Fasilitas Taman Kehati Kota Banjar Dikeluhkan Pengunjung

Fasilitas Taman Kehati Kota Banjar
Pengunjung Taman Kehati Kota Banjar. Tidak sedikit pengunjung yang mengeluhkan fasilitas di taman tersebut. Foto: Muhlisin/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Keberadaan fasilitas ruang terbuka hijau Taman Keanekaragaman Hayati atau Taman Kehati, yang berada di wilayah Kelurahan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat, banyak dikeluhkan para pengunjung.

Beberapa fasilitas yang banyak dikeluhkan itu diantaranya tidak adanya tempat MCK umum, tempat sampah dan kurangnya perawatan tanaman.

Seperti yang diungkapkan Evi (32), salah satu rombongan pengunjung gowes dari Langkaplancar, Kecamatan Langensari.

Dikatakannya, semestinya ada tempat MCK umum terlebih di lokasi atas taman, sehingga pengunjung tidak kebingungan saat punya kebutuhan buang air.

Selain itu, beberapa tanaman juga perlu ada penanaman baru di lokasi taman dan samping tangga, sebagai penghias tangga dan tempat untuk spot selfi.

“Sebetulnya sudah bagus, cuma fasilitasnya perlu ditambah terutama MCK dan spot buat selfi,” kata Evi kepada HR Online, Minggu (12/1/20) usai jogging di lokasi taman.

Hal senada dikatakan Heni, warga Desa Mulyasari, Kecamatan Pataruman. Selain fasilitas MCK yang tidak ada, di taman Kehati juga tidak disediakan tempat sampah.

Padahal, katanya, keberadaan tempat sampah itu penting, karena tidak sedikit pengunjung yang datang ke tempat tersebut. Terlebih di hari minggu banyak yang datang.

Fasilitas MCK Paling Dikeluhkan Pengunjung

Anggota Karang Taruna Sangkur Putri, Wisnu Dwi Sulistio menambahkan, memang selama ini fasilitas MCK yang paling dikeluhkan pengunjung.

Selain itu tanaman-tanaman dan tidak ada tulisan taman kehati di lokasi bawah taman atau area parkir.

“Biasanya kalau ada yang ingin buang air ikut ke pos penjagaan lapas, yang lokasinya tidak jauh dari taman,” kata Wisnu.

Wisnu menyebutkan, di bagian atas taman dan area parkir memang ada ruangan, tapi itu tempat rapat kantor bukan fasilitas umum untuk pengunjung.

Ia berharap segera ada perbaikan, karena menurutnya, banyak pengunjung dari luar daerah Kota Banjar seperti dari Lakbok, Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Cilacap yang berkunjung ke Taman Kehati.

“Harusnya diperbaiki. Tanamannya juga ditambah ini kan taman keanekaragaman hayati. Selain itu cuacanya juga mendukung saat ini musim penghujan,” harapnya. (Muhlisin/R5/HR-Online)

Loading...