Hewan Unik Zaman Dinosaurus yang Masih Ada Sampai Sekarang Apa Saja? Simak di Sini

Hewan Unik Zaman Dinosaurus
Salah satu Hewan Unik Zaman Dinosaurus yang hingga saat ini belum punah. Foto: Istimewa

Hewan unik zaman dinosaurus ternyata ada dan masih hidup sampai saat ini. Beberapa diantaranya memang tidak begitu terkenal namun sebagian orang mengetahuinya.

Seperti yang diketahui bahwa Dinosaurus memang ada. Kemudian sudah punah selama lebih 160 juta tahun yang lalu.

Namun siapa sangka jika ada beberapa hewan yang masih ada hingga saat ini. Hal ini memang menjadi objek penelitian setelah banyak ditemukan hewan langka.

Beberapa hewan tersebut terkadang tidak terlihat sebagai hewan langka. Bahkan hewan tersebut banyak dijumpai oleh beberapa orang.

Hewan Unik Zaman Dinosaurus yang Masih Bertahan

Seperti yang diketahui bahwa Dinosaurus punah akibat hujan asteroid yang sangat besar. Hal ini membuat spesies dinosaurus punah dan tidak tersisa satupun.

Namun ternyata ada beberapa hewan unik zaman Dinosaurus yang masih hidup. Bahkan hidup sampai saat ini.

Kurang lebih 65 juta tahun yang lalu Dinosaurus punah akibat asteroid. Namun ada beberapa hewan yang masih hidup dan bertahan hingga saat ini.

Asteroid tersebut tentunya berukuran besar hingga membuat kerusakan massal di Bumi. Siapa sangka jika ada beberapa hewan yang masih bertahan hingga saat ini.

Beberapa hewan tersebut memang pernah diteliti. Kemudian terbukti jika beberapa hewan tersebut pernah hidup di zaman dinosaurus.

Hewan unik zaman Dinosaurus selain bisa dijumpai oleh manusia. Salah satunya adalah Komodo.

Hewan ini juga merupakan reptil yang tersisa di zaman Dinosaurus. Meskipun begitu ada beberapa hewan lain yang pernah hidup pada zaman Dinosaurus.

Beberapa Hewan Unik Zaman Dinosaurus

Berikut ini beberapa hewan yang pernah hidup di zaman Dinosaurus dan masih hidup.

1. Kecoa

Hewan yang satu ini ternyata lebih tua daripada Dinosaurus. Kecoak yang dikenal sebagai hewan menjijikkan ternyata merupakan hewan unik.

Dominasi kecoa terdapat pada masa periode karbon. Periode tersebut berada pada waktu 360 juta tahun yang lalu.

Penelitian para ahli membuktikkan bahwa Kecoa memang hidup sebelum Dinosaurus. Bahkan Kecoa merupakan hewan yang menyambut kelahiran Dinosaurus pertama.

Spesies ini memang sangat unik karena mampu melewati periode Great Dying. Namun sebelumnya Kecoa berukuran lebih besar, kira-kira 2 kali ukuran sekarang.

2. Ketam Kapal Kuda

Hewan unik zaman Dinosaurus yang selanjutnya adalah Ketam Kapal Kuda. Hewan ini sering disebut sebagai fosil hidup.

Ketam Kapal Kuda memiliki ciri khas yang berbeda dengan hewan lain. Salah satunya adalah evolusi yang lebih lambat daripada hewan yang lain.

Meskipun begitu hewan ini menjadi spesies yang hidup lebih lama. Bahkan mampu bertahan dari Great Dying beberapa juta tahun yang lalu.

Keunikan lainnya adalah hewan ini memiliki darah yang berwarna biru. Hewan ini bisa ditemukan di berbagai daerah seluruh dunia.

3. Penyu Hijau

Hewan selanjutnya adalah Penyu Hijau. Hewan ini ternyata telah hidup sangat lama.

Hewan yang dikenal sebagai penyu hijau ini muncul pertama kali pada zaman Dinosaurus. Hewan ini juga bertahan dari kepunahan massal 65 juta tahun lalu.

Penyu Hijau ini juga memiliki kemampuan bertahan hidup yang luar biasa. Tidak heran jika penyu ini masih ada hingga saat ini dan termasuk salah satu hewan unik zaman dinosaurus.

Hewan ini berhasil selamat dan melakukan hibernasi ketika temperaturnya dingin. Kemudian akan kembali normal jika temperatur juga normal.

4. Platypus

Hewan ini juga memiliki beberapa keunikan. Diantaranya adalah mamalia yang bertelur.

Para ahli juga berpendapat bahwa mamalia bertelur ini telah hidup lama. Mulai dari zaman Dinosaurus.

Para ahli menyatakan bahwa hewan ini hidup sejak 122 tahun yang lalu. Ini membuktikkan bahwa Platypus pernah hidup pada zaman jurassic.

Hewan ini bisa ditemukan di Benua Australia. Lebih tepatnya adalah Australia dan Tasmania.

Hewan unik zaman Dinosaurus ini terkenal unik karena tergolong mamalia. Padahal cara berkembang biaknya adalah bertelur.

Inilah yang menjadi keunikan dari hewan ini. Namun tetap saja Platypus pernah hidup di antara para Dinosaurus.

Beberapa hewan di atas memang sangat unik. Bahkan bisa hidup sampai saat ini setelah melewati kepunahan massal.

Selain komodo dan beberapa hewan di atas ternyata Buaya juga terbilang unik. Buaya juga merupakan spesies yang hidup pada zaman jurassic.

Hewan unik zaman Dinosaurus memang cukup banyak dan unik. Bahkan sebagian dari spesies tersebut dilindungi karena tergolong langka. (R10/HR-Online)

Loading...