Dua Rumah Warga Patakaharja Ciamis Terancam Longsor

Dua Rumah Warga Patakaharja Ciamis Terancam Longsor
Dua rumah warga milik Eman dan Eni, di Dusun Langensari RT 10 RW 04, Desa Patakaharja, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, terancam longsor. Foto:Istimewa

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Dua rumah warga milik Eman dan Eni, di Dusun Langensari RT 10 RW 04, Desa Patakaharja, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, terancam longsor.

Rumah kedua warga tersebut rentan tertimbun longsor, lantaran tembok penahan tebing (TPT) yang berada di atas rumah mereka ambrol pada Rabu (15/1/2020) dini hari. Beruntung, longsoran tanah dari TPT yang ambrol tidak sampai menimpa rumah mereka.

Ketua Forum Koordinasi Taruna Siaga Bencana (FK Tagana) Kabupaten Ciamis, Ade Waluya, membenarkan adanya musibah TPT ambrol dan hampir menimpa dua rumah warga yang berada di bawahnya.

“TPT tersebut ambrol akibat tidak kuat menahan beban, lantaran intensitas hujan yang tinggi yang melanda wilayah tersebut,” ujarnya, kepada HR Online.

Saat ini kata dia, material longsoran TPT yang ambrol tersebut sudah dievakuasi warga setempat. Sementara dua keluarga pemilik rumah yang terancam longsor, kini masih menempati rumahnya.

“Meski demikian, kita tetap ingatkan agar warga yang rumahnya terancam longsor agar tetap berhati-hati, karena ditakutkan longsor kembali terjadi dan menimpa rumah mereka,” jelasnya.

Lebih lanjut Ade Waluya menambahkan, agar bencana longsor tidak mengancam dua rumah warga Patakaharja tersebut, TPT yang ambrol harus diperbaiki. “Bisa menggunakan bronjong kawat, ataupun karung pusri yang diisi tanah, agar longsor di lokasi yang sama tidak terjadi lagi,” tandasnya. (Jujang/R8/HR Online)

Loading...