Diterjang Banjir, TPT Jalan Provinsi di Kawali Ciamis Ambruk

TPT Jalan Provinsi
Material longsor TPT Jalan provinsi di Blok Kebunjati, Dusun Kiaralawang, Desa Karangpawitan, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis. Polisi berjaga-jaga. Foto: Edji/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Tembok Penahan Tebing (TPT) ambruk akibat terjangan banjir pada Rabu (8/1/2020). TPT yang ambruk tersebut berada di jalan provinsi Blok Kebonjati, Dusun Kiaralawang, Desa Karangpawitan, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Dadi, Kasi Pemerintahan Desa Karangpawitan, mengatakan, intensitas hujan yang terjadi pada Rabu sore sangat tinggi dan berlangsung lama.

“Derasnya air yang membanjiri badan jalan akhirnya terjadi longsor dan TPT ambruk,” ujarnya saat dihubungi HR Online.

Kata dia, tidak ada korban jiwa ambruknya TPT mengakibatkan tanah sawah milik warga yang berada di sekitarnya tertimbun material tanah.

“Ambruknya TPT terjadi sekitar pukul 15.00 WIB, ketinggian TPT mencapai 4 meter dan panjang sekitar 15 meter yang posisinya berada di tikungan tajam,” ungkapnya.

Untuk mengantisipasi agar tidak terjadi kecelakaan, di lokasi dipasang police line. Dadi mengatakan, jalan tersebut selalu ramai dilewati kendaraan roda dua maupun roda empat.

“Siang malam ramai terus jalan itu, karena itu perbaikannya harus bisa secepat mungkin, apalagi kontruksi tanah di lokasi tersebut sangat labil,” katanya.

Sementara Holis, kepala UPTD Dishub Kawali mengimbau para pengendara berhati-hati saat melewati lokasi ambruknya TPT jalan provinsi tersebut.

“Kami sudah pasang police line, dengan dipasangnya beril dan police line ini setidaknya para pengendara akan lebih berhati-hati,” katanya. (Edji/R7/HR-Online)

Loading...