Jenis Bencana Sosial di Tengah Masyarakat

Jenis Bencana Sosial di Tengah Masyarakat

Berita Sains, (harapanrakyat.com).- Ada banyak jenis dari bencana. Seperti bencana alam yang diakibatkan oleh alam. Bencana non alam yang bisa disebabkan oleh manusia hingga teknologi. Dan jenis bencana sosial yang umum terjadi di masyarakat.

Nah, kali ini harapanrakyat.com akan membahas mengenai bencana khusus sosiologi tersebut dengan lebih lengkap. Berikut ini ulasannya;

Jenis Bencana Sosial

Natural Disaster

Natural disaster adalah salah satu jenis dari bencana sosial yang terjadi di tengah masyarakat.

Artinya, bencana yang terjadi karena campur tangan alam atau yang selama ini disebut sebagai bencana alam.

Bencana ini ada yang bisa diprediksi datangnya, seperti tsunami. Dan saat ini, sudah banyak tersedia alat untuk mendeteksi tsunami.

Selan itu, ada juga bencana yang tidak bisa diprediksi alias datang mendadak, seperti gempa.

Bencana alam adalah bagian dari proses regular alam yang kemudian menyebabkan beberapa masalah. Seperti manusia luka-luka sampai kehilangan nyawa, kehilangan harta benda, dan perubahan pada struktur bumi.

Contoh natural disaster antaralain yaitu tornado, gempa, banjir, sampai dengan letusan gunung merapi.

Human Made or Technological Disaster

Jenis bencana sosial yang satu ini disebabkan tapi sekaligus bisa ditanggulangi oleh manusia lainnya juga. Bencana alam ini juga tidak lepas dari kemajuan teknologi.

Bencana ini bagai dua sisi mata uang, karena bisa menolong umat manusia tapi juga bisa menjatuhkan dan merugikan umat manusia.

Beberapa hal yang bisa dimasukkan dalam bencana human made or technological disaster ini antara lain penggunaan nuklir atau kimia, peretasan komputer yang terjadi melalui dunia maya, dan juga pemadaman listrik secara masal.

Pun perang dan serangan yang dilakukan secara sengaja, juga bisa digolongkan dalam bencana buatan manusia dan imbas dari teknologi.

Terrorist Attacks

Jenis bencana sosial selanjutnya adalah terrorist attacks. Teroris adalah kejahatan yang diarahkan pada sebuah kelompok atau kepercayaan tertentu.

Ada berbagai alasan mengapa terjadi tindakan kejahatan terorisme ini. Diantaranya adalah karena politik, kekuasaan dan juga agama.

Teroris dianggap bencana karena menyebabkan luka hingga kematian. Selain itu, teroris juga dapat mengurangi populasi manusia dengan besar-besaran.

Contoh dari tindakan bencana terrorist attacks yang sampai saat ini masih hangat di ingatan yaitu pemboman World Trade Center pada 11 September 2001.

Bencana ini mengakibatkan korban luka mencapai lebih dari 6000 orang dan korban meninggal sejumlah 2996.

Tidak hanya meninggalkan catatan sejarah yang kelam, tindakan teroris bahkan hingga kini membuat trauma bagi mereka yang mengalaminya.

Jika dirunut dari ketiga jenis bencana sosial diatas, natural disaster dan terrorist attacks memakan korban jiwa paling banyak. Dan sampai saat ini masih terus dipelajari bagaimana mengurangi dua bencana tersebut. (Deni/R4/HR-Online)

Loading...