Desain Rumah Anti Maling, Paling Aman dan Sederhana

Desain Rumah Anti Maling
Desain rumah anti maling sederhana dan aman. Foto: Ist/Net

Desain rumah anti maling semakin kreatif dengan tujuan untuk meningkatkan sistem keamanan di rumah. Saat rumah dalam keadaan kosong maupun ada penghuni di dalamnya, rumah harus selalu terjaga keamanannya.

Saat ini modus pencurian atau perampokan semakin canggih. Untuk itu, kita harus pandai dalam menyiasati sistem keamanan rumah.

Tindakan pencegahan harus diupayakan, meskipun saat ini sudah banyak teknologi canggih untuk menjaga rumah.

Desain Rumah Anti Maling, Paling Aman dan Sederhana

Banyak orang yang telah mencoba berbagai cara, namun tetap saja kecolongan. Mungkin saja hal tersebut dikarenakan belum mengenal seluk beluk pencuri saat membobol rumah.

Para kriminal mempunyai trik masing-masing dalam menyambangi rumah korban. Ada pencuri yang tidak bisa menembus pagar rumah yang tinggi, namun pencuri lain banyak yang mempunyai akal licik untuk menaklukkan pagar tersebut.

Untuk itu, anda perlu melakukan upaya meningkatkan sistem keamanan rumah. Misalnya saja dengan membuat desain rumah anti maling.

1. Gunakan Sistem Kunci Ganda

Jika rumah hanya terkunci dengan satu perangkat saja, akan tetap beresiko dimasuki maling. Maka dari itu, kunci ganda dapat lebih meningkatkan keamanan.

Begitu pula dengan pintu dan jendela yang merupakan jalan masuk pencuri. Jika lupa mengunci, maka dapat menerapkan beberapa sistem kunci ganda.

Jangan pernah menyimpan kunci di furniture teras atau bawah keset jika hendak meninggalkan rumah. Karena tempat-tempat tersebut biasanya sudah dapat ditebak oleh para pencuri.

2. Lindungi Pintu dan Jendela

Banyak pencuri yang masuk rumah korban melalui jendela dan pintu. Untuk itu, salah satu desain rumah anti maling adalah dengan meningkatkan keamanan pada pintu dan jendela. Sebelum bepergian, kuncilah agar tetap aman.

Pilihlah bahan pintu yang kuat. Misalnya saja, dari papan yang kokoh, inti kayu yang padat, kaca berserat atau bahkan besi.

Pasang kunci terbaik pada pintu seperti deadbolt. Jika perlu, ditambah dengan kunci gerendel. Kemudian lindungi kuncinya dengan pengaman atau cincin pelindung pada dua sisi pintu. Lubang pengintip juga dapat dipasang agar bisa melihat keluar.

Sementara untuk keamanan pada jendela, pilihlah kunci yang tepat. Pada bagian kaca jendela gunakan material yang kokoh sehingga sulit untuk dicongkel para pencuri.

Memasang teralis besi juga merupakan cara yang ampuh untuk desain rumah anti maling. Maling tidak akan bisa memasuki rumah meskipun telah mencongkel bagian kaca jendela.

3. Optimalkan Sistem Penerangan

Baik dalam maupun luar rumah jangan sampai terlihat gelap saat malam hari. Aksi pencurian akan lebih mudah jika kondisi gelap.

Anda sebaiknya memasang lampu di sudut gelap yang memungkinkan untuk menjadi jalur akses pencurian. Jadi, sistem pencahayaan tidak asal-asalan untuk desain rumah anti maling.

Kini telah ada teknologi yang canggih yakni lampu pintar yang akan menyala jika mendeteksi keberadaan orang. Dengan demikian, pencuri yang hendak masuk akan terkecoh dengan teknologi sensor lampu tersebut.

4. Menggunakan Perangkat Pelindung Rumah

Untuk lebih memperketat keamanan di rumah, gunakanlah alat bantu pelindung rumah. Ini merupakan bagian dari desain rumah anti maling. Saat ini telah banyak teknologi yang dapat membantu sistem keamanan rumah.

Kunci otomatis atau alarm dapat dipasang di bagian rumah yang berpotensi sebagai jalur akses. Kamera CCTV juga dapat anda pasang di tempat yang strategis sehingga dapat menyorot ruangan secara luas.

Teknologi canggih saat ini sudah semakin berkembang. Jika anda meninggalkan rumah, keadaan rumah masih dapat dipantau dari jarak jauh.

Melindungi Rumah dari Maling

Selain menggunakan sistem keamanan rumah anti maling yang diperketat, untuk melindungi rumah, anda dapat menyiasatinya dengan beberapa tips. Misalnya saja, menjalin hubungan yang baik dengan tetangga. Peran tetangga dalam membantu menjaga rumah anda sangat krusial.

Jika anda mempunyai hubungan yang baik dengan para tetangga, otomatis akan lebih dikenal. Dengan demikian, jika ada wajah asing yang menyambangi rumah anda akan lebih mudah dikenali dan menimbulkan rasa curiga.

Kemudian jangan menaruh benda-benda berharga di dekat jendela atau pintu. Begitu pula dengan aksesoris mewah lainnya. Anda dapat memakai tirai dengan bahan yang tebal, agar isi rumah tidak terlihat jelas dari luar.

Agar lebih aman juga tidak disarankan untuk memelihara tanaman yang besar di depan rumah. Hal ini dikarenakan dapat dijadikan tempat persembunyian bagi para pencuri.

Jika ingin menanam tanaman, bisa menanam tanaman berduri seperti kaktus dan ditempatkan dekat jendela. Desain rumah anti maling sangat diperlukan, mengingat sekarang ini banyak tindak pencurian. (R10/HR-Online)

Loading...