Fakta Secretary Bird, Burung Sekertaris yang Anggun dan Mempesona

Fakta Secretary Bird
Fakta Secretary Bird. Foto: Istimewa

Fakta secretary bird merupakan hal yang asyik untuk diperbincangkan. Burung ini memang sangat unik sehingga dicari oleh beberapa orang.

Secretary bird atau burung sekertaris merupakan spesies burung pemangsa. Parasnya yang anggun membuat burung ini disebut dengan burung sekertaris.

Burung ini memang sangat mempesona dengan warna bulu dan parasnya. Kakinya yang tidak tertutup bulu nampak jenjang dan anggun.

Fakta Secretary Bird, Burung Pemangsa yang Anggun

Di Bumi ini, spesies burung semakin berkurang karena punah. Lebih tepatnya adalah karena perburuan yang dilakukan oleh manusia

Hal ini membuat populasi burung semakin berkurang. Terutama burung yang memiliki keunikan seperti burung sekertaris ini.

Berita Terkait: Burung Beo Abu-abu Afrika dengan Beragam Keunikannya Kini Hampir Punah

Burung ini memang sudah sangat populer di berbagai negara. Terutama di negara asalnya yaitu Afrika.

Keunikan burung inilah yang membuat banyak orang terpikat. Jika dilihat secara sekilas memang hanya sekedar burung.

Namun jika dilihat secara detail, maka akan terlihat perbedaannya yaitu burung ini menyerupai sekertaris. Lebih tepatnya seperti sosok sekertaris pada zaman dahulu.

Fakta secretary bird ini memang sangat unik. Detail tubuhnya memang menyerupai aksesoris seorang sekertaris. Seperti bulu hitam yang ada di belakang kepalanya. Bulu tersebut nampak seperti aksesoris yang digunakan oleh sekertaris.

Kemudian bulu berwarna abu-abu yang berada di bagian tubuh. Bulu tersebut nampak seperti jas kantor yang dikenakan oleh para sekertaris.

Hal yang tidak kalah menarik adalah bulu yang menyelimuti bagian paha. Bulu tersebut terlihat seperti celana hitam dengan gaya breeches.

Jika dilihat secara detail, burung ini memang sangat unik. Apalagi dengan perpaduan warna bulu yang hampir menyamai sosok sekertaris.

Deretan Fakta Secretary Bird

Selain bulu dan tampilannya, ternyata ada beberapa fakta lain mengenai burung sekertaris ini. Berikut ini beberapa fakta yang lebih menarik mengenai burung sekertaris yang anggun.

1. Memiliki Sifat Setia pada Pasangan

Banyak hewan yang memiliki lebih dari satu pasangan. Hal ini bisa dilihat dari berbagai hewan yang sering dijumpai.

Namun hal tersebut tidak berlaku untuk burung sekertaris. Sebab, burung sekertaris memiliki sifat setia kepada pasangannya.

Berita Terkait: Fosil Burung Purba Fukuipteryx Ditemukan di Jepang, Usianya Sudah 120 Juta Tahun

Sifat ini biasa dikenal dengan monogami. Sifat setia kepada satu pasangan memang tidak dimiliki oleh setiap hewan atau burung.

Burung sekertaris ini tidak akan mengganti pasangannya selama seumur hidup. Meskipun sedang melakukan migrasi atau tidak.

2. Sering Berjalan Dibandingkan Terbang

Fakta secretary bird yang selanjutnya adalah lebih memilih untuk berjalan daripada terbang. Burung ini memang lebih suka untuk berjalan.

Dalam sehari burung ini bisa berjalan sekitar 20 sampai 30 km. Hal ini membuktikan bahwa burung ini memang lebih suka untuk berjalan.

Meskipun lebih sering berjalan, namun burung ini adalah penerbang yang baik. Burung ini juga memiliki kemampuan terbang yang baik.

3. Penerbang yang Baik

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa burung ini adalah penerbang yang baik. Namun banyak yang tidak tahu bahwa burung ini bisa terbang.

Mengingat bentuknya sama seperti burung unta. Burung unta merupakan spesies burung yang tidak bisa terbang.

4. Memiliki Sifat Pendiam

Fakta selanjutnya adalah burung ini memiliki sifat pendiam. Burung sekertaris memang tidak biasa untuk bersuara.

Apabila memanggil kawanan lainnya, maka burung ini akan bersuara rendah. Meskipun bersuara rendah, namun masih bisa didengar.

5. Suara Terdengar Seperti Katak

Fakta secretary bird yang selanjutnya adalah memiliki suara seperti katak. Suara ini menjadi ciri khas bagi burung sekertaris.

Suara burung sekertaris juga digunakan untuk mencari pasangan. Dengan begitu, burung sekertaris bisa menemui pasangannya hanya dengan sebuah panggilan.

6. Memiliki Bulu Mata

Fakta lainnya adalah memiliki bulu mata yang menawan. Selain tampilannya yang menyerupai sekertaris, burung juga memiliki bulu mata.

Bulu mata ini membuat tampilan burung sekertaris lebih cantik dan mempesona. Jenis bulu mata yang ini terbilang cukup panjang.

Berita Terkait: Warga Ciamis Ini Berhasil Tangkar Burung Hwamei Wambi China

Bulu mata yang panjang ini tumbuh ketika burung berumur 3 minggu. Sehingga bulunya akan bertambah panjang seiring waktu.

Fakta dari burung sekertaris memang sangat menarik. Apalagi fakta mengenai tampilannya yang sangat unik.

Fakta secretary bird memunculkan banyak keunikan dan kekaguman. Stylenya yang menyerupai sekertaris membuat burung ini nampak anggun dan mempesona. (R10/HR-Online)