Head Unit Berbasis Android, Fitur Hiburan Mobil Terbaru

Head Unit Berbasis Android
Fitur Head Unit Berbasis Android. Foto: Istimewa

Kemunculan head unit berbasis Android merupakan salah satu bukti bahwa teknologi di era ini semakin canggih. Jajaran fitur hiburan kini mulai bertambah lagi.

Tak jarang orang menggunakan peranti audio video ini pada mobil-mobil mereka. Saking banyaknya pengguna, beberapa pabrikan otomotif turut menambahkan fitur ini pada produk mobil untuk ditawarkan.

Salah satu perusahaan yang sudah mengembangkan fitur ini adalah PT Kramat Motor.  Head unit Mobiltech Customized MM 8803 MX Android 10.1 inch merupakan produk andalannya yang kini tengah digandrungi para pengendara mobil.

Sejatinya, fitur ini dibuat untuk menambah kenyamanan dan kemudahan dalam berkendara. Mungkin sebagian orang menanyakan, mengapa fitur ini dibuat sedemikian rupa.

Alasan Head Unit Berbasis Android Digunakan

Seperti yang kita ketahui bersama, saat mengendarai mobil, baik itu jarak dekat maupun jarak jauh, tak pernah luput dari rasa bosan. Demi kesan berkendara yang nyaman, mencari hiburan merupakan solusi terbaik.

Pada dasarnya setiap mobil sudah dilengkapi dengan head unit bawaannya sendiri. Namun, sistem yang ditawarkan belumlah mampu memenuhi keinginan penggunanya.

Baca juga: Fitur Mobil yang Jarang Diketahui, Sering Nganggur Padahal Canggih

Inilah alasan utama membuat head unit yang berbasis Android mulai digunakan oleh sejumlah pengguna mobil, terutama kalangan anak muda.

Cara kerja head unit ini pun terbilang mudah karena dipasangkan secara langsung dengan sistem operasi berbasis Android. Sehingga, perangkat ini telah menjadi fitur hiburan layar sentuh model terkini.

Keunggulan

Alasan penggunaan head unit yang berbasis Android ini diperkuat dengan segala keunggulan yang dimilikinya. Kelebihan yang disematkan akan memberikan keuntungan tersendiri bagi para penggunanya.

Sebelum adanya pengembangan semacam ini, head unit berfungsi sebagai komponen infotainment yang memberikan kemudahan dalam mendapatkan berbagai informasi dan hiburan.

Praktis

Karena telah mendapatkan pembaharuan, kedua fungsi tersebut kini lebih ditingkatkan. Seperti yang kita tahu, melalui Android segala macam informasi seperti GPS dan berbagai jenis hiburan kita dapatkan dengan mudah.

Semacam itulah, keunggulan yang ditawarkan head unit berbasis Android di mobil anda. Bagi siapa saja yang ingin mendapatkan fitur hiburan modern ini, bisa dijumpai di pasaran aftermarket spesial audio mobil.

Sistem Operasi Lengkap

Seperti yang telah diulas sebelumnya bahwa kemampuan head unit yang sistemnya Android ini, fungsinya tidak jauh berbeda dengan Android yang kita punya. Tidak hanya sekedar GPS maupun fitur hiburan saja.

Fitur-fitur yang dimiliki sudah disesuaikan dengan segala jenis aplikasi yang terdapat di smartphone. Sehingga anda dapat lebih leluasa dalam memilih sistem operasi apa yang ingin dijalankan.

Adanya head unit berbasis Android sama sekali tidak menghilangkan fungsi dari head unit bawaannya. Namun sebaliknya, justru fitur hiburan ini melengkapi tingkat penggunannya.

Baca juga: Fungsi Fitur Traction Control pada Mobil, Belum Banyak yang Tahu

Dilengkapi dengan sistem konektivitas internet yang lebih tinggi hampir setara dengan Android, mempermudah pencarian rute jalan yang diinginkan. Adanya kejadian salah jalan dapat diminimalisir.

Jika head unit bawaan dilengkapi dengan USB dan bluetooth. Lain lagi dengan head unit Android ini, karena memberikan sistem konektivitas semacam mirroring maupun internet hotspot.

Aktivitas berkendara anda dijamin lancar dengan kelengkapan fitur hiburan terbaru ini. Tidak hanya itu saja, perjalanan anda terasa lebih berkesan dan menyenangkan.

Penggunaan Head Unit Berbasis Android

Segala keunggulan dari head unit terbaru ini sudah anda jumpai. Tidak heran jika akan digunakan secara terus menerus.

Mengalami kerusakan mungkin saja terjadi. Untuk menghindarinya, maka dibutuhkan prosedur penggunaan yang tepat.

Agar head unit dengan berbasis Android di mobil anda dapat tahan lama, langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan menjaga sistem elektronik di perangkat head unit sendiri.

Baca juga: Fitur Defogger pada Mobil Punya Peran Penting Saat Hujan, Yuk Kenali Lebih Dekat

Caranya cukup mudah, sebelum anda mematikan mesin mobil, alangkah baiknya mematikan head unit terlebih dahulu. Tidak cukup hanya dengan cara itu saja.

Hal yang perlu dihindari oleh setiap pengguna adalah pemakaian CD yang rusak atau bajakan. Sebab, akan mengganggu bahkan merusak sistem kerja dari perangkat optik head unitnya.

Jika ingin head unit Android di mobil tetap awet, maka tidak ada salahnya kedua hal tersebut diperhatikan. Demi penggunaan yang lebih maksimal, patut rasanya jika head unit berbasis Android yang anda miliki dirawat dengan baik. (R10/HR-Online)

Loading...