Khasiat Adas untuk Kesehatan, Herbal Eksklusif yang Ampuh Atasi Penyakit

Khasiat adas untuk kesehatan
Tanaman dan biji adas. Khasiat adas untuk kesehatan ternyata banyak, salah satunya untuk cegah kanker dan hipertensi. Foto: Istimewa

Khasiat adas untuk kesehatan ternyata cukup ampuh. Khususnya untuk penanganan darurat. Herbal adas diketahui kaya senyawa penting yang bersifat analgesic, stomakik, hingga laktagoga yang baik untuk meningkatkan ASI.

Adas (Foeniculum vulgare Mill atau foeniculi fructus) juga dikenal dengan berbagai nama seperti adas pedas, adeh, porotomo, wala wunga, papang, atau denggu-denggu, jintan manis (Malaysia), atau sweet fennel (Inggris).

Tanaman yang berasal dari Eropa Selatan dan Asia ini masuk dalam keluarga umbelliferae yang dikenal sebagai bahan bumbu. Tanaman ini tumbuh secara merumpun dengan tinggi bisa mencapai dua meter. Batangnya berwarna hijau kebiruan.

Di dunia pengobatan tradisional, adas dikenal sebagai jenis herbal eksklusif lantaran khasiatnya. Khasiat adas untuk kesehatan juga telah lama dikenal menyusul biji tanaman ini telah dimanfaatkan untuk pembuatan minyak telon.

Herbal ini memiliki rasa manis dan pahit dengan bau aromatik yang khas. Hal ini karena kandungannya yang kaya dengan senyawa aktif. Seperti anetol, pinen, fenkon, limonen, metilchavikol, dipenten, anisaldehid dan felandren.

Adas juga mengandung energi, protein, karbohidrat, lemak, serat dan asam amino, vitamin C, B6, E dan niacin. Kandungan lainnya kalsium, magnesium, potasium, sodium, zinc, riboflavin, kalium, zat besi, asam anisat, minyak lemak dan minyak asiri.

Khasiat Adas untuk Kesehatan dan Kecantikan

Siapa sangka jika tanaman herbal ini termasuk komoditas ekspor karena kandungan minyak atsirinya yang penting untuk industri obat. Berikut berbagai khasiat adas untuk kesehatan tubuh.

Mengobati Anemia

Anemia bisa disembuhkan menggunakan tanaman adas. Hal itu dikarenakan Kandungan zat besi dan zat histidin dalam adas ternyata berkhasiat bisa meningkatkan produksi hemoglobin dan sel darah merah.

Mengatasi Gangguan Lambung dan Sistem Pencernaan

Minyak esensial dalam herbal ini juga berguna mengatasi gangguan sistem pencernaan, perut kembung dan sembelit. Herbal ini juga ampuh mengatasi peradangan lambung dan usus maupun merangsang sekresi dari asam lambung.

Mengobati Sakit Jantung

Khasiat adas untuk kesehatan juga ampuh dalam meningkatkan kesehatan jantung. Herbal ini mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan mengontrol kolesterol darah. Ini sangat berguna untuk menangkal gangguan jantung dan stroke.

Mencegah Kanker

Zat flavonoid, alkaloid dan juga fenol dalam adas berguna melindungi sel tubuh dari serangan kanker. Khasiat adas untuk kesehatan tidak hanya untuk meningkatkan mencegah kanker, tetapi bisa juga untuk meningkatkan imunitas tubuh. Daun adas juga bisa rutin dikonsumsi sebagai bahan sayuran yang enak untuk dimakan.

Menormalkan Tekanan Darah

Herbal adas juga mengandung zat potasium yang berfungsi mengontrol pembuluh darah sekaligus meredakan tekanan darah agar tidak naik. Konsumsi rebusan daun adas berguna meredakan hipertensi.

Mengatasi Gangguan Haid

Khasiat adas untuk kesehatan lainnya adalah dalam melancarkan hormon wanita dan mengatasi gangguan menstruasi. Mengkonsumsi rebusan biji adas berguna jika Anda mengalami gangguan saat datang bulan.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Tanaman adas tak hanya mengandung vitamin C, namun juga kaya senyawa kimia yang berkhasiat untuk meningkatkan imunitas tubuh. Khasiat adas untuk kesehatan juga berguna untuk melancarkan fungsi kerja organ tubuh.

Mengatasi Biduran

Tanaman adas yang kaya senyawa aktif, khususnya zat metil berguna mengatasi biduran atau gatal. Anda bisa menggunakan herbal ini sebagai obat luar dengan menumbuknya dan menggosokkannya pada tubuh yang sakit.

Menyehatkan Mata

Khasiat adas untuk kesehatan juga baik dalam meningkatkan dan melindungi mata. Kandungan antioksidan dan beragam jenis minyak dalam herbal ini mampu mengatasi gangguan yang menyerang mata.

Menyembuhkan Demam

Pengobatan tradisional juga telah lama menggunakan tanaman adas untuk meredakan dan mengatasi demam. Anda bisa merebus adas dan pulasari serta meminum air rebusannya.

Membuat Kulit Lebih Cerah dan Segar

Kandungan vitamin C, asam amino dan minyak esensial dalam daun adas berkhasiat untuk membantu kesehatan kulit. Anda bisa minum air rebusan daun adas ataupun menumbuk daun serta biji adas untuk dijadikan masker wajah dan kulit.

Itulah berbagai khasiat adas untuk kesehatan yang bisa dimanfaatkan. Selain untuk pemakaian luar, adas juga aman dikonsumsi asal sesuai takarannya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. (R9/HR-Online)