Fakta Fenomena Angin Monsun dari Cuaca Ekstrem Hingga Hujan Lebat

Fakta Fenomena Angin Monsun
Fakta Fenomena Angin Monsun. Foto: Istimewa

Fakta fenomena angin monsun perlu diketahui oleh semua orang. Karena terdapat sebuah informasi bahwa angin monsun ini akan melintasi kawasan di Indonesia.

Angin monsun ini memang cukup berbahaya. Alasannya adalah karena sangat berdampak pada iklim dan cuaca.

Kini masyarakat diminta untuk waspada terhadap angin ini. Apalagi untuk masyarakat yang berada di wilayah tertentu. Karena akan ada wilayah tertentu yang akan dilintasi angin monsun ini.

Fakta Fenomena Angin Monsun yang Akan Melintas

Perlu diketahui bahwa fenomena angin monsun ini telah diperkirakan kedatangannya. BMKG juga telah memprediksi bahwa angin ini akan melintasi wilayah Indonesia. Lebih tepatnya di wilayah Indonesia Timur.

Prediksi ini membuat masyarakat Indonesia Timur, khususnya daerah Gowa lebih waspada. Bahkan sudah ada beberapa upaya untuk mengatasi jika terjadi korban jiwa.

Salah satu upayanya adalah pendirian posko siaga bencana. Posko ini sudah tersebar di berbagai titik.

Angin monsun yang akan melintasi wilayah Indonesia bagian timur diprediksi pada pertengahan Januari ini.

Masyarakat diharapkan agar lebih waspada jika terjadi beberapa gangguan. Karena ada beberapa fakta fenomena angin monsun yang cukup berbahaya.

Banyak orang yang belum mengetahui apa itu angin monsun. Angin monsun merupakan angin yang memiliki sifat periodik.

Hal ini dikarenakan terjadinya memang selalu beraturan selama 3 bulan. Kemudian angin ini juga dibagi menjadi dua jenis.

Diantaranya adalah angin monsun Asia dan monsun Australia. Fakta fenomena angin monsun ini juga tidak diketahui oleh banyak orang. Karena penyebab datangnya angin ini pun tidak diketahui.

Salah satu penyebab datangnya angin ini bisa dibilang alamiah. Karena adanya faktor alam berupa pergerakan massa udara basah atau MGO.

Pergerakan ini terjadi di Samudera Hindia yang akhirnya mengarah ke Indonesia bagian timur. Lebih tepatnya di daerah Makassar dan sekitarnya.

Beberapa fakta fenomena angin monsun juga bisa didapat dari dampak yang diakibatkan. Salah satu dampak yang terjadi adalah pertumbuhan awan menjadi intens.

Sehingga timbul cuaca ekstrem. Oleh karena itu, masyarakat dihimbau untuk lebih berhati-hati lagi.

Angin monsun ini memang sudah terjadi beberapa kali. Meskipun begitu, belum dipastikan apa saja akibat yang akan terjadi.

BMKG menghimbau para masyarakat agar lebih waspada dan tidak panik. Apalagi sudah ada beberapa posko siaga bencana yang tersebar di beberapa titik. Sehingga masyarakat bisa lebih aman.

Inilah Fakta Fenomena Angin Monsun

Dari beberapa penjelasan diatas, ada beberapa fakta terkait dengan angin monsun. Oleh karena itu, masyarakat juga perlu mengetahui beberapa faktanya.

1. Angin Monsun yang Akan Melintas Berjenis Monsun Asia

Fakta pertama yang didapatkan adalah angin monsun yang akan melintas adalah monsun Asia. Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa angin ini berhembus dari bulan Oktober hingga April.

Periode munculnya angin ini juga dikonfirmasi oleh pihak BMKG. Bahkan pihak BMKG juga mengungkapkan bahwa angin ini masih aktif di wilayah Indonesia.

2. Mengakibatkan Hujan Lebat di Sejumlah Wilayah

Fakta fenomena angin monsun yang selanjutnya adalah dampaknya. Dampak dari fenomena angin monsun cukup berbahaya.

Salah satu dampaknya adalah terjadinya hujan yang cukup deras. Bahkan bisa dibilang sangat ekstrem.

Intensitas hujan yang sangat tinggi ini semakin berbahaya karena terpaan angin. Angin yang cukup kencang dapat berpotensi menumbangkan pepohonan.

Wilayah yang paling merasakan dampaknya adalah Indonesia bagian timur. Lebih tepatnya adalah provinsi Sulawesi Selatan daerah Makassar.

3. Berimbas ke Kota Lainnya (Jabodetabek dan Yogyakarta)

Fakta selanjutnya adalah dampak dari angin monsun ini juga berimbas ke beberapa wilayah. Salah satunya adalah kawasan Jabodetabek yang terguyur hujan lebat hingga banjir.

Kemudian wilayah Yogyakarta yang juga diguyur hujan. Meskipun intensitasnya belum bisa dikatakan sangat lebat.

Cuaca yang begitu ekstrem dan tidak bisa diprediksi ini sangat mengerikan. Apalagi ketika hujan yang begitu lebat ditambah dengan angin yang sangat kencang.

Selain daerah Indonesia bagian timur, daerah lain juga harus lebih waspada. Karena dampak angin monsun ini bisa merambah ke berbagai wilayah.

Seperti daerah Jabodetabek yang sudah terkena imbasnya. Hingga sebagian besar wilayahnya terendam banjir.

Fakta fenomena angin monsun diatas bisa dijadikan tambahan informasi. Agar masyarakat lebih berhati-hati dengan cuaca yang tiba-tiba berubah. (R10/HR-Online)

Loading...