HP Samsung Galaxy A10 vs Vivo Y12, Harga Sama Namun Mana yang Lebih Unggul

HP Samsung Galaxy A10 vs Vivo Y12
HP Samsung Galaxy A10 vs Vivo Y12. Foto : istimewa

HP Samsung Galaxy A10 dan Vivo Y12 sama-sama dibenderol dengan harga di bawah Rp 2 jutaan. Meski begitu, baik itu smartphone Samsung Galaxy A10 maupun HP Vivo Y12 memiliki spek serta fitur yang berbeda.

Untuk Samsung Galaxy A10 sendiri pertama kali diperkenalkan di publik pada bulan Maret 2019. Sedangkan masuk ke pasar Indonesia pada April 2019.

Sementara Vivo Y12 dirilis secara global Juni 2019 dan dipasarkan ke Tanah Air pada bulan berikutnya.

Sedangkan dari sisi harganya, baik itu HP Samsung Galaxy A10 maupun Vivo Y12, sekarang ini sama-sama dijual dengan banderol Rp 1,6 jutaan.  

Sebagai bahan informasi bahwa dari laporan Canalys (analisis marketing HP), bahwa di kuartal kedua tahun 2019, Samsung Galaxy A10 merupakan salahsatu ponsel yang terlaris di Asia Tenggara, bahkan di Indonesia.

Di Q2 2019 tersebut, ponsel besutan vendor asal Korea Selatan ini terjual sebanyak 2,2 juta unit, bahkan bisa mengalahkan gempuran vendor China baik itu Oppo, Xiaomi bahkan Vivo.

Begitu juga smartphone besutan Vivo yakni seri Y12, yang bisa dikatakan laris serta terbaik di Indonesia. Hal itu dikarenakan HP asal China ini dibekali dengan spek yang menggoda meski harganya ramah di kantong.

Baik itu HP Samsung Galaxy A10 ataupun Vivo Y12 ternyata sama-sama mengincar pangsa pasar kalangan generasi milenial, yang demen bermedia sosial serta aktif  online.

Sehingga tidak heran jika kedatangan dua smartphone tersebut sangat disambut oleh konsumen Indonesia, yang tentunya anak muda serta kalangan usia lainnya.

Lantas apa yang membedakan dari kedua ponsel pintar yang memiliki harga sama tersebut? Berikut ini ulasannya yang HR Online rangkum dari berbagai sumber.

HP Samsung Galaxy A10 vs Vivo Y12

Layar atau Display

Layar pada Samsung Galaxy A10 memiliki ukuran 6,2 inci dengan model Infinity-V. Untuk resolusinya mencapai 720 x 1520 (HD+), dan aspek rasio layarnya 19:9.

Meski berpanel IPS namun layar pada HP Samsung Galaxy A10 lumayan jernih dan tajam. Terdapat juga notch mungil untuk menyimpan kamera depan dengan bentuk ā€œVā€, sehingga layarnya ini disebut Infinity-V.

Bagaimana dengan Vivo Y12? Layarnya ini berukuran lebih lebar yakni 6,38 inci dan aspek rasionya 19,3:9 dengan kelihatan memanjang. Sementara resolusi layarnya 720 x 1544 piksel.

Jika HP Samsung Galaxy A10 dengan nama Infinity-V, maka untuk Vivo Y12 disebut sebagai Ultra All Screen Display. Hal itu dikarenakan bezzel yang tipis sehingga membuat layar menjadi lebih lebar.

Performa

Sementara untuk urusan performa, Samsung Galaxy A10 memakai otak Exynos 7884 besutan Samsung, dengan prosesor Quad-Core berkecepatan 1.35GHz dan 1.6GHz, serta ditopang GPU Mali-G71 MP2.

Performa HP Samsung Galaxy A10 ini dibantu dengan RAM berkapasitas 2 GB, yang disandingkan dengan penyimpanan internal 32 GB.

Sedangkan smartphone Vivo seri Y12 ini dipersenjatai dengan chipset MediaTek Helio P22 (12 nm), berprosesor octa-core yang kecepatannya 2.0 Ghz, serta grafis GPU PowerVR GE8320.

Dibagian RAM lebih unggul dari Samsung Galaxy A10 yakni 3 GB, namun penyimpanan internal sama berkapasitas 32 GB.

Baterai

Urusan daya tahan baterai, untuk HP Samsung Galaxy A10 memiliki kapasitas 3.400 mAh. Baterainya ini diklaim bisa bertahan seharian, dengan penggunaan 15 jam untuk 3G, 19 jam untuk internet 4G, mendengarkan lagu sampai 72 jam, dan memutar film sampai 18 jam.

Sedangkan untuk HP Vivo Y12 ternyata lebih besar, yaitu 5000 mAh. Selain itu, dibekali juga fitur hemat daya cerdas. Namun sayangnya kedua smartphone tersebut tidak disediakan fitur pengisian cepat.

Kamera HP Samsung Galaxy A10 vs Vivo Y12

Seperti kita ketahui bahwa tidak sedikit perusahaan smartphone di tahun 2019 lalu, memproduk HP-nya dengan dibekali kamera mumpuni, bahkan ada yang lebih dari 2 lensa di belakang.

Meski begitu, apa yang ada di dalam HP Samsung Galaxy A10 berbeda dengan ponsel Android lainnya besutan China. Dengan harga Rp 1,6 jutaan ini, hanya dipasang satu kamera di belakang dan depan.

Untuk di belakang ditanam lensa beresolusi 13 MP dengan bukaan f/1.9 plus LED Flash yang ditempatkan di bawah kamera.

Dengan bantuan LED Flash tersebut, maka hasil dari fotonya lumalay baik, walaupun dalam kondisi pencahayaan yang kurang.

Di bagian depan tepatnya pada notch terpasang kamera dengan kekuatan 5 MP. Fitur yang ada di kamera depannya ini antara lain filter, Stamps serta AR Stickers.

Sementara di smartphone Vivo Y12 lebih unggul dalam hal kamera ketimbang HP Samsung Galaxy A10. Dengan harga yang sama, untuk seri Y12 besutan Vivo ini terpasang 3 lensa di belakang.

Masing-masing adalah 13 MP aperture f/2.2, lalu 8 MP dengan bukaan f/2.2 (super wide angle) serta ketiga yaitu 2 MP aperture f/2.4 (depth sensor). Ditambah juga LED flash di bawahnya.

Untuk kamera selfie-nya juga lebih unggul dari HP Samsung Galaxy A10. Vivo Y12 memiliki kamera depan dengan resolusi 8 MP, dan ditempatkan di notch waterdrop.

Sementara bagian fitur lainnya, Vivo Y12 menjalankan OS berbasis Android 9.0 (Pie), serta menghadirkan Funtouch OS 9. Sementara sensor keamanan menggunakan pemindai sidik jari, yang diletakkan di bodi belakang.

Untuk Samsung Galaxy A10, sistem operasi (OS) Samsung Galaxy A10 berbasis Android 9.0 Pie serta menjalankan antarmuka UI One UI 1.1.

Software yang dimiliki oleh HP Galaxy A10 terbilang lumayan responsif serta gampang diaksesnya dengan menggunakan ujung jari. Fitur lainnya, Facial Unlock pengganti sensor pemindai sidik jari, Secure Folder, update keamanan dan lainnya. (Adi/R5/HR-Online)

Loading...