HP Pertama di Dunia, Ternyata Begini Sejarahnya!

HP Pertama di Dunia, Begini Sejarahnya!

Berita Gadget, (harapanrakyat.com).- HP Pertama di Dunia, Begini Sejarahnya! Coba kembali Anda ingat-ingat, apa HP pertama yang Anda miliki? Sepertinya sudah lama sekali, bukan?

Ya, dulunya memang tidak semua orang merasa perlu memiliki alat komunikasi jarak jauh ini. Tapi semakin berkembangnya zaman, hp menjadi alat yang penting. Berikut ini merupakan 3 jenis HP Pertama di dunia dan sejarahnya.

HP Pertama di Dunia

Ponsel Genggam Pertama dari Motorola

Pada tahun 1973, diumumkan pertama kali adanya ponsel genggam yang diperlihatkan oleh John F. Mitchelldan Martin Cooper dari Motorola.

Ponsel tersebut memiliki berat 1,1 Kg dan ukuran pada 228.6x127x44.4mm. Perlu waktu 10 jam untuk mengisi daya baterainya. Dan ponsel ini bisa digunakan selama 30 menit saja.

Kemudian pada tahun 1983, ponsel ini dijual secara komersil pertamakalinya oleh DynaTAC 8000x. Dan sekarang, untuk memiliki ponsel ini, Anda perlu menyiapkan uang sebesar Rp. 50 jutaan.

Ponsel dengan Layar Sentuh Pertama di Dunia

Menurut Anda, apa merk ponsel pertama yang menerapkan keahlian layar sentuh pertama kali? Ternyata bukan Samsung maupun iPhone.

Pada tahun 1994, pertama kali dipamerkan ponsel dengan layar sentuh pertama kali oleh IBM Simon Personal Communicator.

IBM Simon Personal Communicator adalah PDA (Personal Data Assistant) layar sentuh genggam yang dirancang oleh International Business Machines dan diproduksi oleh Mitsubishi Electric, BellSouth Cellular Corp.

Simon ditetapkan menjadi hp pertama di dunia dengan menggunakan fitur layar sentuh monokrom dengan ukuran 4,5 inci.

Tidak hanya sebagai ponsel layar sentuh pertama, tapi Simon juga sudah dibekali dengan fitur tambahan seperti kalkulator, buku alamat, world clock, games, dan lain sebagainya.

Nah, pada tahun ponsel ini resmi diluncurkan, harga jual dari ponsel ini mencapai 899 dolar AS atau saat ini diperkirakan memiliki harga 1.435 dolar AS.

Ponsel Dual SIM Pertama (GSM/CDMA)

Nokia 6650 pertama kali diluncurkan pada 2002 dan menjadi ponsel yang mendukung jaringan internet 3G dan dengan dua mode yaitu (GSM/WCDMA). Nokia 6650 ini juga merupakan ponsel dengan tolak ukur teknologi wireless.

Canggihnya lagi, pada ponsel keluaran Nokia ini sudah dilengkapi dengan kamera VGA, koneksi bluetooth, layar berwarna, dan WAP.

Walaupun sudah termasuk dalam ponsel ‘jadul’, Nokia 6650 ini masih banyak diburu orang-orang yang ingin memiliki koleksi barang elektronik.

Khususnya bagi mereka para kolektor ponsel. Ponsel yang termasuk dalam hp nokia terlaris itu saat ini dijual dengan harga berkisar Rp 1.000.000an.

Walau kini sudah tidak banyak digunakan dan tertutupi oleh smartphone keluaran terbaru dari berbagai merk, tiga ponsel tersebut tetap memiliki pengaruh besar terhadap perkembangan zaman.

Berbicara sejarah 3 tipe hp pertama di dunia ini sungguh menyenangkan dan tidak ada habisnya. Apakah Anda pernah menggunakan salah satunya? (Deni/R4/HR-Online)

Loading...