Ingin Jadi Daerah Otonom, Pemkab Banyumas Kunker ke Kota Banjar

Pemerintah Kota Banjar saat menerima kunjungan kerja dari Pemerintah Kabupaten Banyumas. Foto:Muhlisin/HR
Pemerintah Kota Banjar saat menerima kunjungan kerja dari Pemerintah Kabupaten Banyumas. Foto: Muhlisin/HR.

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Ingin menjadi daerah otonom, Pemerintah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, mengadakan kunjungan kerja ke Pemerintah Kota Banjar, Jawa Barat, Senin (20/01/2020).

Kunjungan kerja tersebut diterima langsung oleh Wakil Walikota Banjar, H. Nana Suryana, beserta jajaran Forkopimda di ruang rapat Setda Kota Banjar.

Mewakili dari Pemerintah Kabupaten Banyumas, Subagiyo, mengatakan, kunjungan kerja tersebut bagian dari studi kepada Pemerintah Kota Banjar, yang sudah berhasil menjadi daerah otonom memisahkan diri dari Kabupaten Ciamis.

Dalam kunjungannya itu, ada beberapa poin penting yang dibahas, diantaranya terkait strategi dan mekanisme penyelenggaraan pemerintahan setelah terlepas dari kabupaten induk.

Selain itu, peningkatan mutu pelayanan dan membangun kemandirian, sehingga setelah ada pemekaran bisa menjalankan pemerintahan dengan baik.

“Kota Banjar kan sudah berhasil menjadi daerah mandiri memisahkan diri dari Kabupaten Ciamis, sementara kami baru berkeinginan melakukan pemekaran. Makanya kami datang ke Kota Banjar ini,” kata Subagiyo, kepada awak media.

Sejauh ini, lanjut Subagiyo, pihak DPRD Kabupaten Banyumas sudah mendukung dan membahas kesiapan secara tekhnis untuk dilakukan percepatan pemekaran.

“Kami optimis karena Bupati dan DPRD Banyumas, termasuk Gubernur Jawa Tengah juga sudah mendukung adanya pemekaran Kabupaten Banyumas dan Pemerintah Kota Purwokerto,” ungkap Subagiyo.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Walikota Banjar, H. Nana Suryana, mengatakan, dalam proses pemekaran daerah tidak hanya mempersiapkan wilayah administrasi saja, tapi juga kesiapan teknis sarana dan prasarana fisik.

“Dan terpenting ada kesamaan persepsi dengan semua pihak untuk mensejahterakan masyarakat. Jadi, mereka ingin melihat Pemerintah Kota Banjar setelah mandiri. Intinya ingin belajar mengelola pemerintahan setelah ada pemekaran agar bisa cepat berkembang,” kata Nana. (Muhlisin/R3/HR-Online)

TCL
Loading...