Selasa, Juli 5, 2022
BerandaBerita BanjarDitinggal Membeli Obat, Sebuah Rumah di Kota Banjar Hangus Terbakar

Ditinggal Membeli Obat, Sebuah Rumah di Kota Banjar Hangus Terbakar

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Sebuah rumah hangus terbakar saat ditinggal pemiliknya membeli obat, Selasa (14/01/2020), sekitar pukul 21.00 WIB.

Diketahui rumah tersebut milik Apip Habibi, warga Lingkungan Cikadu, RT. 19, RW. 08, Kelurahan Karangpanimbal, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat.

Berdasasarkan keterangan yang diperoleh HR Online dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjar, melalui Kepala UPT Damkar, Aam Amijaya, bahwa sebelum terjadi kebakaran, pemilik rumah sedang memasak lontong di atas kompor.

“Kemudian ditinggal pergi oleh pemiliknya ke luar untuk keperluan membeli obat. Setelah itu ada warga yang mengetahui tiba-tiba ada asap mengepul dari dalam rumah, dan melapor ke BPBD. Saat itu juga tim BPBD meluncur ke lokasi kebakaran. Diduga api berasal dari kompor yang sedang digunakan untuk memasak,” terang Aam, kepada HR Online, via telepon selulernya.

Setelah hampir setengah jam api melumat rumah milik Apip, akhirnya petugas Damkar BPBD Kota Banjar dibantu warga setempat, relawan Siskomas, dan aparat kepolisian, berhasil memadamkan kobaran api.

Akibat kebakaran tersebut, bagian atap dapur rumah dan sebagian alat perkakas rumah tangga hangus terbakar. “Meski begitu, alhamdulillah api bisa dipadamkan. Tidak ada korban jiwa namun diperkirakan kerugian yang dialami pemilik rumah mencapai sekitar Rp 20 jutaan,” jelasnya.

Pihak BPBD Kota Banjar pun mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dan selalu waspada akan bahaya penyebab terjadinya kebakaran dan bencana lainnya, terlebih memasuki musim penghujan.

“Kebakaran bisa terjadi kapan saja. Untuk itu, semuanya harus hati-hati, pastikan sebelum meninggalkan rumah untuk suatu keperluan, kondisi rumah benar-benar dalam keadaan aman,” tandas Aam. (Muhlisin/R3/HR-Online)