Senin, Mei 23, 2022
BerandaBerita TerbaruFakta Unik Tentang Gurita

Fakta Unik Tentang Gurita

Berita Sains, (harapanrakyat.com).- Fakta Unik Tentang Gurita. Gurita merupakan salah satu hewan laut yang bentuknya bermacam-macam. yang paling khas, gurita mempunyai tentakel.

Gurita merupakan hewan yang tidak bertulang belakang. Dan gurita lebih dikenal karena memiliki tinta pada tubuhnya.

Kali ini, harapanrakyat.com akan mengulas mengenai fakta unik gurita yang mungkin jarang diketahui banyak orang.

Fakta Unik Tentang Gurita

Gurita Pandai Berkamuflase

Tidak banyak hewan air yang memiliki kemampuan untuk berkamuflase dengan lingkungan dan gurita memiliki kemampuan ini.

Seperti halnya bunglon, gurita juga mampu berkamuflase dengan lingkungan sekitarnya. Gurita dapat menyerupai karang, tumbuhan ataupun bebatuan dalam waktu singkat, sekitar 3 detik.

Kemampuan ini menjadikan gurita hewan laut yang unik. Bagi gurita, kemampuan tersebut memiliki tujuan. Diantaranya untuk mengecoh predator yang ingin memangsanya.

Selain itu, tujuan lain kamuflase yang dilakukan gurita juga untuk mengecoh mangsa yang akan dijadikan target.

Gurita Punya Tiga Jantung

Fakta unik gurita selanjutnya adalah memiliki tiga buah jantung. Ketiga jantung tersebut semuanya aktif dan memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Sebuah penelitian mengungkapkan 3 buah jantung yang tertanam di dalam tubuh seekor gurita. Penelitian tersebut juga mengungkap bahwa ketiga jantung itu memiliki peran dan fungsi masing-masing.

Dua jantung gurita berperan sebagai penggerak ke arah insang atau dapat dikatakan untuk mengatur pernapasan di dalam air.

Sedangkan jantung yang satunya lagi, memiliki fungsi untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh.

Gurita Berumur Pendek

Gurita merupakan hewan yang cukup cerdas dan memiliki keahlian yang tidak bisa dimiliki oleh hewan lainnya. Namun sayang hewan ini ternyata tidak memiliki usia atau umur yang lama.

Kebanyakan spesies gurita yang ada di bumi hanya dapat hidup kurang lebih sekitar 6 sampai 7 bulan. Setelah melewati waktu enam sampai tujuh bulan, gurita akan mati.

Gurita Senang Berjalan

Fakta unik gurita lainnya adalah gurita lebih menyukai berjalan daripada berenang. Alasannya karena jika gurita berenang, salah satu jantungnya akan berhenti. (Deni/R4/HR-Online)

- Advertisment -