Evaluasi Pembangunan Pasar Ciamis Blok C, DPRD Tak Temukan Pemalsuan Dokumen

Pembangunan Pasar Ciamis
Komisi C DPRD Kabupaten Ciamis menggelar Rapat Kerja (Raker) bersama Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan, Rabu (15/1/2020). Foto: Fahmi/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dewan perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ciamis melalui Komisi C menggelar Rapat Kerja (Raker) bersama Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan. Raker tersebut digelar untuk mengevaluasi pekerjaan pembangunan Pasar Manis Ciamis Blok C pada tahun anggaran 2019, Rabu (15/1/2020)

“Dalam rapat evaluasi ini kami menghasilkan beberapa poin mengenai pembangunan Pasar Manis Ciamis,” terang ketua komisi C, H Trian Slamet.

Pada Raker tersebut juga dibahas terkait dugaan pemalsuan dokumen serah terima pekerjaan pembangunan pasar Blok C. Pemalsuan dokumen terbukti tidak ada, karena Dinas sudah menjelaskan secara rinci mekanisme tahapan pekerjaan.

“Sesuai yang diperlihatkan Dinas, seluruh dokumen menyebutkan bahwa item pekerjaan sudah 100 persen dilaksanakan per tanggal 30 Desember 2019. Ini sesuai dengan  berita acara serah terima pekerjaan beriku dokumen pendukungnya, seperti gambar pelaksanaan, daftar rincian volume pekerjaan, dan foto-foto pekerjaan,” terangnya. 

Trian mengatakan, adapun kegiatan yang dikerjakan pada tanggal 6 Januari sampai dengan 8 Januari 2020, yaitu kegiatan perbaikan atau masuk kepada pemeliharaan dan bukan kegiatan sisa pekerjaan. Masa pemeliharaan tersebut ditentukan selama 6 bulan setelah pekerjaan selesai.

“Kegiatan kemarin memang dalam masa pemeliharaan bukan pekerjaan,” ungkapnya. 

Selanjutnya, mengenai rolling door yang menutup sebagian, hal itu sudah sesuai dengan volume pekerjaan dan gambar yang ditentukan oleh pihak  direksi.

“Untuk rolling door yang bolong memang dilihat kontraknya tidak ada item pekerjaan pintu papan,” jelasnya. 

Pembangunan Pasar Manis Ciamis Blok C Rampung, Akan Ditempati 1 Februari

Tambah H Trian, bahkan dari pihak dinas terkait juga menjelaskan sudah ada kesepakatan dengan para pedagang pasar, bahwa mereka bisa menerima kunci tanggal 23 Januari 2020. Selanjutnya sudah bisa ditempati 1 Februari 2020.

“Warga pasar telah menerimanya, semoga mereka bisa memanfaatkan kios dan bisa mendongrak perekonomian,” paparnya.

Sementara itu, H Andi, salah satu pedagang Pasar Manis Blok C, mengatakan, dirinya bersama pedagang lainnya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, baik Dinas maupun DPRD Ciamis yang terus memperjuangkan para pedagang sehingga bisa secepatnya menempati pasar baru.

“Kami bersyukur para pemangku kebijakan, semua elemen memperjuangkan ini. Kami akan menjaga sebaik-baiknya pasar baru yang akan ditempati,” pungkasnya. (Fahmi/R7/HR-Online)

Loading...