Hewan dengan Kecerdasan Tinggi Selain Primata, Tak Bisa Diremehkan

Hewan Dengan Kecerdasan Tinggi
Ilustrasi Hewan dengan Kecerdasan Tinggi

Selama ini kita tahu bahwa predikat hewan dengan kecerdasan tinggi disandang oleh primata, seperti gorila atau simpanse. Apa alasannya? Hal ini dikarenakan kelompok hewan primata tersebut memiliki DNA yang mirip manusia.

Namun tahukah anda bahwa ternyata bukan hanya hewan primata saja yang dikenal cerdas. Masih ada beberapa jenis hewan lainnya yang tak kalah pintar dan penting untuk diketahui.

Hewan Dengan Kecerdasan Tinggi

Jika anda sudah tak sabar lagi ingin mengetahui apa saja hewan yang memiliki kecerdasan lebih selain primata, anda simak saja ulasan berikut.

Lumba-lumba

Lumba-lumba termasuk salah satu hewan yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata. Hal ini dikarenakan lumba-lumba mempunyai kapasitas otak yang besar.

Fakta ini terungkap melalui penelitian yang tertulis dalam Sciencemag.org. Bahkan tak berhenti di situ saja, lumba-lumba juga diketahui mempunyai neokorteks kompleks.

Berkat neokorteks kompleks tersebut, lumba-lumba mampu memecahkan masalah secara mandiri dengan baik. Selain itu, lumba-lumba juga bisa mengendalikan dirinya layaknya manusia.

Gajah

Selain lumba-lumba, gajah juga termasuk hewan dengan kecerdasan tinggi. Hal ini pun sudah diyakini sejak lama dan tak perlu dipertanyakan lagi.

Mengenai buktinya, kepintaran gajah bisa diketahui dari hasil pengamatan di alam liar. Anda bisa mencermati bagaimana cara gajah mengusir lalat yang mengganggunya.

Gajah usir lalat dengan memanfaatkan kayu atau daun lebar yang kemudian dikibaskan ke tubuhnya. Cara ini tentunya tak bisa anda temukan pada tingkah laku hewan lainnya.

Semakin tak bisa diremehkan karena gajah ternyata juga memiliki daya ingat yang kuat. Gajah dapat mengingat setiap jalan yang dilaluinya.

Gagak

Perlu untuk anda ketahui bahwa ada beberapa jenis burung yang ternyata memiliki kecerdasan lebih. Adapun salah satunya adalah gagak.

Bahkan sesuai dengan penjelasan ilmuwan, kecerdasan yang dimiliki gagak sebanding dengan anak yang usianya 7 tahun.

Dengan tingkat kecerdasan yang tinggi, gagak mampu mengenali wajah manusia dengan baik. Selain itu, hewan dengan kecerdasan tinggi ini juga mempunyai pola komunikasi yang rumit saat berinteraksi dengan gagak lain.

Sama dengan manusia, gagak juga senantiasa memikirkan masa depan dan mampu menyelesaikan masalah dengan baik.

Kepintaran gagak juga bisa terlihat dari caranya mendapatkan makanan. Diketahui bahwa gagak bisa mendapat makanan dengan memanfaatkan alat yang dirakitnya sendiri.

Serigala

Sebagaimana yang tertulis dalam laman sains Livescience.com, hewan yang satu ini terbukti lebih cerdas daripada anjing peliharaan.

Hewan dengan kecerdasan tinggi ini bisa melakukan tes logika dengan nilai yang lebih tinggi jika dibandingkan anjing. Kepintaran yang dimiliki serigala ini juga bisa diketahui ketika tengah berburu di alam liar.

Sebagai hewan sosial dengan kecerdasan lebih, serigala bisa melakukan strategi berburu yang sangat detail. Bahkan strateginya dianggap sebagai cara berburu hewan terbaik di dunia.

Beo

Selain gagak, beo juga termasuk jenis burung yang memiliki kecerdasan tinggi. Tentu bukan rahasia lagi jika burung beo bisa menirukan suara manusia dengan baik.

Kemampuan yang dimiliki oleh burung yang bisa berbicara ini tentu tak dapat ditemukan pada jenis hewan lainnya. Kemampuannya ini turut menambah daya tarik beo selain kecantikan penampilannya.

Selain memiliki kemampuan berbicara layaknya manusia, kecerdasan beo juga bisa anda ketahui dari daya ingatnya. Ingatan yang dimiliki beo sangatlah kuat dan tak bisa diremehkan.

Semakin istimewa karena jenis hewan dengan kecerdasan tinggi yang satu ini juga dapat memecahkan masalah yang terbilang kompleks dengan sangat baik.

Gurita

Kecerdasan yang dimiliki gurita benar-benar menakjubkan. Hewan tak bertulang belakang ini memiliki ukuran otak yang paling besar daripada hewan invertebrata lainnya.

Disamping itu, gurita memiliki banyak sel saraf di bagian lengan-lengan tentakelnya. Otak yang besar dan sel saraf tersebut mampu memudahkan gurita dalam segala hal, termasuk saat berburu.

Dalam mencari makan, gurita bisa mengembangkan teknik berburu dengan sangat cepat dan cerdik. Kian mengesankan karena gurita juga dapat memecahkan sejumlah masalah berkat kecerdasan yang dimilikinya.

Beberapa hewan dengan kecerdasan tinggi di atas memang menarik untuk diketahui. Kecerdasan yang dimilikinya terbukti mengagumkan dan tak bisa dianggap remeh. (R10/HR-Online)

Loading...