Jumat, Mei 20, 2022
BerandaBerita TerbaruFenomena Sinkhole di Gunungkidul Saat Musim Hujan Jadi Sorotan

Fenomena Sinkhole di Gunungkidul Saat Musim Hujan Jadi Sorotan

Fenomena Sinkhole di Gunungkidul menjadi sorotan banyak pihak. Pasalnya fenomena ini tidak terjadi sekali dua kali, tetapi berulang kali.

Lebih tepatnya adalah terjadi berulang kali di Daerah Istimewa Yogyakarta. Salah satunya adalah Kabupaten Gunungkidul.

Kabupaten Gunungkidul sudah menjadi langganan terjadi fenomena Sinkhole. Bahkan fenomena ini sudah tersebar di beberapa kecamatan.

Fenomena Sinkhole di Gunungkidul Perlu Diwaspadai

Fenomena Sinkhole memang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. Namun salah satu daerah yang sering terjadi fenomena ini adalah Gunungkidul.

Di daerah ini memang sering terjadi fenomena Sinkhole. Fenomena ini memang cukup berbahaya dan perlu diwaspadai.

Hal ini dikarenakan tidak hanya satu daerah saja yang mengalami Sinkhole. Tapi ada beberapa kecamatan yang mengalami fenomena ini.

Mulai dari Girisubo, Ponjong, Tanjungsari, Rongkop, dan Semanu, serta masih banyak lagi. Beberapa kecamatan tersebut sudah terancam akan adanya fenomena Sinkhole.

Fenomena ini memang belum berdampak pada korban jiwa. Namun hal ini perlu diwaspadai, bahkan membutuhkan penanganan secepatnya.

Fenomena Sinkhole di Gunungkidul ini memang beberapa kali terjadi. Tercatat kurang lebih sudah 32 kali kejadian. Kejadian tersebut tersebar di berbagai kecamatan yang telah disebutkan diatas.

Fenomena Sinkhole tersebut rata-rata terjadi di lahan pertanian warga. Oleh karena itu, para warga harus berhati-hati dengan lahan pertanian.

Fenomena ini akhirnya diteliti lebih lanjut. Seperti yang telah diketahui bahwa Gunungkidul didominasi oleh batuan kapur.

Salah satu ciri batuan kapur adalah memiliki banyak rongga. Sehingga air mudah masuk kedalam batuan hingga melarutkan material tersebut.

Kemudian terjadilah Sinkhole yang berada di lahan pertanian. Inilah yang menjadi alasan mengapa Gunungkidul sering dilanda Sinkhole.

Fenomena Sinkhole di Gunungkidul telah menjadi sebuah ancaman. Oleh karena itu, warga sekitar diharapkan lebih waspada dan berhati-hati.

Hal ini untuk mengatasi apabila terjadi Sinkhole secara mendadak. Apalagi terjadi Sinkhole susulan yang lebih parah.

Di beberapa tempat juga telah diberikan tanda bahwa kawasan tersebut berbahaya. Hal ini merupakan upaya pengantisipasian agar tidak ada korban jiwa.

Kehati-hatian Fenomena Sinkhole di Gunungkidul

Musim hujan kini hampir tersebar merata di berbagai wilayah. Hujan juga merupakan hal yang perlu diwaspadai.

Pasalnya, hujan juga bisa memicu terjadinya fenomena Sinkhole. Apalagi jika hujan deras yang terjadi dalam kurun waktu yang cukup lama.

Upaya yang dilakukan adalah pemetaan pada goa bawah tanah. Seperti yang diketahui bahwa Gunungkidul juga memiliki banyak sekali goa bawah tanah.

Fenomena Sinkhole di Gunungkidul juga harus diantisipasi. Oleh karena itu, dilakukan pemetaan pada goa bawah tanah.

Daerah yang memiliki goa bawah tanah sangat berpotensi mengalami Sinkhole. Padahal banyak sekali daerah di Gunungkidul yang memiliki goa bawah tanah.

Selain itu, ada beberapa upaya yang dilakukan oleh pihak setempat. Salah satunya adalah penyuluhan dan edukasi ketika terjadi Sinkhole di daerahnya.

Beberapa lahan pertanian yang terbatas tidak boleh dilakukan aktivitas. Mulai dari bercocok tanam dan yang lainnya.

Hal ini untuk menghindari adanya potensi Sinkhole. Akan lebih baik jika menggunakan plakat untuk memberikan peringatan lahan berbahaya.

Lebih baik tidak melakukan aktivitas pertanian yang berlebihan di musim hujan. Hal ini untuk menghindari kemungkinan fenomena Sinkhole.

Para masyarakat juga harus memahami penyuluhan yang telah diberikan. Agar warga lebih aman dan tidak mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.

Mengingat Sinkhole terjadi secara tiba-tiba. Bahkan tidak bisa diprediksi kapan terjadinya fenomena ini.

Para warga harus mengikuti himbauan yang telah diinformasikan. Himbauan ini juga untuk menjaga keselamatan warga.

Fenomena Sinkhole di Gunungkidul bisa terjadi kapan saja. Bahkan kemungkinan kejadiannya lebih parah.

Hal ini juga bercermin dari beberapa kejadian sebelumnya. Diameter Sinkhole tersebut juga berukuran besar. Hampir sama dengan sumur.

Kemudian kedalamannya bisa mencapai ratusan meter. Apabila warga tidak menuruti himbauan maka akan menimbulkan korban jiwa.

Tentunya pemerintah dan warga setempat harus bekerja sama dalam hal ini. Fenomena memang tidak bisa dicegah. Namun bisa diminimalisir resiko kejadiannya.

Fenomena Sinkhole di Gunungkidul sebaiknya dihadapi dengan waspada dan hati-hati. Agar nantinya tidak menimbulkan korban jiwa dan kerusakan yang lebih parah. (R10/HR-Online)

- Advertisment -