Gejala Penyakit Liver ini Penting Kamu Ketahui!

Gejala Penyakit Liver ini Penting Kamu Ketahui!

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com).- Gejala Penyakit Liver ini Penting Kamu Ketahui! Liver atau hati adalah organ terbesar kedua yang ada dalam tubuh manusia.

Fungsi liver sendiri adalah sebagai penetralisir racun, membantu mencerna lemak dalam tubuh, hingga mengatur komposisi darah. Inilah mengapa sangat penting menjaga kesehatan liver.

Namun sebagai wawasan tambahan, mengetahui gejala penyakit ini juga perlu sehingga anda bisa meningkatkan kewaspadaan.

Gejala Penyakit Liver

Pembengkakan dan Berat Badan Naik Drastis

Salah satu gejala nyata yang dapat dilihat oleh orang lain apabila livernya bermasalah adalah adanya pembengkakan pada beberapa bagian tubuh.

Biasanya terjadi pada bagian perut dan juga kaki. Hal ini terjadi karena adanya tumpukan air sehingga tampak membesar.

Disaat yang bersamaan, Anda mengalami kenaikan berat badan yang bisa dikatakan ‘mencurigakan’.

Kenaikan berat badan ini disebabkan karena kinerja hati yang tidak lagi optimal, sehingga seluruh kerja dalam tubuh jadi terhambat.

Mulai dari kemampuan mengurangi lemak dan juga kalori, sampai dengan mengatur glukosa darah jadi tidak semaksimal seharusnya.

Nah, karena sistem kerja tubuh yang tidak baik-baik saja, kemudian menyebabkan sulit untuk menurunkan berat badan.

Kondisi ini menyebabkan kegemukan dan berbahaya untuk kerapatan tulang.

Buntut dari kegemukan yang disebabkan karena lemak tidak bisa tercerna dengan baik oleh liver ini menyebabkan munculnya benjolan lemak pada bawah kulit.

Kulit Gatal

Gejala penyakit liver selanjutnya ada kulit gata. Anda sering mengalami gatal yang tidak disebabkan karena digigit nyamuk atau tergores benda bertekstur. Dan semakin digaruk justru semakin gatal?

Sebaiknya, segera datang ke dokter untuk melakukan pemeriksaan. Karena kulit yang terasa gatal bisa menjadi gejala penyakit liver yang sebaiknya diwaspadai.

Kulit dan Warna Mata Berubah Kuning

Gejala penyakit liver lainnya adalah perubahan warna pada kulit dan mata. Jika Anda sudah mulai merasakan adanya pembengkakan pada perut dan kaki, kemudian kulit gatal di hampir seluruh badan, coba lebih memperhatikan bagian kulit dan mata bagian putih Anda.

Jika yang dulunya mata Anda berwarna putih bersih, kemudian berangsur kuning dan hal yang sama terjadi pada kulit, sebaiknya Anda berhati-hati, atau segera cek kesehatan di rumah sakit terdekat!

Hal ini karena adanya bilirubin atau zat kuning yang mengendap dalam tubuh yang sulit dicerna oleh liver, karena kerjanya yang tidak lagi optimal.

Mereka yang menderita hepatitis, alcoholic, sampai penderita kanker liver, akan mengalami kuning di mata dan kulit. Selain itu, biasanya warna air kencing dan tinja berubah jadi lebih gelap.

Mudah Memar

Karena liver atau hati mengalami kerusakan, dimana tidak lagi bisa atau lambat dalam memproduksi sel yang membentuk pembekuan darah, gejala yang akan timbul kemudian adalah mudah memar dan berdarah.

Demikianlah hal-hal umum dari gejala penyakit liver yang perlu diwaspadai. Walau begitu, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui penyakit yang diderita secara lebih jelas. (Deni/R4/HR-Online)

Loading...