Gusi Bengkak Bernanah? Segera Atasi dengan Cara Ini Sebelum Terlambat!

gusi bengkak bernanah
Ilustrasi gusi bengkak bernanah. Foto: Istimewa

Jika mengalami sakit gusi bengkak bernanah sebaiknya segera tangani dengan baik. Sebab, gangguan gusi bengkak ini bisa menimbulkan komplikasi yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Terlebih dapat menimbulkan bau mulut dan tentu kurang baik saat berkomunikasi dengan orang lain.

Rasa sakit yang timbul pada area mulut seringkali sangat mengganggu. Mungkin gambarannya seperti lagunya Meggi Z yang sangat terkenal. “Lebih baik sakit hati dari pada sakit gigi ini…”.

Namun sakit gusi berbeda dengan sakit gigi meski banyak orang yang sulit membedakannya. Jika sakit gigi menyerang bagian gigi, maka sakit gusi menyerang bagian gusi dimana akar gigi bersarang.

Gusi bengkak sebenarnya merupakan penyakit yang telah berada pada tahap lanjut atau terlambat ditangani. Kondisi ini perlu segera ditangani dan diwaspadai terutama komplikasi yang ditimbulkan akibat gusi bengkak bernanah.

Beberapa penelitian menemukan kaitan antara infeksi yang terjadi pada gusi dengan beberapa penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung dan diabetes. Bisa juga sakit gusi yang terjadi merupakan pertanda adanya gangguan jantung dan gula darah.

Karena itu jika Anda mengalami infeksi gusi bengkak segera lacak riwayat penyakit jantung dalam keluarga Anda. Begitu juga dengan penyakit diabetes yang merupakan penyakit turunan sebaiknya juga diwaspadai.

Kenali Penyebab Gusi Bengkak Bernanah

Mengenal penyebab gusi bengkak bernanah merupakan langkah penting agar penanganan yang dilakukan bisa tepat dan efektif. Secara umum gangguan gusi ini disebabkan adanya infeksi yang terjadi pada akar gigi.

Infeksi pada gusi atau abses ini akan menimbulkan pembengkakan. Jika diraba dengan tangan, bengkak ini akan terasa menonjol yang biasanya berwarna merah karena radang. Saat ditekan juga akan terasa sakit.

Infeksi gusi pada tahap awal ini perlu segera ditangani. Sebab jika tidak atau terlambat penanganannya, maka pembengkakan bisa merembet hingga ke wajah. Bahkan pengobatan yang terlambat dilakukan bisa berkembang menjadi berdarah atau bernanah.

Jika infeksi gusi berlanjut menjadi gusi bengkak bernanah maka akan muncul  kantung yang terdapat di sela antara gusi dan gigi. Dalam kantung inilah bakteri penyebab infeksi menumpuk. Dari kantung ini pula akan keluar nanah.

Gejala yang menyertainya biasanya berupa timbulnya bau tak sedap dari dalam mulut, khususnya saat berbincang dengan orang lain.

Terbentuknya kantung ini juga akan menggerogoti bagian di sekitarnya. Hal inilah yang kemudian akan menyebabkan tulang ikat pada gusi maupun tulang gigi akan rusak. Gigi pun akan lepas dan tanggal dengan sendirinya.

Cara Mengatasi Gusi Bengkak Bernanah Secara Alami

Untuk mencegah dan menghindari terjadinya komplikasi yang berbahaya, maka sangat penting memberikan pengobatan dengan segera saat gusi mulai sakit. Serangan terhadap akar gigi yang terdapat dalam gusi harus segera ditangani.

Sebab, bakteri yang bersarang dalam gusi yang tidak segera ditangani bisa masuk ke dalam pembuluh darah maupun sel pembeku darah. Komplikasi inilah yang akan menyebabkan penyumbatan jantung yang berbahaya.

Nah, berikut ini beberapa cara mengatasi gusi bengkak bernanah secara alami yang bisa Anda lakukan. Langkah ini berupa penanganan darurat sebelum Anda memeriksakannya ke dokter gigi.

Berkumur dengan Campuran Air Hangat dan Garam

Jika gusi terasa nyeri segera lakukan berkumur dengan campuran air hangat dan garam. Lakukan langkah ini beberapa kali dalam sehari utamanya setelah makan sesuatu. Saat berkumur diamkan air garam dalam mulut beberapa saat.

Saat Berkunyah Gunakan Bagian Gigi Lain

Untuk mengurangi nyeri, gunakan bagian gigi lainnya untuk mengunyah makanan. Hal ini juga untuk mencegah kondisi semakin parah.

Minum Obat Pereda Nyeri

Jika timbul rasa nyeri dan sakit yang sangat akibat pembengkakan gusi, sebaiknya Anda mencari dan meminum obat gusi bengkak bernanah di apotik. Obat ini bisa meredakan nyeri yang dialami.

Periksakan ke dokter

Jika infeksi gusi bengkak yang Anda alami diikuti dengan keluarnya nanah atau bau mulut tak sedap, segera periksakan ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat dan mencegah komplikasi.

Itulah penyebab dan gejala gusi bengkak bernanah yang sebaiknya dikenali dengan baik. Penanganan yang cepat dan tepat sangat penting untuk mencegah komplikasi yang bisa berbahaya. (R9/HR-Online)

Loading...