Efek Kelebihan Minum Kopi yang Perlu Diwaspadai!

Efek kelebihan minum kopi pada tubuh bisa mengganggu kesehatan.
Efek kelebihan minum kopi pada tubuh bisa mengganggu kesehatan. Photo: Net/Ist.

Efek kelebihan minum kopi pada tubuh bisa mengganggu kesehatan. Oleh karena itu, penting bagi pecandu kopi untuk mengenali tanda-tanda kelebihan minum kopi pada tubuh.

Bagi kebanyakan orang, minum kopi menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari. Bahkan, bagi pecandu kopi dalam setiap harinya bisa mengonsumsi lebih dari tiga cangkir.

Mengonsumsi kopi secara bisa menimbulkan efek negatif bagi kesehatan tubuh. Seperti yang dirangkum HR Online dari berbagai sumber, setidaknya ada enam tanda pada tubuh akibat kelebihan minum kopi.

Efek Kelebihan Minum Kopi

Masalah Perut

Efek kopi sebagai pencuci perut karena bisa melepaskan hormon yang dapat mengakibatkan buang air besar, bahkan bisa sampai diare.

Kopi juga dapat memacu gastro esophageal reflux. Apabila Anda punya memiliki masalah di perut, sebaiknya kurangi konsumsi kopi.

Insomnia

Efek kelebihan minum kopi membuat kita selalu terjaga, dan disaat bersamaan kopi juga dapat memengaruhi pola tidur kita akibat kandungan kafein di dalamnya.

Menurut para peneliti, konsumsi kopi secara berlebih akan meningkatkan waktu untuk tidur yang kita butuhkan.

Selain itu, efek dari konsumsi kopi berlebih juga dapat menyebabkan waktu untuk tidur sangat berkurang atau insomnia, sehingga kita menjadi lebih lelah saat siang hari.

Kecemasan

Efek kelebihan minum kopi yang berikutnya adalah kecemasan dan rasa gugup. Kopi memicu pelepasan adrenalin yang bisa memengaruhi perilaku seseorang.

Jika Anda merasa terlalu gugup dan cemas, coba kendalikan konsumsi kafein. Karena kafein sebenarnya mampu memblokir adenosin penyebab lelah sehingga kewaspadaan pun akan meningkat, bila dikonsumsi secara benar.

Merasa Lelah di Hari Berikutnya

Efek kelebihan minum kopi bagi tubuh membuat kita akan merasakan lebih lelah di hari berikutnya.

Sejumlah penelitian mengungkapkan, setelah mengonsumsi kopi terlalu banyak, mungkin seseorang akan merasa tubuhnya lelah lalu tertidur.

Rasa lelah itu datang dengan cepat akibat efek dari begadang. Tapi kalau sepanjang hari kita terus beraktivitas, mungkin bisa menghindari efek tersebut.

Kopi akan merangsang sistem saraf yang disebabkan oleh kandungan kafein di dalamnya. Selain itu, kopi juga dapat meningkatkan kinerja fisik 11-12 persen.

Namun, di sisi lain kopi juga punya efek negatif, yang mana Adenosine, yakni unsur kimia di dalam kopi bakal mengalami peningkatan, tapi kemudian menurun lagi.

Detak Jantung Lebih Cepat

Detak jantung menjadi lebih cepat dan tubuh merasa kelelahan juga merupakan efek kelebihan minum kopi.

Tidak semua orang akan merasakan detak jantungnya lebih cepat, namun hal ini cukup umum terjadi.

Detak jantung lebih cepat bisa saja terjadi pada kalangan muda yang suka mengonsumsi kopi secara berlebih. Sebab, kopi dapat meningkatkan denyut jantung seseorang.

Karena itulah, bagi mereka yang punya masalah jantung dan tekanan darah tinggi, konsumsi kopi sangat tidak dianjurkan.

Kecanduan dan Metabolisme Meningkat

Kafein dapat dikatakan sebagai suplemen untuk membakar lemak. Menurut penelitian, kopi mampu tingkatkan metabolisme tubuh 3 hingga 11 persen.

Meski begitu, penting untuk tetap berhati-hati lantaran ada sejumlah orang yang tidak toleran pada kopi.

Kelebihan minum kopi menimbulkan efek negatif yang jauh lebih besar dibanding efek positifnya.

Sebab, orang yang kecanduan minum kopi akan lebih sedikit mengonsumsi air putih. Padahal, air yang dibutuhkan tubuh sangat banyak. (Eva/R3/HR-Online)

Loading...