Sabtu, Mei 21, 2022
BerandaBerita CiamisBerita BanjarsariDurian 'Jatuhan' di Banjarsari Ciamis Diburu Warga

Durian ‘Jatuhan’ di Banjarsari Ciamis Diburu Warga

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Durian ‘jatuhan’ diburu warga di Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Durian jatuhan merupakan sebutan untuk durian yang matang di pohon, lalu langsung dijual. Biasanya durian yang sudah matang itu kemudian jatuh ke tanah, karena itulah disebut durian jatuhan.

Dede, salah seorang pedagang durian jatuhan di Banjarsari, mengatakan, durian yang ia jual berasal dari daerah Kalijaya, Banjarsari, dan ada juga yang berasal dari Pangandaran.

“Kami dari tahun ke tahun selalu menjual duren asli jatuhan. Kualitasnya selalu kami jaga, durian jatuhan ini lebih wangi dan rasanya juga berbeda,” kata Dede kepada HR Online, Selasa (28/1/2020).

Dede yang menjajakan durian di pinggir jalan utama Banjarsari ini, mengaku kerap mengirim durian-duriannya ke berbagai daerah di Pangandaran, Banjar, dan Ciamis, bahkan sampai juga ke Cilacap.

“Kali ini belum begitu gebyar atau rame ya, mengingat duriannya baru sebagian dipanen,” katanya.

Untuk satu buah durian, Dede mematok harga mulai Rp 25 ribu sampai Rp 80 ribu. Harga tersebut tergantung besar kecilnya durian.

Sementara itu, Yayat, salah seorang pembeli langganan Dede, mengaku, dirinya selalu membeli durian jatuhan.

“Kalau durian jatuhan ini asli matengnya dipohon,” kata Yayat yang ditemui HR Online saat sedang membeli durian di kios Dede.

Yayat mengatakan, dirinya selalu puas dengan durian yang dibelinya. Selain karena harganya yang relative murah, rasanya pun tak mengecewakan.

“Harganya kan tergantung besar kecilnya durian, kadang beli untuk oleh-oleh durian jatuhan sampai 20 buah, ya untuk dibagi-bagi sama keluarga,” katanya. (Entang/R7/HR-Online)

- Advertisment -