Fitur Mobil yang Jarang Diketahui, Sering Nganggur Padahal Canggih

Fitur Mobil yang Jarang Diketahui
Ilustrasi Fitur Mobil yang Jarang Diketahui. Foto: Istimewa

Tanda disadari pemilik mobil, nyatanya ada sejumlah fitur mobil yang jarang diketahui. Padahal fitur tersebut terbilang canggih.

Hal ini tentu saja sangat disayangkan. Ada fitur canggih yang tersemat pada mobil namun dibiarkan menganggur begitu saja.

Fitur Mobil yang Jarang Diketahui

Terkait apa saja fitur mobil tersebut, anda bisa mengetahuinya dengan menyimak ulasan lengkapnya di bawah ini. Perhatikan apakah anda juga termasuk pemilik mobil yang tak menyadari keberadaannya.

Kunci Pengaman Anak

Fitur kunci pengaman anak atau yang juga dikenal dengan Child-Lock hampir tersedia di semua mobil terbaru. Sesuai dengan namanya, fitur mobil ini berfungsi sebagai pengaman anak-anak.

Letak tombol fitur Child-Lock ini bisa ditemukan di pilar B, tepatnya di balik pintu baris kedua. Apabila ingin mendapatkan manfaatnya, anda cukup menekan tombolnya.

Saat fitur Child-Lock diaktifkan, maka pintu tak akan bisa dibuka dari dalam meski tuas kuncinya telah dibuka. Dengan begitu, anak tetap aman di dalam mobil selama perjalanan.

Heater

Heater juga termasuk salah satu fitur mobil yang jarang diketahui. Fitur yang satu ini berfungsi sebagai pengatur suhu ruangan.

Dalam hal ini, fitur Heater akan berperan penting untuk memanaskan ruang kabin ketika cuacanya tengah dingin. Dengan demikian, suasana di dalam mobil bisa selalu terasa nyaman.

ISOFIX

Fitur ISOFIX ini sangat membantu anda yang bepergian bersama anak. Fitur keselamatan ini bisa anda temukan secara mudah di bagian bawah sandaran jok penumpang baris kedua.

ISOFIX ini berperan penting dalam mengaitkan car seat. Selain itu, fitur ini juga berfungsi untuk mencegah anak dari cedera fatal apabila terjadi kecelakaan.

Penggunaan fitur ISOFIX sangatlah dianjurkan karena postur tubuh anak yang memang belum sesuai jika menggunakan sabuk pengaman mobil.

Day and Night View Mirror

Fitur mobil yang jarang diketahui ini tersemat di bagian kaca spion, tepatnya di dalam kabin depan. Fitur Day and Night View Mirror sendiri juga dikenal dengan anti silau.

Day and Night View Mirror berfungsi untuk melihat view belakang mobil. Jika di siang hari, Day and Night View Mirror akan menampilkan view belakang yang sebenarnya.

Lain halnya jika diaktifkan di malam hari. Fitur ini mampu membuat cahaya lampu dari kendaraan di belakang mobil menjadi lebih redup. Dengan begitu, pengemudi tak akan silau sehingga tetap fokus dalam berkendara.

Android-Auto

Android-Auto atau Apple CarPlay adalah salah satu fitur infotainment yang tersedia di mobil mewah saat ini. Fitur ini jarang digunakan lantaran orang Indonesia lebih memilih mendengarkan lagu atau radio selama perjalanan.

Meski hanya tersedia di mobil mewah, mungkin saja fitur ini juga akan dihadirkan pada tipe mobil lainnya seiring berjalannya waktu.

Pemutar CD

Fitur mobil yang jarang diketahui ini pernah eksis di zamannya. Pemutar CD menggantikan fitur kaset yang ada di audio head unit. Namun seiring perkembangan teknologi, popularitas fitur ini mulai menurun.

Pengemudi lebih suka menghubungkan audio head unit dengan smartphone lewat koneksi USB, bluetooth, atau AUX. Tak heran jika ada sebagian pengguna yang kurang menyadari keberadaan Pemutar CD.

Posisi Dongkrak

Perlu untuk anda ketahui, posisi dongkrak pada Toyota Calya sangat berbeda dengan mobil lainnya. Jika pada umumnya dongkrak ada di bagian belakang mobil ataupun bagasi, namun pada Calya justru di bawah jok penumpang depan.

Posisi dongkrak ini cukup tersembunyi. Meski begitu, pemilik mobil bisa dengan mudah mengambilnya. Pengguna hanya perlu memajukan jok penumpang depan dan tarik bagian samping dongkrak.

Tripmeter pada MID

Fitur mobil yang jarang diketahui dan disadari keberadaannya yaitu Tripmeter pada MID. Fitur yang satu ini memiliki fungsi sama seperti odometer.

Dimana Tripmeter pada MID ini juga berperan penting dalam mengukur jarak tempuh. Hanya saja, Tripmeter bisa direset secara mudah.

Dengan begitu, pengguna mobil dapat mengukur jarak yang telah ditempuhnya dalam satu perjalanan. Tak heran jika fitur ini terkesan lebih efisien dan praktis.

Perlu untuk anda ketahui juga bahwa fungsi Tripmeter bukan hanya itu saja. Fitur mobil yang jarang diketahui ini ternyata juga mampu mengukur pemakaian bahan bakar dengan menerapkan sistem full to full. (R10/HR-Online)