Jenis Laba-laba Berbisa Paling Mematikan di Dunia, Wajib Diwaspadai

jenis laba-laba berbisa
Salah satu jenis laba-laba berbisa paling mematikan di dunia. Foto: Ist/Net

Selain ular, jenis laba-laba berbisa juga tak kalah penting untuk diwaspadai. Perlu untuk diketahui, ada beberapa spesies laba-laba yang memiliki bisa setara atau bahkan lebih mematikan dari bisa ular.

Baca Juga: Jenis Ular Mematikan di Dunia, Ada yang Tak Berbisa

Laba-laba memang tak boleh dianggap sepele. Dibalik ukuran tubuhnya yang kecil dan terlihat lemah, ternyata laba-laba menyimpan bisa yang berbahaya.

Jenis Laba-laba Berbisa

Bagi anda yang sudah tak sabar lagi ingin mengetahui apa saja spesies laba-laba yang berbisa tersebut, anda simak saja ulasan di bawah ini.

Latrodectus Hasseltii

Jenis laba-laba berbisa yang satu ini juga dikenal dengan sebutan Laba-laba Punggung Merah. Gigitan laba-laba yang ada di Australia ini tak kenal ampun.

Ketika korban terkena gigitan Latrodectus Hasseltii, otot korban akan mulai lemas. Setelah itu, korban akan sering muntah-muntah.

Disamping itu, area yang terkena gigitan juga akan berkeringat. Jika tak segera mendapatkan penanganan, nyawa korban bisa melayang.

Mengenai cara penanganannya, korban dapat disembuhkan dengan antivenom. Dimana penangkal bisanya telah ditemukan pada tahun 1956.

Brazilian Wandering

Brazilian Wandering menjadi salah satu jenis laba-laba berbisa yang paling ditakuti di dunia. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan bisa dari gigitan Brazilian Wandering mampu membunuh hanya dalam hitungan menit.

Sebelum meninggal, korban yang terkena bisa gigitan laba-laba yang suka menempati lingkungan lembab ini akan merasa kesulitan dalam bernafas.

Sekilas untuk anda ketahui, meski dinamakan Brazilian Wandering, namun laba-laba ini ada di Amerika Selatan. Selain memiliki bisa yang mematikan, Brazilian Wandering juga sulit dideteksi keberadaannya.

Black Widow Spider

Laba-laba Janda Hitam ini juga memiliki bisa yang sangat mematikan. Bahkan sesuai dengan penjelasan National Geographic, bisa dari gigitan laba-laba ini sebanding dengan 15 kali bisa ular derik.

Saat laba-laba ini menggigit korbannya, mulanya akan menyebabkan ruam kemerahan dan membengkak. Setelah itu, gejalanya akan menimbulkan rasa sakit ke seluruh tubuh.

Apabila tak segera diatasi, bisa laba-laba ini dapat membuat korban menjadi sulit bernafas dan tak tertolong. Bisa Black Widow Spider akan semakin berbahaya jika mengenai anak-anak, orang lanjut usia, dan orang sakit.

Mengenai daerah persebarannya, jenis laba-laba berbisa ini sering ditemukan di wilayah yang iklimnya sedang, gelap, dan juga kering. Mulai dari Afrika, Amerika Selatan, Amerika Serikat, Eropa Selatan, dan Australia.

Tak hanya itu, laba-laba yang memiliki bisa mematikan ini juga dijumpai di Asia, tak terkecuali Indonesia. Oleh karena itu, jangan lengah dengan keberadaan Black Widow Spider.

Phoneutria Fera

Laba-laba dengan bisa berbahaya ini dapat membuat manusia yang terkena gigitannya kehilangan nyawa hanya dalam hitungan satu jam saja.

Namun anda tak perlu khawatir. Pasalnya, Phoneutria Fera jarang dijumpai di Indonesia. Rata-rata hidupnya di wilayah Afrika dan Australia.

Brown Recluse

Jenis laba-laba berbisa ini benar-benar mengerikan. Berbeda dengan laba-laba lain yang cenderung menghindar apabila didekati manusia, namun Brown Recluse justru mendekat.

Pasalnya, Brown Recluse menganggap bahwa manusia adalah obyek yang menarik. Jika tidak hati-hati, maka Brown Recluse dapat menggigit sewaktu-waktu.

Ketika awal tergigit, bisa Brown Recluse akan membuat korban terluka. Apabila tetap dibiarkan tanpa penanganan, maka korban akan pingsan, koma, dan bahkan meninggal dunia.

Bukan hanya memiliki bisa yang mematikan, jenis laba-laba ini juga mampu mengubah warna tubuhnya. Hal ini tentu saja menyulitkan mata manusia untuk mengetahui keberadaannya.

Sementara untuk wilayah persebarannya, jenis laba-laba Brown Recluse ini hidup di Amerika Utara dan sekitarnya, termasuk New York.

Six-eyed Sand Spider

Laba-laba pasir yang memiliki mata enam ini biasa dijumpai di padang pasir Afrika Selatan. Jenis laba-laba berbisa ini akan mengubur dirinya di pasir dan akan langsung menyergap siapa saja yang datang mendekat.

Saat manusia terkena gigitan Six-eyed Sand Spider, bisanya dapat menghancurkan jaringan dan organ. Selain itu, bisa Six-eyed Sand Spider juga akan membuat korbannya mengalami pendarahan.

Tak butuh waktu lama, toksin akan menyebar ke hati dan ginjal yang pada akhirnya berujung kematian. Bisa Six-eyed Sand Spider memang tak main-main. Semakin mengkhawatirkan karena hingga kini belum ada antivenom yang dapat menawar racunnya.

Dengan anda mengetahui apa saja jenis laba-laba berbisa di dunia, anda tentu dapat lebih waspada saat ini. Kabar baiknya, jenis laba-laba tersebut hanya akan menggigit jika merasa terancam. (R10/HR-Online)

Loading...