Senin, Oktober 25, 2021
BerandaBerita BanjarJadi Ketua Konci Lintas Jabar-Jateng, Tanto Prioritaskan Penataan DAS Citanduy

Jadi Ketua Konci Lintas Jabar-Jateng, Tanto Prioritaskan Penataan DAS Citanduy

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Tanto Supriatna terpilih menjadi Ketua Komunitas Citanduy Lestari atau Konci Lestari lintas Jabar-Jateng, saat acara rapat koordinasi bersama Forum Komunitas Citanduy Lestari, di Rumah Makan Saung Sawah, Lingkungan Panatasan, Kota Banjar, Jawa Barat, Sabtu (25/1/2020).

Ia terpilih oleh beberapa perwakilan Komunitas Citanduy dari Kabupaten/Kota Priangan Timur dan Provinsi Jawa Tengah, diantaranya Kabupaten Tasikmalaya, Ciamis, Kota Banjar, Kabupaten Pangandaran dan Cilacap (Jawa Tengah).

Pada kesempatan tersebut, Tanto menyampaikan, setelah penguatan internal kepengurusan nantinya akan membuat beberapa program prioritas.

Salah satunya penataan dan pengelolaan ekosistem Daerah Aliran Sungai atau DAS, yang berada di sepanjang aliran sungai Citanduy dan anakan sungai Citanduy dari wilayah hulu sampai hilir.

“Tupoksinya nanti dibagi tiap masing-masing wilayah. Ada bagian konservasi, pembersihan sungai, dan penataan wisata air. Intinya penataan dan pengelolaan,” katanya kepada awak media.

Sementara itu, Ketua Komunitas Peduli Sungai Ciganjeng atau KPSC Kabupaten Pangandaran, Nunu Sanusi menambahkan, saat ini di Pangandaran juga sudah dibentuk wisata sungai Jojogan di kawasan sungai Ciganjeng.

Ia berharap, Forum Konci Lestari bisa mengakomodir kebutuhan komunitas Citanduy untuk penataan dan pengembangan daerah sungai.

“Harus ada sinergi dengan semua pihak agar lingkungan daerah sungai dari hulu sampai hilir bisa terjaga,” katanya. (Muhlisin/R5/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img