Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaBerita CiamisJalan Rusak Parah, Warga Lakbok Ciamis Tanam Puluhan Pohon Pisang

Jalan Rusak Parah, Warga Lakbok Ciamis Tanam Puluhan Pohon Pisang

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Puluhan tanaman pohon pisang sengaja ditanam warga Dusun Nambo, Desa Cintajaya, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis di tengah jalan. Tanaman tersebut dipasang lantaran kecewa jalan di lingkungan mereka rusak berat.

Pantauan HR Online, puluhan pohon pisang yang ditanam sejak pagi oleh warga itu, sebagian sengaja dipasang di jalan yang tergenang oleh air. Aksi ini juga menjadi tontonan warga lainnya yang ada di sekitar jalan.

Deti (27), salah satu warga, mengatakan, bentuk kekecewaan warga tersebut bukan tanpa alasan, namun warga menginginkan agar akses jalan tersebut layak.

“Sejak saya bocah hingga punya bocah, jalan ini belum ada perubahannya, masih rusak. Ke mana ini pemerintah? saya lihat kota saja yang dibangun, sedangkan di sini dibiarkan terus,” cetus Deti kepada HR Online, Jum’at (03/01/2019).

Baca juga: Bertahun-tahun Rusak, Warga Lakbok Ciamis Masih Keluhkan Infrastruktur Jalan

Penanaman pohon pisang itu, lanjut Deti, sebagai bentuk protes warga lantaran sebelumnya dikabarkan  di bulan Desember 2019 bakal dibangun. Namun kenyataannya hinggga tahun baru tiba, jalan tersebut masih rusak.

“Kami kecewa sekali dengan pemerintah, baik di Desa maupun Kabupaten. Kami bayar pajak, dan sekarang segala sesuatunya mahal, tapi pelayanannya malah seperti ini. Harusnya peka dong, masa ada jalan seperti ini bertahun-tahun diam-diam saja,” tegasnya.

Ia pun menyanyangkan, jalan dari Pasar Nambo menuju Desa Cintaratu tidak separah jalan tersebut lantaran pernah diperbaiki. Sedangkan Jalan dari Pasar Nambo hingga perbatasan Desa Baregbeg belum tersentuh pembangunan.

Tak hanya itu, Deti juga menginginkan agar banjir di sekitar Pasar Nambo yang mencapai setengah roda motor bisa dicarikan solusinya. Sebab, ketika hujan besar turun, di lokasi tersebut seringkali banjir.

“Saya harap Pak Bupati, Bu Camat dan Pak Kades sering-seringlah lewat jalur sini, biar tahu rasanya seperti apa jalan rusak itu,” pungkas Deti.

Hingga berita ini diturunkan, HR Online sudah konfirmasi ke Kepala Desa Cintajaya, namun belum mendapatkan klarifikasi soal aksi tanam pohon pisang yang dilakukan warga ini dan perihal pembangunan jalan tersebut. (Muhafid/R6/HR-Online)