Selasa, Mei 24, 2022
BerandaBerita PangandaranKepala Desa di Pangandaran Ini Dukung Inspektorat Lakukan Studi Kasus Pengelolaan Keuangan

Kepala Desa di Pangandaran Ini Dukung Inspektorat Lakukan Studi Kasus Pengelolaan Keuangan

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),– Syarif Haerul Anwar, Kepala Desa Langkaplancar, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran menyambut baik rencana Inspektorat Kabupaten Pangandaran yang akan melakukan studi kasus pengelolaan keuangan Desa.

Syarif mengatakan, dirinya setuju dan  mendukung rencara Inspektorat Kabupaten Pangandaran melakukan setdi pengelolaan keuangan desa. Hal itu disebutnya sebagai kewajiban inspektorat  untuk memberikan pendampingan kepada pemerintah desa.

“Agar pengelolaan keuangan desa berjalan baik, transparan, efektif dan efisien tentu harus didukung dengan SDM yang mempuni, karena saya yakin tidak semua kepala desa atau perangkat desa paham akan hal itu,” ujarnya.

Menurutnya, untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) perangkat desa maka OPD terkait seperti Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa beserpa Inspektorat berkewajiban memberikan wawasan dan pemahaman kepada seluruh perangkat desa. Terutama terkait bagaimana mengelola keuangan yang baik dan benar.

“Memberikan pembinaan dan wawasan juga harus berkesinambungan, jangan hanya dilakukan sekali, tapi rutin, agar para perangkat desa lebih mengerti bagaimana mengelola keuangan dengan baik dan benar,” paparnya.

Lebih lanjut Syarif mengatakan, agar pemerintah desa mengelola keuangan dengan baik seperti yang diharapkan semua pihak, maka jelas bimbingan dan sosialisasi harus menjadi agenda dinas terkait.

“Semoga dengan adanya bimbingan rutin yang dilakukan dinas terkait nantinya bisa membantu meningkatkan kualitas SDM para perangkat desa, sehingga tidak ada kepala desa yang tersandung kasus hukum karena ketidakmampuannya mengelola keuangan,” pungkasnya. (Enceng/R7/HR-Online)

- Advertisment -