Fakta Hewan Tardigrada, Hewan Terkuat di Bumi Tak Tertandingi

fakta hewan terdigrada hewan terkuat di bumi
Hewan terdigrada, hewan terkuat di Bumi. Foto: Ist/Net

Fakta hewan Tardigrada merupakan hal yang sangat unik dan menarik. Hewan invertebrata ini digadang-gadang sebagai hewan terkuat di Bumi yang tak tertandingi.

Nama hewan yang satu ini cukup asing, bahkan sangat asing. Banyak orang yang tidak mengetahui mengenai hewan ini.

Tidak sedikit orang yang bertanya-tanya tentang kehidupannya. Mulai dari makanan, tempat asal, jenis, dan yang lainnya. Alasannya karena hewan ini memang sangat asing dan tidak diketahui banyak orang.

Fakta Hewan Tardigrada, Invertebrata dengan Segala Keunikan

Banyak hewan di muka Bumi yang memiliki keunikan masing-masing. Entah itu hewan darat, laut, atau keduanya.

Bahkan ada beberapa hewan zaman purba yang masih diteliti. Hingga akhirnya memiliki keunikan yang tidak kalah menarik.

Keunikan hewan memang didapat dari beberapa penelitian dan fakta yang ditemukan. Lebih jelasnya adalah hewan tersebut berbeda dengan hewan yang lain.

Entah itu dari kehidupannya, cara makan, atau cara bertahan hidup. Kini sudah banyak hewan unik yang memang memiliki fakta menarik.

Seperti fakta hewan Tardigrada yang menjadi pembicaraan baru-baru ini. Pasalnya, hewan ini memiliki fakta yang luar biasa.

Bahkan jika dipikir hal tersebut tidaklah masuk akal. Namun fakta yang dimiliki hewan Tardigrada memang benar adanya.

Hewan terkuat di Bumi ini diperkirakan masuk dalam spesies beruang air. Meskipun begitu, masih banyak orang yang tidak mengetahui lebih lanjut mengenai hewan ini.

Apalagi hewan ini jarang diperbincangkan. Namun jika diteliti lebih lanjut, ternyata ada segudang fakta yang dimiliki oleh hewan ini.

Apa Saja Fakta Hewan Terkuat di Bumi?

Berikut ini kumpulan fakta mengenai hewan unik yang menarik perhatian.

1. Jenis Beruang Air yang Memiliki Ukuran Mikro

Sebagian orang pasti pernah mendengar atau menjumpai hewan terkecil di dunia. Tardigrada merupakan salah satu hewan yang juga masuk dalam kategori terkecil.

Tidak hanya kecil saja, tetapi juga hewan berukuran mikro. Hal ini dibuktikan dari ukurannya yang begitu kecil.

Tadigrada hanya memiliki ukuran sekitar 1,5 mm. Namun Tardigrada juga memiliki ukuran yang paling kecil yaitu 0,1 mm.

Dengan ukuran yang sangat kecil ini, Tardigrada mampu hidup hingga saat ini. Dapat diperkirakan bahwa hewan ini telah hidup sebelum adanya manusia.

2. Ukuran Mikro, Kekuatan Makro

Fakta hewan Tardigrada yang selanjutnya adalah mengenai kekuatannya. Apabila dilihat dari ukurannya, maka mustahil jika hewan ini memiliki kekuatan yang besar. Bahkan untuk bertahan hidup saja kemampuannya sangat diragukan.

Namun fakta yang satu ini sangat mengejutkan. Meskipun berukuran mikro, namun kekuatan yang dimiliki sangat besar. Hal ini memang kurang masuk akal. Tetapi fakta yang didapatkan memang benar-benar nyata.

Hewan dengan nama Tardigrada ini dikategorikan sebagai hewan terkuat. Bahkan para peneliti mulai bertanya-tanya adakah hal yang bisa membuat hewan ini lenyap.

Meskipun terkena radiasi, namun hewan ini masih hidup. Padahal radiasi yang terjadi adalah yang paling mematikan.

Kemudian hewan ini masih bisa bertahan dalam suhu minus 272 derajat Celcius. Dapat diperkirakan bagaimana dinginnya suhu tersebut untuk hewan mini yang satu ini.

3. Usia Sudah Mencapai 530 Juta Tahun

Fakta yang lebih menarik adalah hewan ini masih ada hingga sekarang. Usia hewan ini diperkirakan sudah mencapai 530 juta tahun.

Hal ini membuat orang bertanya-tanya mengenai dinosaurus pertama. Perlu diketahui bahwa dinosaurus pertama baru muncul sekitar 230 juta tahun.

Maka dari itu, hewan yang bernama Tardigrada ini memang sudah tua dan sangat tua. Bahkan hewan ini sudah melalui kepunahan massal akibat hujan meteor.

4. Dapat Bertahan Tanpa Makan Selama 10 Tahun

Fakta hewan Tardigrada yang tidak kalah menarik adalah hidup tanpa makan. Setelah diteliti, ternyata hewan ini mampu bertahan hidup tanpa makan.

Waktu yang dibutuhkan mencapai satu dekade. Cukup mengagumkan untuk jenis hewan yang berukuran mikro seperti Tardigrada.

Bahkan kebanyakan hewan tidak mampu bertahan tanpa makan, apalagi minum. Namun hal tersebut tidak berlaku untuk Tardigrada.

5. Satu-Satunya Spesies yang Selamat Ketika Berada di Luar Angkasa

Selain hidup di Bumi, ternyata Tardigrada juga bisa hidup di luar angkasa. Hal ini dibuktikan dari uji coba yang dilakukan oleh beberapa ilmuwan.

Ilmuwan mengirimkan Tardigrada dan hewan lain menuju luar angkasa. Setelah kembali, semua hewan tidak selamat kecuali Tardigrada.

Fakta hewan Tardigrada memang tidak bisa dipungkiri. Apalagi banyak bukti yang menguatkan bahwa Tardigrada memang ada dan masih hidup. (R10/HR-Online)