HP Xiaomi Redmi 7A, Smartphone Murah Namun Spek Menggoda

HP Xiaomi Redmi 7A
HP Xiaomi Redmi 7A. Foto : istimewa

HP Xiaomi Redmi 7A mulai dipasarkan di Indonesia pada bulan Agustus 2019. Pada awal keluar, Xiaomi Redmi 7A banyak diburu karena harganya yang low budget, namun dibekali dengan spek serta fitur yang tidak murahan.

Bahkan, di tahun 2019 terutama di kuartal ketiga, ponsel pintar besutan vendor dari China ini masuk dalam jajaran terlaris versi Counterpoint Research.

HP Xiaomi Redmi 7A itu berhasil masuk dalam 10 besar smartphone terlaris, dan bisa bersaing dengan produk Apple seperti iPhone XR, kemudian Samsung Galaxy A10, A20 dan A50, lalu Oppo A9, Oppo A5, dan seri A5s.

Seri Redmi 7A sendiri merupakan penerus dari Redmi 6A yang dirilis 2018 lalu. Namun, untuk Redmi 7A ini memiliki banyak peningkatan ketimbang pendahulunya.

HP murah besutan Xiaomi ini dirilis sebagai smartphone terendah di antara varian Redmi versi 7.

Memang untuk model ‘A’ biasanya mempunyai spek yang rendah atau menjadi entry level pada generasinya. Akan tetapi, HP Xiaomi Redmi 7A ini berbeda.

Ya, seri Redmi 7A hadir membawa beberapa peningkatan dari pendahulunya. Seperti namanya, yang menjadi daya tarik dari seri ini yaitu fitur, yang tidak dipunyai oleh ponsel pintar lain di kelasnya.

Kelebihan HP Xiaomi Redmi 7A

Selain dibanderol dengan harga terjangkau, untuk Redmi 7A ini juga dibekali juga spesifikasi serta fitur yang tidak murahan.

Sejak awal dirilis pada 6 Agustus 2019 lalu, Xiaomi Redmi 7A ini dibanderol dengan harga resmi Rp 1,2 jutaan. Itu merupakan salah satu kelebihan dari ponsel ini yang memiliki harga bersahabat.

Daya Tahan Baterai

Kelebihan lainnya dari HP Xiaomi Redmi 7A yaitu dari sisi daya tahan baterainya. Dengan kapasitas 4000 mAh, baterainya ini bisa bertahan sampai 19 hari lamanya.

Detail ketahanan baterai berkapasitas 4000 mAh ini antara lain, 216 jam untuk pemakaian mendengarkan lagu, 25 jam untuk menelepon, dan 17 jam untuk memutar video.

Selain itu, baterai Redmi 7A ini termasuk super awet meski dipakai sebagai hotspot sekalipun.

Dilindungi Splash Resistant

Kelebihan lainnya dari HP Xiaomi Redmi 7A yakni dibekali dengan pelindung Splash Resistant atau percikan air. Sehingga smartphone murah Xiaomi ini layaknya jas hujan yang tidak terlihat.

Adanya Splash Resistant atau ketahanan terhadap percikan air, karena ponsel ini dilindungi dengan pelapisan nano yang tahan percikan.

Jadi, air bakal mengalir keluar dari HP seperti daun talas. Sehingga dnegan begitu bisa mengurangi korosi, yang sumbernya dari minuman, minyak, keringat atau cairan lainnya.

Nyaman Digenggam

HP Xiaomi Redmi 7A memiliki ukuran layar yang tidak lebar dan juga tidak kecil. Untuk dimensi layarnya berukuran 5,45 inci, beresolusi 1440 x 720 piksel (HD+) dan aspek rasio 18:9.

Sedangkan dimensi ukuran secara keseluruhan 146.3 x 70.4 x 9.6 mm dengan berat mencapai 165 gram.

Dengan dimensi atau ukuran seperti itu, maka HP Xiaomi Redmi 7A ini sangat nyaman digenggam meski saat melakukan mobilitas, dan tidak sulit untuk disimpan.

Selain itu, meski layar dengan ukuran seperti itu sudah “tidak dipakai” untuk ponsel model sekarang ini, namun bisa memberi kemudahan karena bisa dioperasikan dengan memakai 1 tangan saja.

Kekurangan HP Xiaomi Redmi 7A

Jika ada kelebihan maka disitu ada kekurangan. Yang menjadi kekurangan dari ponsel ini adalah di bagian pengisian daya baterainya.

Meski berdaya 4000 mAh dan itu menjadi keunggulan dari Redmi 7A, namun sayangnya tidak dibekali dengan teknologi pengisian super cepat.

HP Xiaomi Redmi 7A ini untuk mencharger baterai mengandalkan microUSB 2.0, belum USB Type-C. Jadi untuk mengisi ulang baterai dari 0 sampai 100 membutuhkan waktu 2,5 jam lamanya.

Kekurangan lainnya adalah dari sistem sensor keamanan tidak menggunakan fingerprint scanner (pemindai sidik jari), yang sudah banyak dipakai oleh smartphone model sekarang.

Selain itu, kurang responsifnya fitur double-tap-to-wake, yang fungsinya untuk menyalakan layar HP dalam keadaan Stand-By dengan hanya mengetuk layar dua kali tanpa memencet tombol power.

Spek HP Xiaomi Redmi 7A

Seperti diulas di atas, bahwa ponsel Xiaomi ini memiliki ukuran layar selebar 5,45 inci. Untuk panelnya IPS LCD, namun tidak terdapat notch atau poni, sehingga bezel-nya menjadi tebal.

Untuk bodinya di belakang berbahan polycarbonat yang didesain mirip tekstur metal. Sedangkan desainnya memiliki lekukan halus, jadi sangat nyaman saat digenggam.

Dibagian dapur pacunya dipersenjatai chipset Qualcomm SDM439 Snapdragon 439 (12 nm), dengan grafis GPU Andreno 505.

Meski secara global HP Xiaomi Redmi 7A ini memiliki 2 varian RAM yakni 2 GB dan 3 GB dengan penyimpanan internal 16 GB dan 32 GB, namun mengutip dari situs resmi Xiaomi Indonesia, untuk di Tanah Air hanya tersedia RAM 2 GB / 16 GB.

Namun penyimpanan itu bisa diekspansi atau diperlebar dengan menggunakan slot memori eksternal hingga maksimal 256 GB.

Sektor fotografi, Redmi 7A di bagian belakang dipasang 1 lensa berkekuatan 12 MP, dengan lensa dari SONY IMX486.

Diklaim pihak Xiaomi, bahwa seri tersebut bisa mengambil fokus dengan cepat. Selain itu, dengan dukungan fitur AI Beautify serta PDAF, maka bisa menghasilkan foto dengan jelas.

Sedangkan di bagian depan dipasang kamera beresolusi 5 MP, plus dukungan AI Beautify, Mode Portrait, AI face unlock untuk membuka kunci ponsel dan screen flash yang fungsinya menambah cahaya saat foto selfie.

Sementara untuk harga HP Xiaomi Redmi 7A, saat ini di situs resminya dibanderol Rp 1.199.000, sedangkan di toko online paling murah dipatok Rp 1.095.000. (Adi/R5/HR-Online)

Loading...