Sabtu, Juli 2, 2022
BerandaBerita CiamisForum Umat Islam Ciamis Kutuk Kebiadaban China Terhadap Muslim Uighur

Forum Umat Islam Ciamis Kutuk Kebiadaban China Terhadap Muslim Uighur

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Ratusan massa yang tergabung dalam Forum Umat Islam Ciamis Peduli Muslim Uighur, menggelar aksi damai dan doa bersama, di Alun-alun Ciamis, Jumat (3/1/2020).

Mereka mengutuk keras kebiadaban pemerintah China terhadap muslim Uighur di Xinjiang, Tiongkok.

Massa aksi dari beberapa pondok pesantren, organisasi islam, organisasi masyarakat dan organisasi mahasiswa, memadati Alun-alun Ciamis sekitar pukul 13.00 WIB.  Aksi massa tersebut dijaga ketat pihak Kepolisian, TNI dan Satuan Polisi Pamong Praja.

Kendati sempat diguyur hujan, namun tidak menyurutkan semangat massa untuk menggelar aksi solidaritas tersebut. Massa yang hadir kemudian berkumpul di tengah Alun-alun Ciamis, sambil membawa atribut bendera dan beberapa tulisan tentang kecaman terhadap aksi biadab China terhadap muslim Uighur.

Kemudian, satu persatu perwakilan massa, melakukan orasi bebas di mobil bak terbuka yang dipasangi pengeras suara.

Pembina Forum Umat Islam Ciamis Peduli Uighur Nonop Hanapi menyebut, aksi ini sebagai sebuah  bentuk solidaritas umat muslim Ciamis terhadap muslim Uighur, yang saat ini sedang didzolimi oleh pemerintah China, karena kebijakan penghapusan etnis muslim di Uighur. Kebijakan tersebut dianggap tidak manusiawi dan mengindahkan Hak Asasi Manusia (HAM).

“Kami sesama ummat islam tentu merasa tersakiti dengan perlakukan China terhadap muslim Uighur. Kami mengutuk keras kedzoliman China dan meminta Pemerintah Indonesia untuk melakukan lobi Internasional dan hubungan diplomatik, agar muslim Uighur tetap mendapatkan Hak Asasi Manusia (HAM),” tegasnya.

Nonop mengatakan, meski aksi ini kecil, tapi Indonesia merupakan negara dengan umat muslim terbesar di dunia. “Tentu kita harus bereaksi ketika sesama umat muslim kita ada yang terdzolimi,” jelasnya.

Selain menggelar doa bersama untuk muslim Uighur, dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan penggalangan dana yang nantinya akan didonasikan langsung kepada perwakilan Uighur di jakarta. (Fahmi2/R8/HR Online)

- Advertisment -