Karena Tiga Hal Ini, RSUD Kawali Ciamis Belum Bisa Dioperasikan

Karena Tiga Hal Ini, RSUD Kawali Ciamis Belum Bisa Dioperasikan
Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, saat meninjau bangunan RSUD Kawali Senin (13/1/2020). Foto:Edji Darsono/HR

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- RSUD Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, saat ini belum juga dioperasikan. Padahal bangunan RSUD tipe C yang berada di jalan Raya Ciamis- Cirebon, Desa Winduraja, Kawali tersebut sudah selesai dibangun tahun lalu.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, mengatakan, agar RSUD Kawali bisa segera beroperasi, maka segala hal yang dianggap belum tuntas, harus segera diselesaikan.

Kata dia, untuk bisa beroperasi, setidaknya ada tiga hal yang harus dipersiapkan dan diselesaikan di RSUD Kawali Kabupaten Ciamis.

“Tiga hal tersebut diantaranya meliputi aspek insfrastruktur, alat kesehatan (alkes) dan manajemen atau sumber Daya Manusia ( SDM),” ujar Herdiat, Senin (13/1/2020), saat meninjau bangunan RSUD Kawali.

Saat ini lanjutnya, RSUD Kawali Kabupaten Ciamis, masih membutuhkan bangunan untuk kamar mayat dan ruang laundry.

“Untuk menangani kebutuhan tersebut (kamar mayat dan ruang laundry), kita tinggal mengatur pemanfaatan ruang yang sudah ada tanpa ada lagi penambahan gedung baru,” katanya.

Mengenai manajemen dan SDM di RSUD Kawali, Herdiat memberikan isyarat agar Dinas Kesehatan segera menyiapkan tenaga medis, sesuai dengan kebutuhan di RSUD Kawali.

Sementara terkait dengan alat kesehatan (alkes), Herdiat meminta agar dilakukan pendataan terhadap alkes yang sudah ada ataupun yang belum tersedia di RSUD Kawali.

“Kami berharap kehadiran RSUD Kawali Ciamis, selain dapat meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat juga dapat mendongkrak laju pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar,” pungkas Herdiat. (Edji Darsono/R8/HR Online)

Loading...