Honda Forza 250 Pesaing Yamaha XMAX, Berapa Harganya Saat Ini?

Honda Forza 250
Honda Forza 250 Pesaing Yamaha XMAX. Foto : Astra Honda

Honda Forza bisa menjadi alternatif bagi yang demen akan motor matic bermesin besar. Motor skutic Honda Forza ini dapat menjadi pengganti skuter mesin 250 cc, seperti Yamaha XMAX, SYM GTS 250i, atau Kymco Downtown 250i.

Skutic Forza besutan pabrikan otomotif dari Jepang ini, kali pertama diperkenalkan di Indonesia di ajang GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) pada bulan Agustus tahun 2018.

Saat itu Honda Forza ini harganya terbilang fantastis, dengan banderol Rp 76,5 jutaan. Bahkan lebih mahal dari pesaingnya yaitu Yamaha Xmax, yang ketika diluncurkan matic Honda ini dibanderol Rp 57,8 jutaan.

Bahkan untuk harganya sekarang ini di awal tahun 2020, motor matic Forza 250 cc ini naik. Mengutip dari oto.com, harganya mencapai RpĀ 83,31 jutaan.

Untuk mendatangkan skuter bongsor penantang Xmax besutan Yamaha ini, Astra Honda Motor sendiri mendatangkannya dari Thailand. Hal itulah yang menyebabkan harganya terus naik.

Meski bisa dikatakan menguras isi kantong, namun Honda Forza memiliki beberapa keunggulan ketimbang pesaing di kelasnya. Seperti dimensi yang lebih ringkas serta fitur lainnya. Bahkan motor ini lebih apple-to-apple apabila berhadapan dengan Yamaha XMAX.

Spesifikasi Honda Forza

Pada bagian dapur pacu, skutic besutan Honda ini memiliki kapasita smesin 249,01 cc. Untuk tenaganya sendiri motor matic bongsor ini sanggup bertenaga 23,52 PS / 7.500 rpm, serta torsi maksimum 24 Nm / 6.250 rpm.

Dengan tenaga sebesar itu, maka Honda Forza ini lebih unggul dari Yamaha XMax. Sebagai perbandingan, untuk XMax torsi maksimalnya 24,3 Nm / 5.500 rpm, dan menghasilkan tenaga 22,84 PS / 7.000 rpm.

Sementara tipe mesinnya memakai pendingin cairan, 4 langkah dan single cylinder, dengan rasio kompresi 10,2:1. Sedangkan tipe koplingnya Automatic Centrifugal Clutch Dry Type. Untuk transmisinya berjenis CVT

Bagian suplay bahan bakar menggunakan sistem Fuel Injection (PGM-FI), dengan tampungan dari tangkinya mencapai 11,5 liter. Sedangkan pesaignya Yamaha XMax sanggup 13 liter.

Honda Forza di bagian suspensi depannya menggunakan teleskopik, dan di belakang Swing arm dengan suspensi ganda. Untuk rem depan Hidrolis, single 256mm disc, sedangkan belakang Hidrolis, single 240mm disc, dengan sistem pengeraman ABS.

Di bagian ban depan berukuran 120/70-15M/C 56P, sementara belakang 140/70-14M/C 62P. Velg-nya sendiri berukuran R14 untuk belakang, dan depan R15, dengan jenis ban radial tubless.

Spesifikasi lainnya dari Honda Forza, sistem pengapian menggunakan baterai Full transistorized, dengan kapasitas 12 V – 8,6 Ah, dan bertipe MF-Wet.

Desain Honda Forza

Jika desain Yamaha XMax terlihat lebih sangar serta agresif dengan warna hitam yang dominan serta, maka untuk Forza ini kelihatan elegan namun sporty karena beberapa bodinya dibalut warna krom.

Sementara di bagian rangkanya, Forza memiliki dimensi 2142 x 754 x 1472 mm, atau lebih kecil dari XMax dengan dimensi 2185 untuk panjang, 775 lebarnya dan 1.465 tingginya.

Selain itu, untuk beratnya sampai 182 kilogram, atau lebih berat dari pesaingnya yaitu XMax dengan bobot 179 kilogram.

Sementara pada ketinggian jok-nya Honda Forza lebih rendah dari XMax, hanya 780 mm. Namun itu sangat pas buat konsumen Indonesia.

Pembeda lainnya dari bagian desain dengan XMax adalah di windshield-nya. Pada Forza dengan windshield berukuran 1510 mm ini dapat dikontrol menggunakan elektrik, yaitu dengan menekan tombol tombol di setang sebelah kiri. Sedangkan Yamaha XMAX mengaturnya harus dengan manual.

Di bagian pencahayaan, Honda Forza semuanya sudah dipasang lampu LED. Fitur lainnya, Smart Key System, teknologi keyless, electric power socket, dan lainnya. (Adi/R5/HR-Online)