HP Oppo F15 Baru Dirilis, Intip Harga dan Speknya di Sini

HP Oppo F15
HP Oppo F15 yang dirilis di India. Foto : Oppo India

HP Oppo F15 pertama kali meluncur di India pada awal tahun 2020 ini. Rencananya, Oppo F15 yang masih dalam varian seri F ini akan dirilis 24 Januari 2020 di India.

Jika melihat dari spesikasi serta desainnya, seri F15 ini hampir sama dengan HP Oppo A91 yang dirillis akhir tahun 2019 di negara asalnya, Tiongkok. Bisa jadi gadget ini adalah kembaran dari seri A91 namun di India berbeda namanya.

Adapun keunggulan dari HP Oppo F15 ini, apabila mereview dari namanya maka ponsel besutan vendor smartphone asal China ini, tetap mengandalkan kamera baik di depan atau belakang sebagai andalannya plus desainnya.

Mengutip dari GSM Arena, smartphone Oppo F15 yang debut di India ini dibekali dengan quad camera atau empat kamera di bagian belakang.

Kamera belakang smartphone Oppo F15. Foto : Oppo India

Konfigurasi empat kamera belakang yang tersusun secara vertikal memanjang ini, masing-masing 38 MP sebagai lensa utama dengan bukaan f/1.8 (wide). Kemudian lensa kedua 8 MP aperture f/2.3 (ultrawide).

Selanjutnya kamera berkekuatan 2 MP sebagai macro camera (B/W) yang memiliki bukaan f/2.4, serta terakhir beresolusi 2 MP (depth sensor) bukaan f/2.4.

Sementara kamera bagian depan yang juga merupakan salah satu keunggulan dari HP Oppo F15 ini, mempunyai kekuatan kameranya sebesar 16 MP. Tentunya dengan besaran kamera seperti itu bisa memuaskan pencinta selfie.

Selain memiliki fitur LED flash, HDR, dan panorama, ponsel pintar besutan Oppo ini juga mempunyai beberapa fitur andalan lainnya.

Diantaranya, fitur untuk mode rekam video yaitu AI Beautification, kemudian EIS atau Electronic Image Stabilization seperti yang ada di model HP Oppo Reno Series, dan fitur untuk portrait serta mode malam.

Hardware HP Oppo F15

Sementara di bagian hardware-nya, ponse pintar seri Oppo F15 ini ditenagai dengan chip dari Mediatek MT6771V Helio P70 (12nm), ber-CPU octa-core dan GPU Mali-G72 MP3.

Sedangkan pendukung performa, dibantu RAM berkapasitas 8 GB serta ditopang penyimpanan internal 128 GB. tersedia juga slot microSD yang bisa mencapai maksimal 256 GB.

Selain itu, HP Oppo F15 didukung daya baterai berkapasitas lumayan besar yaitu 4000 mAh. Plus dibekali juga pengisian cepat 20W (VOOC 3.0), yang bisa mengisi baterai 50 persen dalam waktu 30 menit saja.

Beralih ke bagian display, untuk layarnya ini memiliki ukuran yang lebar, yakni 6,4 inci. Sedangkan resolusi layarnya Full HD+ (1080 x 2400 piksel) dengan aspek rasio 20:9.

Bukan hanya itu, pada layar HP Oppo F15 ini pula diproteksi Corning Gorilla Glass 5, serta berpanel AMOLED.

Sedangkan di bagian depan layarnya, terdapat notch yang menyerupai tetesan air atau waterdrop. Pada notch ini menjadi rumah untuk kamera depan.

Smartphone terbaru Oppo ini memiliki ukuran dimensi secara keseluruhan yaitu 160.2 x 73.3 x 7.9 mm, dan beratnya hanya 172 gram saja.

Pada bagian depannya atau layar menggunakan bahan kaca yang sudah diproteksi Gorilla Glass 5. Sedangkan di belakang dan frame-nya menggunakan plastik.

Fitur HP Oppo F15

Tidak berbeda jauh dengan smartphone Oppo yang lain, untuk seri F15 ini juga bagian OS sudah berbasis Android 9 Pie, dan menjalankan antarmuka ColorOS 6.

Sedangkan di sektor keamanannya, HP Oppo F15 menggunakan sistem fingerprint (pemindai sidik jari) yang ditanam di dalam layarnya. Selain itu juga bisa memakai sensor optikal.

Selain itu, ada juga fitur Game Boost 2.0, untuk bermain game. Fitur ini bisa mengontrol performa ponsel sehinga menghasilkan kinerja yang lebih halus.

Adapun varian warna Oppo F15 yang diboyong ke India ini ada dua pilihan, antara lain Unicorn White dan Lightning Black.  

Sedangkan untuk harga jualnya, di India seri F15 dibanderol Rs 19,900 atau kurang lebih jika dikurs ke rupiah sebesar Rp 3,8 jutaan.

Namun, sampai saat ini pihak Oppo belum memastikan apakah HP Oppo F15 ini akan hadir di Indonesia atau tidak. Meski begitu, kehadiran seri ini bisa menjadi pesaing dari Samsung Galaxy A50s, Redmi Note 8 Pro dan juga Realme X2. (Adi/R5/HR-Online)

Loading...