Kelebihan Peredam Suara Mobil, Pastikan Anda Memasangnya!

Kelebihan Peredam Suara Mobil
Kelebihan Peredam Suara Mobil. Foto: Net/Ist

Kelebihan peredam suara mobil menjadi satu diantara banyaknya alasan alat ini digunakan. Bagaimana tidak? Saat berkendara, kita sering terganggu dengan suara bising dari luar mobil.

Entah itu disebabkan karena suara kendaraan di sekitar maupun suara mesin mobil sendiri. Kenyamanan dan ketenangan pun menjadi terusik.

Dengan adanya peredam suara mobil, suara-suara yang berasal dari luar dapat disenyapkan. Selain itu,  kualitas audio mobil semakin meningkat, terdengar dengan jelas dan bening saat dinyalakan

Kelebihan Peredam Suara Mobil

Meskipun memiliki kelebihan, juga terdapat ketentuan dalam penggunaannya. Jangan sampai malah menimbulkan bahaya yang mengancam keselamatan berkendara.

Ketika anda menggunakan peredam suara mobil, pastikan tidak terlalu senyap. Usahakan tetap dapat mendengar bunyi klakson kendaraan lainnya.

Walaupun mobil dalam keadaan tenang, anda masih bisa mengetahui adanya peringatan dari pengendara di sekitar. Untuk lebih lengkapnya, simak ulasan berikut ini terkait kelebihan menggunakan peredam suara pada mobil.

Kenyamanan

Jika ditanya apa kelebihan peredam suara mobil, sudah pasti meningkatkan kenyamanan berkendara adalah yang utama. Aktivitas di dalam mobil menjadi lebih lancar karena tidak adanya suara dari luar yang mengganggu.

Saat berkendara, banyak kegiatan yang ingin dilakukan, misalnya tidur, ngobrol, atau bersantai. Adanya peredam suara mobil, tidur nyenyak, ngobrol semakin asik, dan anda pun semakin rileks.

Audio Mobil Jelas

Kelebihan selanjutnya, dapat anda rasakan ketika menyalakan audio mobil selama di perjalanan. Meskipun selama berkendara menikmati area sekitar, tetapi pasti akan merasa jenuh dan bosan.

Cara mengatasinya, dengan menyalakan audio mobil untuk memutar musik favorit menjadi andalan. Sembari menikmati perjalanan sekaligus mendengarkan musik, tentunya jauh lebih menyenangkan.

Namun akan lain ceritanya, jika suara bising dari luar masuk ke kabin mobil anda. Sekeras apapun audio dinyalakan, tetap akan berpadu dengan suara-suara dari luar.

Sehingga kualitas audio tidak akan terdengar dengan jelas. Disinilah kelebihan peredam suara mobil dapat anda buktikan.

Sebagaimana fungsinya digunakan untuk meredam suara, gangguan dari luar seperti suara bising tidak akan menjadi masalah lagi. Audio mobil yang kini sedang dinyalakan terdengar jelas, jernih, dan bersih.

Peredam suara mobil ini sangat direkomendasikan bagi mereka yang memiliki kegemaran mendengarkan musik. Apalagi ditambah dengan hobi travelling, pengalaman perjalanan anda akan jauh lebih seru.

Letak Pemasangan Peredam Suara Mobil yang Tepat

Sebenarnya untuk memaksimalkan fungsi peredam suara mobil dapat dilakukan dengan memasangnya di bagian mobil yang tepat. Tidak semua bagian mobil dapat dipasangi alat ini.

Terdapat bagian-bagian tertentu mobil, seperti dibalik dashboard atau firewall, plafon, dan juga lantai mobil. Alasan pemasangan di bagian tersebut, memiliki perbedaan kegunaan.

Meskipun fungsi awal tetap sama, untuk meminimalisir pengaruh suara bising dari luar, tetapi sebab suara yang ditimbulkan tidaklah sama. Kelebihan peredam suara mobil dipasang dibalik dashboard, mengurangi suara mesin yang masuk ke dalam mobil.

Tidak semua varian mobil memiliki suara yang halus, beberapa menghasilkan suara yang kasar. Apabila anda tidak ingin terganggu dengan suara mesin mobil, cobalah pasang peredam suara di bagian tersebut.

Selanjutnya, pemasangan peredam suara mobil di bagian plafon, mengurangi suara yang ditimbulkan karena hujan. Jika gerimis, mungkin tidak akan menjadi masalah.

Namun, lain lagi jika hujannya deras. Hujan yang deras pasti akan menimbulkan suara jatuhnya air dalam jumlah yang banyak.

Sehingga akan mengurangi kenyamanan saat berkendara. Bahkan terkadang dapat memunculkan rasa cemas saking kerasnya suara hujan yang ditimbulkan.

Terakhir, pasang di bagian lantai mobil. Kelebihan peredam suara mobil akan terasa jika pemasangannya di bagian ini. Pasalnya, dapat mengurangi suara yang diakibatkan karena guncangan maupun getaran ban.

Tidak mungkin semua jalan yang anda lalui mulus dan lurus-lurus saja. Jalan bergelombang, terjal, menanjak, hingga berbatu dan berlubang kerap dijumpai.

Ketika mobil melalui jalanan semacam itu, sudah barang tentu akan menimbulkan suara getaran dari ban mobil yang cukup hebat. Jika tidak ingin merasa terganggu, memasang peredam suara di lantai mobil merupakan pilihan yang tepat.

Kelebihan peredam suara mobil memang sangat menguntungkan bagi pengendara mobil. Tidak heran jika alat ini semakin banyak kita jumpai di berbagai varian mobil. (R10/HR-Online)