Hewan Langka di Asia ini Harus Dilindungi

Hewan Langka di Asia ini Harus Diilindungi

Berita Sains, (harapanrakyat.com).- Hewan langka di asia ini harus dilindungi! Terdapat beberapa hewan yang keberadaannya sangat dilindungi demi kelangsungan hidup dari hewan tersebut.

Hal ini bisa saja disebabkan oleh beberapa hal yang menyebabkan hewan tersebut harus dilindungi.

Sebab yang pertama adalah bisa jadi hewan tersebut telah langka dan hampir punah. Dan berikut ini lima daftar hewan nyaris punah di Asia yang wajib dilindungi;

Hewan Langka di Asia

Gajah Sumatera

Hewan langka pertama yang wajib untuk dilindungi adalah gajah Sumatera. Seperti namanya gajah yang satu ini berada di Indonesia, atau lebih tepatnya di pulau Sumatera.

Gajah Sumatera memang seharusnya dilindungi dan dikembangbiakkan karena populasinya telah menurun drastis.

Penyu Belimbing

Selanjutnya, penyu belimbing masuk ke dalam kategori hewan langka yang wajib untuk dilindungi. Penyu belimbing sendiri memang memiliki populasi di sekitar kawasan Asia.

Bentuk penyu belimbing sama jika dibandingkan jenis penyu yang lainnya. Terdapat sebuah penelitian bahwa penyu belimbing memang memiliki populasi yang terus menurun.

Pada tahun 2003 silam hingga sekarang, populasi penyu ini di Papua Barat terus menurun.

Harimau Siberia

Harimau Siberia merupakan salah satu harimau yang wajib untuk dilindungi karena populasinya yang tidak begitu banyak di kawasan Asia.

Harimau yang satu ini memang seringkali diburu sebagai bahan baku dalam pengobatan tradisional di kawasan Cina.

Bahkan berkurangnya lahan hutan karena pembakaran membuat populasi harimau Siberia terus menurun dan hidupnya berada di alam liar.

Orangutan Sumatera

Tidak mengherankan lagi jika hewan yang satu ini telah dikategorikan sebagai hewan langka yang ada di Asia.

Orangutan Sumatera memang memiliki populasi yang terus menurun karena adanya pemburuan liar.

Bahkan dapat diperkirakan populasi dari orangutan tidak lebih dari 7.000 di alam liar. Menurunnya populasi dari orangutan Sumatera ini juga disebabkan karena kebakaran hutan.

Lumba-Lumba Tidak Bersirip

Di kawasan Asia terdapat sebuah hewan lumba-lumba tidak bersirip. Lubma-lumba ini lebih dikenal sebagai julukan panda air raksasa.

Jenis makhluk yang satu ini memang dapat digolongkan sebagai hewan cerdas. Dan jenis lumba-lumba ini dapat ditemukan pada sungai terpanjang di Asia, yakni di sungai Yangtze.

Hewan langka yang satu ini kemungkinan besar hanya memiliki populasi sekitar 1000 lebih yang masih bertahan.

Semakin bertambahnya tahun, populasi hewan semakin menurun. Hal ini disebabkan karena bisa jadi campur tangan manusia ataupun memang faktor dari alam.

Itulah kenapa semua pihak wajib melindungi hewan hewan langka di Asia yang tidak lagi banyak ditemukan. (Deni/R4/HR-Online)

Loading...