tinggi

Banyaknya dataran rendah yang dijadikan hunian dapat menyebabkan banjir masuk rumah. Jika hujan terjadi terus menerus dan dalam jangka waktu yang lama, air akan mengalir ke tempat yang dangkal.

Berita Terkait: Gaya Rumah Skandinavia yang Kekinian, Kenali 8 Karakteristiknya

Saluran pembuangan tidak dapat menampung dan selokan kemungkinan akan meluap. Desain rumah dengan teras yang tinggi dapat dibuat dengan tambahan lapisan beton untuk menahan air.

Tips Desain Rumah Anti Banjir

Meskipun kini telah ada desain rumah anti banjir, namun sebisa mungkin sebaiknya mencegah dampak negatif yang menyebabkan banjir.

Bagi anda yang mempunyai hunian di lingkungan yang rawan terkena banjir, ada beberapa tips mengenai desain rumah yang dapat menangkal banjir.

Pertama anda harus memilih desain rumah yang tahan banjir. Misalnya saja, rumah panggung, rumah gaya Eropa ataupun dengan pilar beton.

Berita Terkait: 5 Ide Rumah Pohon Artistik dan Tips Pembuatannya

Saat membangun rumah perhatikan pondasi rumah. Ketinggian ideal sebaiknya antara 40 hingga 50 cm. Hal tersebut agar air tidak masuk rumah saat terjadi banjir. Kemudian jangan membangun rumah lebih rendah dari badan jalan.

Upayakan untuk membangun rumah setara dengan badan jalan atau bahkan lebih tinggi. Namun, bila pembangunan sudah terlanjur lebih rendah, maka dapat dilakukan pengurukan.

Hal yang tak kalah penting adalah membuat sirkulasi air hujan tidak terhalang. Dengan demikian, air dapat mengalir dan terbebas dari banjir.

Memilih desain rumah anti banjir yang tepat akan dapat menghindari air masuk ke dalam rumah. Perlu juga memperhatikan beberapa tips yang kami ulas di atas. (R10/HR-Online)

- Advertisment -