Rabu, Januari 26, 2022
BerandaBerita TerbaruEfek Minum Kopi Setelah Minum Obat, Hati-hati!

Efek Minum Kopi Setelah Minum Obat, Hati-hati!

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com).- Efek Minum Kopi Setelah Minum Obat, Hati-hati! Siapa yang tidak suka kopi? Hampir semua orang menyukai kopi semenjak makin marak kafe yang dibuka dan asik dijadikan tempat nongkrong.

Seperti yang Anda ketahui, minum kopi disebut-sebut bisa menyehatkan jantung hingga baik untuk liver. Namun, tahukah Anda mengenai efek kopi yang diminum usai mengonsumsi obat? Berikut ini penjelasannya;

Efek Minum Kopi Setelah Minum Obat

Mengganggu Efektifitas Kerja Obat

Obat dan teh sebenarnya cukup aman dikonsumsi bersamaan dengan obat. Dan Anda mungkin akan jarang menemui adanya peringatan tentang minum kopi setelah obat.

Apabila Anda minum obat kemudian minum minuman mengandung kafein seperti kopi, teh, atau soda menyebabkan tumpang tindih antara kedua kandungan yang ada dalam obat dan kafein.

Menyebabkan Kerusakan Organ

Efek minum kopi setelah minum obat menyebabkan kerusakan organ. Jika Anda minum obat jenis parasetamol atau asetaminofen bersamaan dengan minum kopi, ini bisa menyebabkan kerusakan pada organ tubuh, khususnya hati.

Seperti diktahui, parasetamol atau asetaminofen merupakan obat untuk mengurangi sakit kepala, demam, dan sakit ringan lainnya.

Selain berhati-hati dengan kandungan kafein yang ada dalam kopi saat minum parasetamol, sebaiknya hindari juga minum minuman beralkohol.

Menyulitkan Penyerapan Obat Pada Tubuh

Minum kopi setelah minum obat menyulitkan penyerapan obat pada tubuh. Untuk Anda yang sedang mengonsumsi obat tiroid, seperti Levothyroxine atau obat untuk osteoporosis jenis tertentu, sebaiknya tidak minum kopi langsung setelahnya.

Beri jeda beberapa jam, kemudian baru bisa minum kopi. Karena jika tidak begitu, kafein bisa menyebabkan penyerapan obat pada tubuh yang tidak optimal.

Mengganggu Pengiriman Obat yang Tepat

Efek Minum Kopi Setelah Minum Obat yang perlu Anda ketahui kemudian adalah, kopi bisa menghambat pengiriman obat yang harusnya langsung sampai pada bagian tertentu yang membutuhkannya.

Saat ini, obat bisa terdiri dari kapsul yang membuat bagian dari obat ini masuk dalam tubuh dengan perlahan dan sesuai tempat.

Karena keasaman kafein apalagi kopi yang diminum dengan suhu tinggi, akan menyebabkan pengiriman obat ke tubuh jadi terhambat dan tidak efektif.

Meningkatkan Denyut Jantung

Minum kopi setelah minum obat meningkatkan denyut jantung. Sebaiknya hindari minum kopi saat Anda mengonsumsi obat untuk migraine. Karena obat jenis ini biasanya memiliki efek membuat denyut jantung lebih lebih cepat.

Kemudian, jika Anda mengonsumsi kopi yang di dalamnya ada kafein dan sama menyebabkan detak jantung meningkat. Nah, jika Anda mengonsumsi secara bersamaan, efeknya pasti jadi lebih besar.

Lama Waktu Bisa Mengonsumsi Kopi Setelah Minum Obat

Menurut penelitian yang diadakan oleh American Academy of Sleep Medicine, kafein bisa berada dalam tubuh dalam jangka waktu 5 jam.

Waktu ini adalah waktu yang tepat bagi tubuh untuk bisa mengurai suatu zat sampai setengahnya dari jumlah aslinya. Misalkan Anda konsumsi 20 mg kafein, nah, 5 jam kemudian masih ada 10 mg kafein dalam tubuh.

Setelah membaca artikel mengenai efek minum kopi setelah minum obat, semoga Anda bisa lebih hati-hati. Jangan lagi sembarangan mengonsumsi makanan atau minuman saat sedang mengonsumsi obat. Sebab semua tentu ada hitungannya sendiri supaya terserap dengan baik. (Deni/R4/HR-Online)

- Advertisment -