Jenis-jenis Bencana Alam Secara Umum

Jenis-jenis Bencana Alam secara umum

Berita Sains, (harapanrakyat.com).- Jenis-jenis bencana alam secara umum. Sebagai makhluk hidup, kita pasti sudah pernah merasakan apa yang dinamakan sebagai bencana alam, baik besar maupun kecil.

Seperti yang terjadi di Indonesia, banjir, hujan disertai angin kencang, dan juga gempa di beberapa wilayah.

Untuk itu, penting sekali mengetahui jenis-jenis bencana alam supaya kita bisa meningkatkan kewaspadaan diri.

Bencana Geologis

Bencana geologis adalah bencana yang terjadi akibat pergerakan geologis bumi yang berdampak pada kehidupan manusia. Bencana alam ini bisa menimbulkan korban luka, korban meninggal, dan kehilangan harta benda.

Ada beberapa jenis dari bencana geologi, diantaranya yaitu:

  1. Gempa Bumi, adalah pergerakan dasar bumi. Contohnya seperti pergerakan lempeng atau kerak bumi yang kemudian menimbulkan adanya getaran-getaran yang terasa sampai ke permukaan bumi dan terjadi secara tiba-tiba.
  2. Longsor, bisa dibilang sebagai bagian dari peristiwa geologi yang berupa gerakan tanah yang terjadi karena adanya masa batuan atau tanah yang kemudian menggumpal dan jatuh. Longsor juga bisa terjadi karena gempa bumi.
  3. Gunung berapi, merupakan bencana alam yang bisa mengakibatkan kerusakan secara luas seperti batu yang berjatuhan, lava yang melelehkan segala hal yang dilewatinya, bahkan abunya pun bisa menimbulkan efek yang panjang.

Bencana Hidrologi

Bencana hidrologi adalah bencana yang diakibatkan oleh air bumi yang menyebabkan kerusakan baik oleh kualitas, pergerakan, hingga distribusi air. Berikut ini jenis-jenis bencana alam hidrologi yang pernah terjadi di Indonesia:

  1. Banjir, merupakan luapan air yang kemudian menggenangi suatu daratan yang biasanya, daratan tersebut tidak terdapat air, alias genangan air sementara. Banjir bisa terjadi karena adanya luapan air sungai maupun waduk karena terjadinya hujan besar, sehingga tidak bisa tertampung dengan baik. Bisa juga banjir terjadi karena pasang air laut.
  2. Tsunami yang pernah terjadi di Aceh pada 2004 silam juga termasuk dalam bencana alam hidrologi. Pengertian tsunami sendiri adalah gelombang air laut yang terjadi akibat adanya gangguan pada dasar laut, misalnya gempa bumi.

Bencana Meteorologi

Pengertian bencana meteorologi adalah bencana alam yang diakibatkan oleh indikator meteorologi seperti curah hujan, iklim, kelembaban, dan angin. Berikut adalah yang termasuk dalam jenis bencana meteorologi:

  1. Topan, topan tropis, dan badai siklon sebenarnya adalah sebuah julukan yang sama untuk menggambarkan siklon tropis dewasa yang terbentuk di atas lautan.
  2. Badai salju adalah badai yang terjadi saat musim dingin dan hanya dirasakan oleh negara-negara dengan 4 musim, yang ditandai dengan angin kencang dan turunnya salju dengan deras.
  3. Hujan es adalah fenomena presipitasi yang terdiri atas potongan-potongan es yang tidak mencair sebelum jatuh ke tanah.

Nah, itulah jenis-jenis bencana alam secara umum. Semoga bisa menambah informasi dan meningkatkan kewaspadaan untuk Anda dan keluarga. (Deni/R4/HR-Online)

Loading...