Gejala Penyakit Ketosis, Kenali Macamnya!

Seorang wanita sedang menghirup bau nafas akibat penyakit ketosis

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com).- Gejala penyakit ketosis, kenali macamnya! Ketosis merupakan kondisi dimana tubuh, tepatnya liver, tidak mampu memproduksi keton sebagai energi guna disalurkan pada seluruh bagian tubuh.

Orang yang memilki penyakit ini biasanya ia tidak memiliki cadangan karbohidrat dalam tubuh yang akan dibakar. Sehingga sebagai pengganti, tubuh akan membakar sebagian lemak yang dimiliki.

Gejala Penyakit Ketosis

Nafsu Makan Menurun

Gejala penyakit ketosis yang dapat Anda waspadai adalah biasanya akan mengalami penurunan nafsu makan.

Mengapa demikian? Sebab, bakteri di dalam usus akan berubah. Ini bisa disebabkan akibat keton yang mempengaruhi hipotalamus di dalam otak.

Sehingga, membuat hormon terlepas yang akan membuat Anda mengalami lapar dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, banyak orang yang mengalami hal tersebut.

Bau Nafas Tak Segar

Gejala penyakit ketosis selanjutnya yang perlu Anda ketahui yaitu, penderita biasanya akan mengalami bau mulut yang tidak sedap seperti biasanya.

Sebab, tubuh akan memecahkan beberapa lemak dan protein kemudian dibakar. Sehingga bau akan naik dan tidak menyenangkan.

Oleh sebab itu, Anda harus tetap bisa menjaga kesehatan tubuh, yaitu dengan cara mengonsumsi makanan, seperti halnya sayuran dan buah-buahan.

Badan Mulai Terasa Kram

Orang yang akan terserang penyakit ketosis biasanya akan mengalami gejala, seperti halnya beberapa bagian tubuh mengalami kram.

Sebab, tubuh sedang terjadi penurunan karbohidrat atau bisa keseimbangan elektrolit dan mineral dalam tubuh mengalami penurunan.

Oleh karena itu, otot-otot akan mengalami kram. Sehingga Anda harus tetap menjaga kesehatan tubuh dengan mengkonsumsi makanan berkarbohidrat.

Tubuh Akan Terasa Lelah

Selanjutnya gelaja penyakit ketosis yang akan dialami salah satunya adalah tubuh Anda akan terasa lemah dan lelah karena karbohidrat yang akan dibakar didalam tubuh tidak ada.

Sebagai pengganti, maka tubuh akan membakar seluruh energi yang dimilikinya, dan tubuh akan mudah terasa lelah.

Masalah Pencernaan

Selain kram dan mudah terasa lelah, tubuh juga akan mulai mengalami permasalahan pada bagian pencernaan. Sepertihalnya sembelit, diare hingga muntaber. Jika tidak segera diobati, akan semakin parah dan berakibat fatal pada kesehatan.

Tekanan Darah Tinggi

Gejala penyakit ketosis yang paling mudah Anda temui adalah peningkatan darah yang akan membuat tubuh terasa lemas, pusing dan mual.

Sebab, energi di dalam tubuh tidak ada dan terkuras sebagai pengganti karbohidrat. Oleh karena itu darah yang seharusnya mengalir dengan baik akan mengalami kenaikan.

Itulah gejala penyakit ketosis. Untuk menghindarinya, baiknya jika Anda tetap menjaga kesehatan dengan cara olahraga menjaga asupan gizi. (Deni/R4/HR-Online)

Loading...