Selasa, Juni 28, 2022
BerandaBerita TerbaruJenis Kunci Gembok dan Tingkat Keamanannya, Cek di Sini Sebelum Beli!

Jenis Kunci Gembok dan Tingkat Keamanannya, Cek di Sini Sebelum Beli!

Jenis kunci gembok bisa mempengaruhi tingkat keamanannya. Ada beberapa jenis kunci gembok yang biasa digunakan untuk mengunci pintu gerbang, lemari, laci, pintu rumah, bahkan digunakan pula sebagai safety box.

Gembok terdiri dari sebatang logam dengan bentuk menyerupai huruf ā€œUā€ dan terdapat kaitan di bagian ujungnya yang bisa dibuka tutup menggunakan kunci.

Jenis gembok ini merupakan alat yang digunakan sebagi salah satu sistem keamanan tertua dalam peradaban manusia.

Kunci tersebut diterapkan sebagai pilihan keamanan yang paling sederhana, mudah dan harganya pun murah. Cocok untuk mengunci segala sesuatu yang sekiranya perlu dijaga keamanannya.

Namun, sebelum menggunakannya sebaiknya ketahui dulu lebih jauh mengenai sistem keamanan gembok yang berkualitas dari beberapa model yang sering kita temukan. Seperti dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini ulasannya.

7 Kunci Gembok dan Tingkat Keamanannya

Gembok Konvensional

Jenis kunci gembok bisa mempengaruhi tingkat keamanannya. Photo: Net/Ist.
Jenis kunci gembok bisa mempengaruhi tingkat keamanannya. Photo: Net/Ist.

Gembok jenis ini paling banyak ditemui dalam keseharian dengan berbagai ukuran. Besi pengunci pada jenis gembok konvesional ini melengkung seperti huruf ā€œUā€ dan dibukanya menggunakan kunci.

Gembok ini harganya cukup murah dan gampang digunakan, namun punya banyak kelemahan karena cukup mudah untuk dirusak menggunakan gergaji besi.

Jenis Gembok Pengunci Lurus

Jenis pengunci gembok lurus. Photo: Net/Ist.

Cara kerja jenis gembok ini tak jauh beda dengan gembok konvensional. Tetapi, gembok pengunci lurus memiliki daya tahan yang lebih kuat.

Biasanya jenis gembok pengunci lurus digunakan untuk mengunci peti-peti kemas atau lemari yang terbuat dari besi.

Gembok Kode Sandi

Gembok kode sandi. Photo: Net/Ist.

Jenis gembok yang memakai kode sandi untuk membuka dan menutupnya ini biasa digunakan sebagai pengunci tas koper.

Memang dari segi kemanannya gembok jenis ini memiliki tingkat kerumitan lebih tinggi dibanding gembok jenis konvensional yang hanya menggunakan kunci untuk membukanya.

Namun, penggunaan kunci gembok jenis ini jangan sampai lupa dengan kombinasi nomor yang digunakannya.

Gembok Jenis Rantai

Gembok jenis rantai. Photo: Net/Ist.

Kunci gembok rantai biasanya digunakan untuk mengamankan pintu gerbang dan kendaraan, seperti sepeda maupun motor.

Gembok rantai dikenal sangat kuat karena mampu mengunci pintu gerbang dengan lingkar untuk menguncinya cukup besar. Gembok jenis ini juga lebih praktis lantaran rantai dan penguncinya menjadi satu.

Gembok Digital

Gembok digital. Photo: Net/Ist.

Kunci gembok digital ini merupakan pengembangan dari gembok yang menggunakan kode sandi manual.

Bedanya, teknologi gembok digital ini diterapkan pada alat yang sudah menggunakan model digital, yang mana sandi angka yang dipakai telah teraplikasikan secara digital.

Gembok Sidik Jari

Gembok sidik jari. Photo: Net/Ist.

Kunci gembok sidik jari lebih inovatif dari gembok digital, karena untuk membuka kunci yang mengait menggunakan sistem sidik jari.

Kunci gembok jenis ini tentunya jauh lebih aman dibandingkan dengan para pendahulunya. Teknologi sidik jari yang diterapkan pada kunci gembok ini membuat harganya pun jauh lebih mahal.

Gembok Kombinasi

Gembok kombinasi. Photo: Net/Ist.

Kunci gembok kombinasi merupakan gabungan dari berbagai jenis gembok yang sudah ada. Seperti perpaduan antara jenis kunci dengan kode sandi.

Selain itu, ada juga yang memadukan jenis kode sandi digital dengan sidik jari. Kunci gembok kombinasi ini biasanya digunakan memiliki tingkat keamanan yang jauh lebih rumit dibanding dengan jenis sidik jari maupun kode sandi digital.

Setelah tahu tingkat keamanan dari masing-masing kunci gembok tersebut, maka sebelum membelinya kamu bisa tentukan dulu sesuai yang dibutuhkan.

Meski harga kamera CCTV sebagai sistem keamanan kamera pengintai cukup mahal, namun hal itu bukanlah suatu kendala, karena banyak varian gembok yang bisa dijadikan alternatif sebagai alat pengunci berkualitas. (Eva/R3/HR-Online)

- Advertisment -