Fakta Fenomena Gerhana Bulan yang Jatuh pada 11 Januari 2020

Fakta Fenomena Gerhana Bulan
Ilustrasi Fakta Fenomena Gerhana Bulan. Foto: Istimewa

Fakta fenomena gerhana bulan yang akan muncul kini diteliti oleh para ilmuwan. Seperti yang diketahui bahwa akan terjadi beberapa fenomena di bulan Januari ini.

Setelah sebelumnya sudah terjadi gerhana matahari cincin. Kemudian disusul dengan hujan meteor Quadrantid.

Di bulan Januari ini diperkirakan akan terjadi gerhana bulan penumbra. Fenomena ini juga akan menghiasi langit Januari. Banyak fakta yang didapatkan dari fenomena gerhana bulan ini.

Fakta Fenomena Gerhana Bulan Tahun 2020

Gerhana bulan memang sudah terjadi beberapa kali di Indonesia. Sebenarnya tidak hanya gerhana bulan, tetapi juga gerhana matahari.

Gerhana bulan yang akan terjadi di Januari ini dikategorikan sebagai gerhana penumbra. Gerhana ini memang sudah diprediksi oleh para peneliti setelah terjadinya gerhana matahari

Lebih tepatnya akan muncul pada tanggal 11 Januari 2020. Para peneliti kemudian menganalisa lebih lanjut tentang gerhana ini.

Mulai dari waktunya, kemungkinan fenomena lain, dan masih banyak lagi. Gerhana bulan penumbra juga terjadi di beberapa tempat.

Fenomena ini terjadi mulai dari tahun 2013 dan terakhir pada tahun 2017. Dari beberapa fenomena tersebut memang muncul fakta menarik.

Khususnya fakta menarik mengenai gerhana bulan penumbra yang pernah terjadi di Indonesia. Fakta fenomena gerhana bulan ini membuat penasaran banyak orang.

Apalagi jika gerhana bulan tersebut terjadi sebelum waktunya. Bahkan terjadi bersamaan dengan hal-hal menarik lainnya.

Gerhana bulan penumbra yang akan terjadi tanggal 11 mendatang memang ditunggu-tunggu. Terlebih lagi karena kemunculannya setelah beberapa fenomena lain.

Bulan Januari di awal tahun 2020 memang memiliki banyak kejutan. Berbeda dengan awal tahun sebelumnya yang tidak terjadi fenomena menarik.

Hal ini dapat dibandingkan dari beberapa fenomena yang telah terjadi. Diawali dengan gerhana matahari kemudian disusul dengan fenomena lain.

Fakta Fenomena Gerhana Bulan Penumbra

Kemunculan gerhana bulan penumbra bukan merupakan hal yang baru. Kecuali jika ada hal menarik yang akan muncul nantinya.

Ada beberapa fakta menarik dari kemunculan gerhana bulan tersebut. Fakta tersebut tentunya bisa menjadi wawasan semua orang.

1. Tidak Berbahaya Jika Dilihat Dengan Mata Telanjang

Salah satu fakta fenomena gerhana bulan adalah aman bagi mata. Seperti yang diketahui bahwa gerhana bulan hanya bisa terjadi ketika malam hari.

Oleh karena itu, gerhana bulan dikatakan lebih aman jika dilihat. Berbeda halnya dengan gerhana matahari yang tidak boleh dilihat dengan mata telanjang.

Mengingat cahaya matahari dapat menyilaukan mata. Apalagi saat terjadi gerhana matahari. Oleh karena itu, diperlukan alat khsusus untuk melihat gerhana.

Biasanya gerhana bulan juga memerlukan alat yang bisa digunakan untuk melihat. Mengingat gerhana bulan terjadi karena bulan tertutup oleh bumi.

Hal ini membuat bayangan bulan terlihat sama dan tidak jelas. Apabila ingin melihat dengan jelas, maka perlu menggunakan alat khusus.

Perlu diketahui bahwa cahaya penumbra tidak akan merusak mata. Meskipun dilihat dengan mata telanjang.

2. Bulan Dengan Cahaya Redup

Fakta fenomena gerhana bulan yang selanjutnya adalah cahaya bulan lebih redup. Hal ini merupakan akibat dari proses gerhana bulan penumbra.

Bisa dilihat bahwa nantinya bulan akan terlihat lebih redup. Bahkan cahayanya berbeda dengan sebelumnya yang terlihat terang.

Seperti yang diketahui bahwa gerhana bulan penumbra memang sangat unik. Bulan akan masuk ke dalam bayangan penumbra bumi, maka terjadilah gerhana bulan penumbra.

Bulan masih bisa dilihat meski cahayanya redup. Akan lebih jelas jika dilihat menggunakan alat khusus seperti teleskop.

3. Muncul di Seluruh Wilayah Indonesia

Fakta fenomena gerhana bulan penumbra yang selanjutnya tidak kalah menarik. Pasalnya, gerhana ini akan muncul di seluruh wilayah Indonesia. Sehingga semua warga Indonesia bisa melihat gerhana bulan penumbra ini.

Namun gerhana bulan ini akan terlihat sangat jelas di wilayah tertentu saja. Seperti wilayah Indonesia bagian barat. Gerhana ini akan muncul sekitar pukul 12 dini hari. Kemudian akan berakhir pada pukul 4 pagi.

Namun waktu tersebut masih sebuah prediksi. Sehingga kemungkinan besar gerhana bulan memang terjadi di waktu tersebut.

Beberapa fakta fenomena gerhana bulan diatas memang menarik. Apabila ingin melihat secara jelas disarankan untuk menggunakan alat bantu. (R10/HR-Online)

Loading...