Fakta Surili Monyet Beruban dari Tatar Sunda dengan Segala Keunikan

Fakta Surili Monyet Beruban
Fakta Surili Monyet Beruban. Foto: Istimewa

Fakta Surili monyet beruban sangatlah unik dan menarik. Monyet tersebut dapat dikatakan sebagai spesies yang langka.

Karena dikategorikan sebagai hewan langka, maka monyet ini perlu dilindungi. Apalagi monyet ini memiliki keunikan tersendiri. Sehingga spesiesnya sangat rawan perburuan.

Oleh karena itu, monyet ini tempatkan di sebuah konservasi satwa. Tujuannya adalah untuk menjaga jumlah spesies agar tidak terus berkurang.

Fakta Surili Monyet Beruban, Apa Saja?

Surili termasuk dalam kategori hewan primata monyet. Seperti yang diketahui bahwa di Indonesia monyet sangat dilindungi.

Bahkan banyak monyet yang bisa ditemui di penangkaran satwa. Selain untuk melindungi dari kepunahan, penangkaran juga bertujuan untuk merawat satwa.

Ada beragam jenis monyet yang hidup di dunia ini. Semua jenis tersebut tentunya memiliki keunikan dan ciri tersendiri.

Seperti salah satu monyet beruban Surili. Hewan yang termasuk dalam kategori monyet ini memiliki segudang fakta.

Mulai dari kehidupannya, cara bertahan hidup, hingga kebiasaannya. Dengan keunikan ini, banyak orang yang penasaran dengan fakta Surili monyet beruban.

Keberadaan monyet ini dikatakan cukup langka karena memang jumlahnya terbatas. Bahkan keterbatasan ini hanya berada di Pulau Jawa bagian barat.

Sama seperti monyet pada umumnya, Surili ini juga hidup berkelompok. Kelompok yang dihuni merupakan satu spesies yang terdiri dari anggota keluarga.

Sama halnya dengan struktur kelompok manusia. Kelompok Surili ini memiliki pemimpin di kelompoknya.

Fakta Surili Monyet Beruban dari Pulau Jawa

Spesies monyet memang sangat beragam. Begitupun dengan nama yang digunakan untuk memisahkan jenis setiap monyet.

Jenis monyet beruban yang memiliki keunikan adalah Surili. Mengapa dinamakan Surili? Hal ini tentunya menjadi sebuah pertanyaan yang membuat penasaran.

Dalam bahasa latinnya, Surili ini memiliki nama Presbytis Comata. Nama Surili memang berasal dari Indonesia asli. Sebab monyet beruban ini berasal dari Pulau Jawa.

Istilah Surili ini juga memiliki arti dalam bahasa Sunda. Artinya adalah hewan dengan jenis monyet yang memakan dedaunan.

Fakta Surili monyet beruban yang pertama adalah hewan primata yang memakan dedaunan. Ada beberapa jenis dedaunan yang biasanya menjadi makanan dari monyet beruban ini.

Diantaranya adalah nangsi, bungbuay, melinjo, alpukat, kopi, nangka, pakis, kaliandra, dan kondang.

Beberapa jenis tumbuhan tersebut biasanya dimakan oleh monyet beruban dan kawanannya. Namun perlu diketahui bahwa monyet ini juga memakan buah dan biji-bijian. Bahkan Surili juga memakan serangga kecil yang ada di pohon.

Fakta selanjutnya adalah ternyata monyet beruban ini juga terlibat dalam kelestarian alam. Hal ini menjadi salah satu keunikan dari hewan primata yang satu ini.

Seperti yang diketahui bahwa Surili juga memakan buah dan biji-bijian. Tidak hanya memakannya saja, tetapi juga menyebarkannya di kawasan tersebut.

Biji-bijian tersebut akan menjadi tumbuhan yang baru dan bertumbuh besar. Sehingga akan muncul pohon yang baru di kawasan tempat tinggal Surili.

Hal inilah yang menjadi wujud keterlibatan Surili dengan pelestarian alam. Fakta Surili monyet beruban yang selanjutnya adalah terkait dengan cara hidupnya. Kebanyakan hewan akan takut untuk berinteraksi dengan manusia.

Meskipun sebagian hewan tidak mengalami hal tersebut. Namun hal tersebut juga berlaku untuk Surili monyet beruban. Karena monyet ini tidak takut ketika berinteraksi dengan manusia.

Bahkan monyet beruban ini tidak menghindar sama sekali ketika ada manusia yang mendekati. Hal ini tentunya juga menjadi kepuasan bagi pengunjung yang ingin melihat sosok monyet beruban yang unik.

Pengunjung bisa melihat dengan jarak yang cukup dekat. Kemudian bisa mengambil gambarnya dengan jarak yang dekat pula.

Fakta Surili Monyet Beruban Berdasarkan Ciri-Cirinya

Selain cara hidupnya, monyet Surili juga memiliki fakta lain terkait dengan ciri-ciri tubuh. Perlu diketahui bahwa Surili memiliki ukuran tubuh yang cukup besar.

Namun tubuhnya masih bisa berkembang hingga sangat besar. Meskipun kelihatannya tubuhnya mungil dan kecil.

Fakta selanjutnya adalah ternyata Surili merupakan satu-satunya monyet yang memiliki bulu abu-abu. Bulu monyet beruban ini juga menjadi pembeda dengan monyet yang lainnya.

Bulu yang berwarna abu-abu ini menutupi seluruh bagian tubuh, termasuk dengan kepala. Namun untuk bagian dada, warna bulunya berbeda yaitu putih.

Keberadaan monyet beruban ini biasanya dapat ditemui di kawasan air terjun. Beberapa fakta Surili monyet beruban menyebutkan bahwa spesies ini memang sangat unik. (R10/HR-Online)