Jelang Karya Wisata, Siswa SDN 1 Cipaku Ciamis Bedah Celengan

Bedah Celengan Ciamis
Siswa saat membedah celengan untuk karya wisata. Foto: Edji/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Menjelang persiapan karya wisata ke Taman Sapari Bogor, siswa-siswi kelas VI Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Cipaku, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, menggelar bedah celengan, Selasa (14/01/2020).

Kepala SDN 1 Cipaku, Tatang Hermawan, SPd., ketika ditemui Koran HR di ruang kerjanya, mengatakan, pihak sekolah mengintruksikan kepada siswanya agar di rumahnya masing-masing bisa memiliki celengan.

Menurut Tatang, celengan tersebut diisi oleh anak-anak tanpa adanya bantuan orang tua. Dengan cara menyisihkan uang jajan yang diberikan oleh orang tuanya masing-masing.

Hal tersebut untuk memberikan pembelajaran tentang menabung sejak dini. Sehingga begitu ada kegiatan seperti karya wisata, tidak sepenuhnya harus bergantung pada orang tua.

Tatang mengatakan, selain siswa di sekolahnya memiliki celengan dan di rumahnya masing-masing, siswa juga menabung di teman-temannya. Menurut dia, ide tersebut sudah berlangsung lama semenjak masih menjadi guru.

Kepada Koran HR, Tatang mengaku mengajarkan anak-anak didiknya untuk hidup hemat dengan cara menyisihkan sedikit uang saku dan memasukkannya ke dalam celengan.

“Menabung di celengan ini tidak lain mengajarkan anak-anak didik untuk menghargai uang receh dan tidak boros dalam membelanjakan uang,” katanya.

Silva, Bendahara tabungan siswa, mengatakan, selain menabung ke dalam celengan yang disimpan di rumah masing-masing, semenjak kelas tiga sudah mengadakan tabungan Karya Wisata.

Hal itu, kata Silva, dilakukan agar tidak sepenuhnya keuangan kegiatan karya wisata membebankan orang tua. Meski, hasil tabungan bervariatif, dengan adanya tabungan karya wisata dan celengan, betul-betul sangat membantu meringankan beban orang tua.

Silva menjelaskan, uang yang tersimpan di celengannya masing-masing baru dibuka atau dibedah setelah tiga tahun. Pada kesempatan itu, ia juga membagikan uang yang ditabungkan di bendahara.

Amelia Zahra, siswi SDN 1 Cipaku, mengaku bangga sebab setelah tiga tahun menabung dan bedah celengan, hasilnya lumayan. Sehingga untuk menutupi kebutuhan kegiatan Karya Wisata, dia tidak harus meminta kepada orang tua.

“Uang yang tersimpan di tabungan dan celengan saja cukup untuk ikut pergi berkarya wisata ke Taman Sapari Bogor,” katanya.

Amelia yakin, dengan rajin menabung apa yang dicita-citakan bisa tercapai, karena uang tidak lepas dari kebutuhan dan keperluan apapun. (Dji/Koran HR)

Loading...