Kemenkes Gelar Skrining TBC di Ponpes Miftahul Huda Al-Azhar Kota Banjar

Kemenkes Gelar Skrining TBC di Ponpes Miftahul Huda Al-Azhar Kota Banjar
Kegiatan skrining Tuberkulosis (TBC) di Ponpes Miftahul Huda Al-Azhar, Desa Kujangsari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, diikuti ratusan santri Jumat (31/1/2020). Foto:Rizki/HR

Berita Banjar (harapanrakyat.com).- Kementerian Kesehatan RI bersama Klinik Tirta Medical Centre Jakarta, menyelenggarakan skrining Tuberkulosis (TBC) di Ponpes Miftahul Huda Al-Azhar, Desa Kujangsari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, Jawa Barat, Jumat (31/1/2020).

Pantauan HR Online, kegiatan skrining TBC tersebut diikui para santri dan siswa jenjang SLTP dan SLTA yang ada dibawah Yayasan Pondok Pesantren Miftahul Huda Al-Azhar Kota Banjar. Mereka terlihat antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Penanggungjawab kegiatan, Annisa Ilasari menyebut, kegiatan skrining TBC sudah dilakukan Kemenkes RI di seluruh daerah di Jawa Barat sejak Desember 2019.

“Ini merupakan program Kemenkes, dan Kemenkes sedang menargetkan tahun 2030 Indonesia terhindar dari TBC, makanya sekarang skrining TBC sedang dilaksanakan di daerah-daerah di Jawa Barat termasuk Kota Banjar ini,” ujarnya.

Dia meyebut, kegiatan skrining ini dilaksanakan beberapa sesi, untuk sesi pertama, merupakan proses identifikasi gejala yang di alami peserta.

“Hari ini kita lakukan sesi identifikasi dulu kepada seluruh peserta, mereka diharuskan mengisi formulir yang berisi pertanyaan gejala-gejala TBC, bukan tidak mungkin ada peserta yang mengidap gejala TBC,” jelasnya.

Setelah diketahui terdapat peserta mengalami gejala TBC, peserta tersebut akan di rontgen untuk melihat apakah gejala tersebut merupakan gejala TBC atau bukan. “Untuk sesi rontgen akan dilakukan besok hari,” ungkapnya.

Lanjut Annisa, jika hasil rontgen buruk, maka akan dilakukan pengambilan sampel dahak untuk memastikan apakah peserta itu positif TBC atau tidak.

“Peserta yang positif mengidap TBC akan diarahkan ke Puskesmas terdekat untuk ditindaklanjuti pengobatannya,” tandasnya. (Rizki/R8/HR Online)