Sabtu, Mei 28, 2022
BerandaBerita PangandaranGua Donan Pangandaran Perlu Dibangkitkan Lagi

Gua Donan Pangandaran Perlu Dibangkitkan Lagi

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Gua Donan Pangandaran yang berada di Desa Tunggilis, Kecamatan Kalipucang, pernah menjadi salah satu tujuan favorit pengunjung saat ke Pangandaran. Menariknya, setiap minggu kerap diputarkan film di lokasi gua.

Meski dulu pernah berjaya, namun kondisi Gua Donan mulai sepi peminat setelah terjadinya longsor pada Agustus 2014 silam hingga saat ini.

Kepala Desa Tunggilis, Ilan Gumilar, mengatakan, sejak peristiwa itu Gua Donan belum mendapatkan sentuhan pembangunan yang serius dari pemerintah. Bahkan pernah diajukan ke Pemrpov Jabar, namun hasilnya ditolak.

“Padahal sudah ada DED-nya. Padahal kalau dibangun lagi, saya yakin bisa membangkitkan perekonomian warga sekitar, bahkan bisa menambah PAD,” kata Ilan kepada Koran HR, Senin (27/1/2020).

Ilan mengaku miris saat libur panjang sejumlah obyek wisata di Pangandaran, baik yang dikelola maupun yang tidak dikelola oleh pemerintah, mendapatkan pundi-pundi rupiah dari hasil kunjungan wisatawan.

Sedangkan Gua Donan hanya dilewati begitu saja. Padahal, dari pengelola yang notabene dari pihak desa melalui Karangtaruna menggratiskan pengunjung. Namun tetap saja tidak ada pengunjung.

Menurut Ilan, berwisata ke Gua Donan bisa menjadi alternatif wisata edukasi, apalagi di dalam gua tersebut terdapat batu alam stalagnit dan stalakmit.

Bahkan, gua ini memiliki kaitan erat dengan sejarah Kerajaan Kacirebonan, sehingga seringkali gua ini didatangi keturunan Raja Cirebon, terutama di waktu-waktu khusus.

“Dulu ada Mahasiswa dari Unpad sempat meneliti Gua Donan. Hasilnya menyebutkan gua ini aman dan layak. Kami sudah mengajukan di Musrenbang, mudah-mudahan ke depan bisa direalisasikan,” pungkasnya.

Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran, Untung Saeful, mengatakan, pihakny masih fokus terhadap obyek wisata yang dikelola oleh pemerintah. Kendati demikian, tidak menutup kemungkinan juga untuk menata seperti Gua Donan.

“Kita ingin duduk bersama dulu membahas pariwisata Pangandaran ke depan. Apalagi target PAD tahun ini mencapai Rp 30 miliar. Sehingga kita harus bekerja maksimal menata obyek wisata yang ada,” katanya.

Untung berharap, Gua Donan ke depan bisa ditata lagi agar pengunjung tertarik lagi mendatangi gua yang berada di samping jalan nasional itu.

“Jika kemasannya Gua Donan Pangandaran bagus, servisnya ok, iklan di medsos rajin, maka secara otomatis wisatawan pun akan tertarik dan berkunjung,” pungkasnya. (Entang/Koran HR)

- Advertisment -