Minggu, Juli 3, 2022
BerandaBerita BanjarDi Kampung Napua Papua, Satgas Raider 323/BP Kota Banjar Bakar Batu

Di Kampung Napua Papua, Satgas Raider 323/BP Kota Banjar Bakar Batu

Berita Banjar (harapanrakyat.com).- Sebanyak 11 orang pimpinan Danpos Napua Papua, bersama Satgas Pamtas Mobile Yonif Raider 323/BP/13/1 Kostrad Kota Banjar, Jawa Barat, melaksanakan kegiatan bakar batu bersama masyarakat kampung Napua di Distrik Napua, Papua, Senin, (6/12/20).

Kegiatan tersebut dihadiri Danpos Napua Lettu Inf Sumarna, Wadanpos Napua, para anggota pos Napua, tokoh adat dan tokoh agama kampung Napua.

Danpos Napua, Letnan satu Infanteri Sumarna mengatakan, kegiatan dilaksanakan untuk meningkatkan jalinan silaturahmi dan mempererat persaudaraan di tanah Papua khususnya di distrik Napua.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada kepala kampung Napua, pendeta dan masyarakat kampung Napua sudah menyambut anggota pos Napua dengan sangat baik,” ujarnya.

Pihaknya mengaku akan bertugas selama 9 bulan ke depan. Pihaknya pun meminta dukungan dari masyarakat Napua, untuk mendukung kegiatan-kegiatan dan saling bertukar informasi.

“Termasuk kegiatan bakar batu ini sebagai bentuk silaturahmi untuk mempererat persaudaraan dengan penduduk Napua,” katanya.

Sumarna menyebut, berbagai kegiatan akan terus dilakukan, agar timbul kekompakan antara anggota pos Napua dan masyarakat, sehingga tercipta suasana saling bantu-membantu untuk mewujudkan kampung Napua yang lebih baik aman dan tenteram.

“Nanti kita juga punya program untuk pengobatan keliling apabila ada yang sakit jangan sungkan-sungkan silahkan datang ke pos untuk berobat,” ucap Sumarna.

Sementara itu, kepala kampung Napua Elkius Tabuni menyampaikan, kegiatan seperti ini baru pertama kali di  laksanakan oleh anggota pos.

Semoga sampai akhir penugasan nanti anggota pos Napua semuanya di berikan kesehatan dan saling membantu dengan masyarakat.

“Saya mewakili seluruh masyarakat mengucapkan banyak terimakasih atas acara yang telah dilaksanakan oleh satgas 323 Kostrad semoga jalinan ini terus berlanjut untuk membangun kampung Napua yang lebih baik lagi,”katanya.

Tugas Penanganan Konflik Sosial di Papua

Diberitakan sebelumnya, Batalyon Infanteri Raider 323 Kostrad Buaya Putih (BP) memberangkatkan sebanyak 450 prajurit, untuk menjalankan tugas penanganan konflik sosial di Papua, Minggu (10/11/2019) lalu.

Danyon Raider 323 Kostrad, Mayor Inf Afriandy Bayu Laksono mengatakan, Raider 323 Kostrad Buaya Putih akan melaksanakan tugas penanggulangan konflik sosial yang ada di Papua.

“Dari Batalion Raider 323 ada 450 prajurit yang diberangkatkan. Dan patlon kami menjadi patlon kehormatan untuk mempertebal pasukan yang ada di Papua saat ini,” kata Mayor Inf Bayu Laksono kepada sejumlah awak media.

Mayor Inf Bayu Laksono menuturkan, mereka bertugas selama kurang lebih dua sampai tiga bulan kedepan, sampai ada perintah selanjutnya.

Lanjut Mayor Inf Bayu Laksono, tugas ini konteksnya untuk penanggulangan konflik sosial, mengantisipasi apabila terjadi kerusuhan, demontrasi dan menangani kejadian yang sifatnya vertikal.

“Secepatnya kami doakan dan berusaha semoga papua aman, tidak terjadi apa-apa dan tidak ada konflik,” katanya.(Muhlisin/R8/HR Online)

- Advertisment -