Keunggulan Aplikasi Telegram yang Tak Dimiliki WhatsApp, Apa Saja?

Keunggulan aplikasi Telegram yang tak dimiliki WhatsApp maupun aplikasi chatting lainnya
Keunggulan aplikasi Telegram yang tak dimiliki WhatsApp maupun aplikasi chatting lainnya. Photo: Ilustrasi.

Keunggulan aplikasi Telegram yang tak dimiliki WhatsApp maupun aplikasi chatting lainnya yang dikenal di Indonesia, seperti Line dan Facebook Messenger. Keunggulan aplikasi Telegram yang tak dimiliki WhatsApp tak kalah menarik dan keren.

Telegram salah satu aplikasi chatting yang memungkinkan pengguna mengirim pesan, berbagi video, foto, audio, dan bertukar file seperti halnya WhatsApp yang ter-enkripsi.

Namun, ada beberapa keunggulan aplikasi Telegram yang tak dimiliki WhatsApp dan aplikasi chatting lainnya, karena Telegram bisa digunakan di berbagai sistem operasi atau platform seperti iOS, Android, Windows, OS, MacOS dan Linux OS versi desktop secara bersama-sama.

Selama ini WhatsApp sukses menjadi aplikasi layanan pesan instan terbanyak diunduh di dunia. Pengguna WhatsApp diklaim jumlahnya mencapai 1,5 miliar. Meski begitu, aplikasi tersebut memiliki kelemahan.

Bahkan, belum lama ini WhatsApp kembali mengalami down. Mungkin beberapa pengguna punya alternatif aplikasi lain, seperti Telegram yang memiliki sejumlah fitur unggulan. Dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (21/01/2020), berikut ini keunggulannya.

5 Keunggulan Aplikasi Telegram

Fleksibel

Aplikasi Telegram ini sangat fleksibel, artinya pengguna dapat membuat berbagai fitur tambahan dari dalam aplikasi tersebut. Misalnya, pengguna ingin membuat polling.

Pengguna bisa membuatnya sendiri dan menambahkannya di Telegram tanpa harus nunggu adanya update fitur dari pihak Developernya.

Ini membuat aplikasi Telegram menjadi lebih fleksibel bila dibandingkan dengan aplikasi chatting lainnya seperti WhatsApp, Line, atau Messenger.

Cloud-Based Message

Keunggulan aplikasi Telegram berikutnya yaitu pesan berbaris awan atau cloud-based message. Itu berarti dengan menggunakan Telegram kamu dapat berkomunikasi sama siapa saja (yang punya akun Telegram) tanpa ada batasan gadget/device.

Pasalnya, selain di perangkat smartphone, kamu juga dapat membuka Telegram di warnet melalui komputer desktop, atau mengaksesnya ketika di cafe dengan menggunakan laptop.

TCL

Pesan yang kamu kirimkan maupun pesan yang masuk semuanya sama. Bahkan menariknya, kalau kamu menghapus pesan atau mengedit pesan yang dikirimkan, maka isi pean yang diterima lawan chatting kamu pun akan ikut berubah.

Selain itu, pengguna pun bisa berbagi pesan instan dengan tipe apa saja, baik berupa teks, video, foto, audio, atau tipe pesan lainnya yang ukuran filenya mencapai 1,5GB.

Yang lebih kerennya lagi jika kamu menggunakan group chat, yang mana kamu bisa bikin group chat dengan kapasitas anggotanya hingga 5.000 orang.

Channel

Keunggulan aplikasi Telegram yang berikutnya adalah Channel. Kalau WhatsApp dan BBM memiliki fitur Broadcast Messenger, aplikasi Telegram juga punya fitur yang tak kalah keren, yakni Channel.

Fitur Channel dan Broadcast Message merupakan bentuk komunikasi satu arah. Namun, bagi pengguna Channel hal itu jauh lebih mudah.

Jika kamu memakai broadcast message, maka kamu harus menentukan dulu siapa saja yang mau kamu kirimi pesan, tapi dengan fitur Channel kamu cukup hanya fokus di konten tanpa harus pusing bagaimana cara mengirimnya.

Karena, setelah kamu menulis pesan, dengan menggunakan fitur Channel maka secara otomatis pesan masuk sama orang-orang yang mengikuti kamu.

Fitur Channel ini memiliki kelebihan, yakni punya kapasitas jumlah yang besar. Bagi mereka yang memiliki onlineshop fitur ini bisa dimanfaatkan untuk berjualan produknya, sekaligus update info tentang bisnisnya.

Tidak Membebani Memori

Keunggulan Aplikasi Telegram lainnya yang tidak dimiliki WhatsApp dan aplikasi chatting lainnya yaitu, Telegram tidak membebani memori.

Kalau di WhatsApp, semua file yang kamu bagikan tersimpan di dalam media penyimpanan. Sedangkan, di Telegram file yang kamu bagikan akan tersimpan selamanya di server.

Bahkan, semua file tersebut tidak akan hilang atau terhapus, kecuali kamu menghapusnya atau ada bencana yang mengakibatkan servernya rusak.  

Selain itu, semua file yang dibagikan, baik berupa video, foto, atau audio tidak akan membebani penyimpanan atau memori gadget kamu.

Hal itulah yang membuat aplikasi Telegram jauh lebih unggul dibandingkan dengan aplikasi Line, yang hanya bisa menyimpan file di server dengan jangka waktu tertentu.

Lebih Aman

Keunggulan Aplikasi Telegram yang terakhir adalah enkripsi end-to-end yang digunakan. Fitur ini memang ada di WhatsApp, namun dari segi keamanan Telegram jauh lebih aman lantaran menggunakan skema MTProto.

Di samping itu, aplikasi Telegram juga punya fitur yang tak dimiliki oleh aplikasi chatting lainnya, yakni Secret Chat.

Fitur Secret Chat adalah pesan yang akan menghapus sendiri secara otomatis, sehingga privasi pesan dan keamanan penggunanya sangat terjamin. (Eva/R3/HR-Online)

Loading...